FOLLOW US:


Bukan Main, Ini 10 Rekor Premier League yang Bisa Dipecahkan Liverpool Musim Ini

11-01-2020 07:00

 | Richard Andreas

Bukan Main, Ini 10 Rekor Premier League yang Bisa Dipecahkan Liverpool Musim Ini
Sadio Mane merayakan golnya ke gawang Wolverhampton. © AP Photo

Bola.net - Liverpool tengah berlari di jalur yang tepat dalam usaha menjuarai Premier League musim ini. Setelah menempuh 20 pertandingan, situasinya tampak ideal bagi pasukan Jurgen Klopp itu.

Betapa tidak, Liverpool nyaman di puncak klasemen sementara setelah mengoleksi 19 kemenangan dan satu hasil imbang, belum pernah kalah. Mereka unggul 13 poin dari Leicester City di peringkat kedua dan masih menyimpan satu pertandingan.

Artinya, hanya Liverpool yang bisa menyebabkan kegagalan mereka sendiri musim ini. Jika level permainan yang sama terus terjaga, tampil konsisten, hanya masalah waktu sampai trofi bergengsi itu akhirnya diraih, mimpi yang terwujud.

Selain menjadi juara, Liverpool juga bisa memecahkan sejumlah rekor dalam perjalanan mewujudkan mimpi itu. Apa saja?

Mengutip The Sun via Fox Sports, berikut 10 rekor yang menunggu dipecahkan The Reds:

1 dari 10

Awal Terbaik Setelah 21 Pertandingan

Torehan 19 kemenangan dan satu hasil imbang sejauh ini membuat Liverpool sudah mengumpulkan 58 poin, fantastis.

Satu kemenangan lagi, yakni pada laga tandang ke Tottenham Minggu (12/1/2020) ini, Liverpool bakal melampaui rekor laju Man City dengan 59 poin dari 21 pertandingan pada 2017/18 lalu.

2 dari 10

Kemenangan Beruntun Kandang Terbanyak

Man City pernah menorehkan 20 kemenangan di Etihad Stadium di antara tahun 2011 dan 2012.

Liverpool sekarang mencatatkan 18 kemenangan di Anfield. Jika berhasil mengalahkan Manchester United, Southampton, dan West Ham pada laga kandang berikutnya, rekor ini bakal jadi milik mereka.

3 dari 10

Kemenangan Beruntun Terbanyak

Liverpool telah memetik 17 kemenangan mulai bulan Maret sampai Oktober 2019, yang kemudian terhenti dengan hasil imbang di Old Trafford. Sejak saat itu, mereka terus memenangkan 11 pertandingan berikutnya.

Torehan itu membuat Liverpool mendekati rekor 18 kemenangan beruntun Man City. Dengan 8 kemenangan lagi, rekor itu bakal jadi milik The Reds.

4 dari 10

Kekalahan Paling Sedikit Dalam Semusim

Jurgen Klopp (c) AP Photo
Jurgen Klopp (c) AP Photo

Hanya Arsenal 2003/04 yang menutup musim penuh Premier League tanpa merasakan kekalahan, yang membuat mereka mendapatkan julukan The Invincibles.

Liverpool hanya satu kali kalah musim lalu, tapi mereka berusaha melampauinya musim ini dengan menempuh semusim tanpa satu pun kekalahan.

5 dari 10

Laju Tak Terkalahkan Terpanjang

Tim Arsenal yang tersohor di bawah Arsene Wenger itu menempuh 49 pertandingan tanpa kekalahan, termasuk musim 2003/04 tersebut.

Saat ini pasukan Klopp telah menempuh 37 pertandingan tanpa kekalahan, butuh 12 kemenangan lagi. Demi menjaga laju ini, Liverpool harus menghindari kekalahan dari Man City pada laga ke-12 nanti.

6 dari 10

Terlama Tanpa Kekalahan

Tidak mengejutkan, tim yang meraih laju tidak terkalahkan terpanjang juga mencatatkan waktu terlama tanpa kekalahan: Arsenal dengan 537 hari tanpa kekalahan.

Liverpool telah melewati satu tahun penuh tanpa kekalahan ketika memenangkan duel kontra Sheffield awal bulan ini. Jika mereka bisa tetap tidak terkalahkan sampai akhir musim, rekor Arsenal ini bakal terlampaui.

7 dari 10

Kemenangan Terbanyak dalam Semusim

Rekor Premier League lainnya, yang juga masih dipegang Man City-nya Pep Guardiola. Dalam dua musim terakhir, mereka memetik 32 kemenangan dari 38 pertandingan pada perjalanan meraih trofi.

Liverpool membutuhkan 14 kemenangan dari 18 pertandingan sisa untuk memecahkan rekor tersebut.

8 dari 10

Kemenangan Kandang Terbanyak dalam Semusim

Sadio Mane merayakan golnya ke gawang Wolverhampton. (c) AP Photo
Sadio Mane merayakan golnya ke gawang Wolverhampton. (c) AP Photo

Belum pernah ada tim yang memenangkan setiap laga kandang dalam semusim. Chelsea 2005/06, Manchester United 2010/11, dan Manchester City 2011/12 serta 2018/19 hanya mampu memetik 18 kemenangan kandang.

Liverpool sudah memenangkan 11 pertandingan kandang sejauh ini dan bakal menyempurnakan 19 kemenangan dengan mengalahkan MU, Southampton, west Ham, Bournemouth, Crystal Palace, Aston Villa, Burnley, dan Chelsea.

9 dari 10

Kemenangan Tandang Terbanyak dalam semusim

Tidak sulit menebak siapa yang memegang rekor kemenangan tandang terbanyak dalam semusim, benar, Man City lagi. Mereka memetik 16 kemenangan dari 19 laga tandang pada musim 2017/18.

The Reds sudah memenangkan 8 dari 9 laga tandang sejauh ini, jadi mereka jika bisa memetik 9 kemenangan tandang lainnya, mereka bakal melampaui rekor tersebut.

Misi ini tidak mudah, Liverpool harus menyambangi Tottenham, Wolves, West Ham, Norwich, Watford, Everton, Manchester City, Brighton, Arsenal, dan Newcastle.

10 dari 10

Poin Terbanyak dalam Semusim

Liverpool menduduki peringkat ketiga perihal torehan poin terbanyak dalam semusim, dengan 97 poin musim lalu. Malang bagi mereka, Man City menjuarai musim itu dengan 98 poin dan merupakan satu-satunya tim yang pernah meraih 100 poin semusim sebelumnya.

Jika Liverpool, entah bagaimana, bisa memenangkan semua laga sisa musim ini. Mereka bakal mencatatkan rekor poin tertinggi dengan 112 poin. Juara dengan mutlak.

Sumber: The Sun, Fox Sports