FOLLOW US:


Chelsea 1 vs 0 Manchester City: Ini Kunci Sukses The Blues

18-04-2021 11:35

 | Yaumil Azis

Chelsea 1 vs 0 Manchester City: Ini Kunci Sukses The Blues
Skuat Chelsea merayakan gol Hakim Ziyech ke gawang Manchester City, Minggu (18/4/2021) © AP Photo

Bola.net - Chelsea sukses meraih tiket ke partai puncak Piala FA 2020/2021. Dalam Semifinal Piala FA 2020/2021, yang dihelat di Wembley Stadium, Sabtu (17/04), The Blues sukses mengalahkan Manchester City dengan skor 1-0.

Dalam pertandingan ini, satu-satunya gol yang terjadi dicetak Hakim Ziyech pada awal babak kedua setelah menerima umpan dari Timo Werner.

Pada pertandingan ini, sejatinya, Chelsea sama sekali tak dominan dibanding lawannya. Untuk urusan penguasaan bola mereka kalah. Sepanjang laga, menurut laman Whoscored, Chelsea hanya memiliki penguasaan bola sebesar 44,6%. Sementara, City mencatatkan penguasaan bola sebesar 55,4%.

Bukan hanya soal penguasaan bola, urusan tembakan yang dilepas sepanjang laga pun, statistik Chelsea inferior. Sepanjang pertandingan, menurut catatan laman Whoscored, Chelsea hanya melepas lima tembakan. Bandingkan dengan City melepas sebelas tembakan.

Dengan sejumlah catatan inferior tersebut, apa yang membuat Chelsea justru meraih kemenangan pada laga ini? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3

Benteng The Blues Tak Tertembus

Dalam pertandingan ini, para penggawa Chelsea menunjukkan pertahanan yang efektif. Mereka mampu menjauhkan para penggawa Manchester City dari jantung pertahanan.

Laman Whoscored mencatat, para penggawa Chelsea melakukan 13 blok pada laga ini. 10 dari 13 blok ini dilakukan para pemain The Blues di luar kotak penalti untuk mencegah final pass penggawa City ke area penalti mereka. Sementara, tiga blok lainnya dilakukan Thiago Silva dan kawan-kawan untuk menahan tembakan penggawa City.

Efektifnya pertahanan Chelsea ini juga berpengaruh terhadap terpilihnya Thiago Silva sebagai pemain dengan rating tertinggi pada laga ini versi Whoscored.

Sepanjang laga, Silva -yang mendapat nilai 7,61 ini- melakukan satu takling, dua intersep, tujuh sapuan, dan satu blok.

2 dari 3

Peluang Chelsea Lebih Berkualitas

Secara kuantitas, City lebih unggul dalam jumlah tembakan yang dilepas. Sepanjang laga, anak asuh Pep Guardiola ini melepas sebelas tembakan. Sementara, Chelsea hanya melepas lima tembakan.

Secara kualitas total peluang yang dimiliki, City pun unggul jauh dari Chelsea. Laman Footystats mencatat bahwa City memiliki nilai expected goals (xG) sebesar 1,53. Sementara, nilai xG anak asuh Thomas Tuchel hanya berada di level 0,87.

Namun, jangan lupa. Nilai xG tersebut merupakan total dari nilai xG dari tembakan yang dilakukan selama pertandingan. Artinya, nilai 1,53 merupakan akumulasi xG City dari sebelas tembakan. Sementara, 0,87 merupakan akumulasi xG Chelsea dari lima peluang mereka.

Jika dihitung rata-rata, tampak bahwa sejatinya Chelsea yang memiliki peluang lebih bagus. Rata-rata peluang Chelsea memiliki xG sebesar 0,174. Sementara, peluang City rata-rata memiliki nilai xG sebesar 0,1275.

3 dari 3

Penyelesaian Akhir City Melempem

Menang jumlah peluang ternyata tak bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para penggawa City. Dari sebelas peluang yang dimiliki, lima di antaranya off target.

Yang paling mengenaskan, empat dari lima peluang off target ini terjadi di dalam kotak penalti Chelsea. Padahal, secara total, mereka hanya mampu memiliki enam peluang di kotak penalti The Blues.

Salah satu peluang yang gagal dimanfaatkan tersebut adalah sundulan Ruben Dias pada menit 68. Padahal, secara nilai xG, peluang ini adalah peluang City paling berkualitas sepanjang laga.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)