FOLLOW US:


Bruno Fernandes, Lionel Messi, atau Cristiano Ronaldo: Siapa Sang Raja Penalti?

22-02-2021 09:15

 | Asad Arifin

Bruno Fernandes, Lionel Messi, atau Cristiano Ronaldo: Siapa Sang Raja Penalti?
Selebrasi bintang Barcelona, Lionel Messi usai membobol gawang Athletic Bilbao, Senin (1/2/2021) © AP Photo

Bola.net - Lionel Messi dan Bruno Fernandes mencetak gol lewat eksekusi penalti pada laga pekan ini. Lantas, siapa yang pantas untuk duduk di takhta raja penalti musim 2020/2021?

Fernandes membantu United menang dengan skor 3-1 atas Newacstle pada pekan ke-25 Premier League, Senin (22/2/2021) dini hari WIB. Pemain asal Portugal mencetak gol ketiga United dari eksekusi penalti.

Sementara, di La Liga, Lionel Messi juga mencetak gol penalti saat Barcelona berjumpa Cadiz. Bedanya, Barcelona gagal menang. Mereka bermain imbang 1-1 pada laga pekan 24 La Liga itu.

1 dari 3

Siapa Raja Penalti?

Manchester United mendapat penalti pada menit ke-75 di laga melawan Newcastle. Bruno Fernandes pun maju sebagai eksekutor. Pemain asal Portugal itu sukses menjalankan tugasnya dengan baik.

Fernandes, seperti dikutip dari Squawka, kini telah mencetak sembilan gol dari titik putih. Tujuh gol tercipta di Premier League dan dua gol lainnya di pentas Liga Champions.

Fernandes sekali gagal mencetak gol penalti ketika United berjumpa Newcastle pada Oktober 2020 lalu.

Fernandes pun menjadi raja penalti di liga top Eropa. Pemain 26 tahun tersebut mencetak gol lebih banyak dari Lionel Messi. La Pulga mencetak tujuh gol dari eksekusi penalti. Dia sekali gagal menendang penalti.

2 dari 3

Bagaimana dengan Ronaldo?

Bagaimana dengan Ronaldo?
Cristiano Ronaldo usai mencetak gol ke gawang AS Roma pada pekan ke-21 Serie A, Minggu (7/2/2021) dini hari WIB. © AP Photo

Cristiano Ronaldo acap kali mendapat sindiran 'Penaldo' karena sering mencetak gol dari penalti. Lantas, berapa gol yang sudah dicetak pemain 36 tahun dari titik putih pada musim 2020/2021?

Ronaldo, sama seperti Messi, juga telah mencetak tujuh gol dari penalti. Penyerang Juventus itu mencetak lima gol penalti di La Liga dan dua di Liga Champions. Ronaldo hanya gagal pada sekali tugas eksekusi penalti.

3 dari 3

Raja Gol Penalti di Liga Top Eropa?

Berikut adalah daftar sementara pemain paling sering mencetak gol penalti di lima liga top Eropa:

  • Bruno Fernandes [Manchester United] - 9 gol
  • Lionel Messi [Barcelona] - 7 gol
  • Cristiano Ronaldo [Juventus] - 7 gol
  • Memphis Depay [Lyon] - 7 gol
  • Wissam Ben Yedder [AS Monaco] - 7 gol
  • Mohamed Salah [Liverpool] - 7 gol

Sumber: Squawka