FOLLOW US:


Cristiano Ronaldo dan Para Penggawa Manchester United yang Dapat Kartu Merah Lawan Manchester City

05-03-2021 21:07

 | Serafin Unus Pasi

Cristiano Ronaldo dan Para Penggawa Manchester United yang Dapat Kartu Merah Lawan Manchester City
Cristiano Ronaldo © AFP

Bola.net - Derby Manchester akan kembali tersaji pada lanjutan Premier League akhir pekan ini. Manchester United akan menantang Manchester City di Etihad Stadium, Minggu (07/03).

Laga ini hampir bisa dipastikan bakal berlangsung panas. Selain karena kedua tim tersebut saat ini sama-sama berada di papan atas klasemen sementara, laga ini merupakan pertarungan memperebutkan gelar tim terbaik di Manchester.

Sengitnya persaingan City dan United bisa terlihat dari laga antara kedua tim tersebut yang kerap diwarnai kartu merah. Laman MUFCInfo mencatat ada 14 kartu merah yang dikeluarkan wasit bagi 13 penggawa United dalam 184 edisi Derby Manchester.

Siapa saja penggawa United yang mendapat kartu merah kala berhadapan dengan tetangga berisik mereka? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 13

Sandy Turnbull

Sandy Turnbull merupakan penggawa United pertama yang mendapat kartu merah dalam Derby Manchester. Ia mendapat kartu tersebut pada pekan ke-18 Liga Inggris 1907/1908.

Kendati harus mengakhiri laga dengan sepuluh orang, dalam laga yang dihelat di Bank Street, 21 Desember 1907 ini, United tetap mampu meraih kemenangan. Mereka menang 3-1 dari The Citizens. Dua dari tiga gol kemenangan United dicetak Turnbull sebelum ia diusir wasit T.P Campbell.

2 dari 13

Henry Cockburn

Pemain United kedua yang mendapat kartu merah dalam laga kontra Manchester City adalh Henry Cockburn. Pemain kelahiran 14 September 1921 tersebut mendapat kartu merahnya pada laga pekan kelima Liga Inggris musim 1949/1950.

Dalam laga yang dihelat di Old Trafford, 3 September 1949, United meraih kemenangan dengan skor 2-1. Dua gol United diborong Stan Pearson. Sementara, gol semata wayang City dicetak Jimmy Munro.

3 dari 13

Allenby Chilton

Chilton merupakan pemain United ketiga yang mendapat kartu merah dalam Derby Manchester. Pemain kelahiran 7 oktober 1920 tersebut mendapat kartu merah dalam laga kontra City, pada putaran keempat Piala FA musim 1954/1955.

Dalam laga yang dihelat di Maine Road, 29 Januari 1955 tersebut, United harus menelan kekalahan dua gol tanpa balas. Dua gol kemenangan City dicetak Joe Hayes dan Don Revie.

4 dari 13

Lou Macari

Pemain United keempat yang mendapat kartu merah kala menghadapi Manchester City adalah Lou Macari. Pemain kelahiran 7 Juni 1949 ini mendapat kartu merah pada pekan ke-31 musim 1973/1974.

Kendati harus menuntaskan laga tersebut dengan sepuluh orang, United sukses menahan imbang Manchester City dalam laga yang dihelat di Maine Road, 13 Maret 1974 tersebut. Dalam laga tersebut kedua tim bermain imbang tanpa gol.

5 dari 13

Roy Keane

Roy Keane
Roy Keane © PA

Roy Keane menjadi pemain United kelima yang mendapat kartu merah sepanjang sejarah Derby Manchester. Gelandang asal Irlandia tersebut juga menjadi pemain United pertama yang mendapat kartu merah dalam laga kontra City pada era Premier League.

Keane sendiri mendapat kartu merah ini akibat melanggar Alf Inge Haaland pada menit kedelapan pertandingan pekan ke-34 Premier League musim 2000/2001 tersebut.

Beruntung bagi United, kendati harus bermain dengan sepuluh orang sejak awal laga, mereka mampu menahan imbang City. Dalam laga yang dihelat di Old Trafford, 21 April 2001 ini, United dan City bermain imbang 1-1. Gol United pada laga ini dicetak Teddy Sheringham. Sementara, gol City dicetk Steve Howey.

6 dari 13

Gary Neville

Gary Neville
Gary Neville © AFP

Pemain United yang mendapat kartu kuning keenam dalam sejarah Derby Manchester adalah Gary Neville. Neville mendapat kartu kuning pada Putaran Kelima Piala FA 2003/2004.

Neville mendapat kartu merah pada menit ke-38 laga yang dihelat di Old Trafford, 14 Februari 2004 tersebut usai menyundul Steve McManaman.

Beruntung bagi Setan Merah. Kendati mengakhiri laga dengan sepuluh pemain, mereka masih bisa meraih kemenangan 4-2 dalam laga tersebut. Empat gol United dicetak Paul Scholes, Ruud van Nistelrooy (dua gol), dan Cristiano Ronaldo. Sementara, dua gol balasan City diceploskan Michael Tarnat dan Robbie Fowler.

7 dari 13

Alan Smith

Alan Smith
Alan Smith © AFP

Alan Smith merupakan pemain United ketujuh yang mendapat kartu merah pada Derby Manchester. Smith harus diusir keluar lapangan usai menerima kartu kuning keduanya pada menit ke-89 dalam laga pekan ke-12 Premier League musim 2004/2005.

Dalam pertandingan yang dihelat di Old Trafford, 7 November 2004 ini, United berbagi angka dengan City usai bermain imbang tanpa gol.

8 dari 13

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo
Critiano Ronaldo semasa membela MU. © IST

Cristiano Ronaldo mencatat sejarah dalam Derby Manchester. Sejauh ini, megabintang asal Portugal tersebut menjadi pemain United satu-satunya sejauh ini yang sempat dua kali mendapat kartu merah dalam sejarah Derby Manchester.

Kartu merah pertama Ronaldo pada Derby Manchester ini didapatnya pada laga pekan ke-22 Premier League 2005/2006. Dalam laga yang dihelat di Eastlands ini, Ronaldo harus meninggalkan lapangan pada menit 66 usai melanggar Andy Cole.

United harus menelan kekalahan 1-3 pada laga ini. Tiga gol City dicetak Trevor Sinclair, Darius Vassell, dan Robbie Fowler. Sementara, gol semata wayang United dicetak Ruud van Nistelrooy.

Ronaldo kembali mendapat kartu merah dalam Derby Manchester kala memperkuat United pada pekan ke-14 Premier League 2008/2009. Dalam pertandingan yang dihelat di Eastlands, 30 November 2008, Ronaldo harus keluar lapangan pada menit ke-68.

Berbeda dengan kartu merah pertamanya pada Derby Manchester, kali ini kartu merah Ronaldo terjadi karena ia mendapat dua kartu kuning.

Kendati kehilangan Ronaldo di tengah pertandingan, United sukses meraih kemenangan 1-0 melalui gol Wayne Rooney.

9 dari 13

Paul Scholes

Paul Scholes
Paul Scholes © AFP

Scholes merupakan pemain United kesembilan yang mendapat kartu merah dalam sejarah Derby Manchester. Ia mendapat kartu merah tersebut pada laga Semifinal Piala FA 2010/2011.

Dalam laga yang dihelat di Wembley, 16 April 2011 tersebut, Scholes mendapat kartu merah pada menit ke-72. Kartu merah ini merupakan yang kesembilan baginya selama kariernya bersama United.

Pada laga tersebut, United harus menelan kekalahan 0-1 dari si tetangga berisik. Gol semata wayang The Citizens dicetak Yaya Toure pada menit 52.

10 dari 13

Jonny Evans

Jonny Evans
Jonny Evans © Ist

Pemain United kesepuluh yang mendapat kartu merah pada gelaran Derby Manchester adalah Jonny Evans. Ia mendapat kartu merah ini pada laga pekan kesembilan Premier League 2020/2021.

Dalam pertandingan yang dihelat di Old Trafford, 23 Oktober 2011 ini, Evans harus meninggalkan lapangan pada menit ke-46.

Harus bermain dengan sepuluh pemain, United tak mampu mengimbangi kedigdayaan City. Walhasil, mereka harus menelan kekalahan 1-6. Enam gol City dicetak Mario Balotelli (dua gol), Sergio Aguero, Edin Dzeko (dua gol), dan David Silva. Sementara, gol penghibur bagi United dicetak Darren Fletcher.

11 dari 13

Chris Smalling

Chris Smalling
Chris Smalling © Ist

Smalling merupakan pemain United kesebelas yang mendapat kartu merah sepanjang sejarang Derby Manchester. smalling mendapat kartu merah ini pada laga pekan kesepuluh Premier League 2014/2015.

Dalam pertandingan yang dihelat di Eastlands, 2 November 2014 ini, Smalling harus meninggalkan lapangan pada menit ke-39.

Harus kekurangan seorang pemain dalam laga ini membuat United tak bisa menahan serbuan City. Walhasil, Setan Merah harus menelan kekalahan 0-1 pada laga ini, hasil gol semata wayang Sergio Aguero.

12 dari 13

Marouane Fellaini

Marouane Fellaini
Marouane Fellaini © mufc

Marouane Fellaini mencatatkan diri sebagai pemain Manchester United ke-12 yang mendapat kartu merah pada laga kontra Manchester City. Fellaini mendapat kartu merah ini pada laga pekan ke-33 Premier League musim 2016/2017.

Dalam laga yang dihelat di Eastlands, 27 April 2017, Fellaini harus meninggalkan lapangan, usai menerima kartu kuning keduanya pada menit ke-84.

Pada laga ini, kendati diserang hanis-habisan, United sukses menahan Manchester City dengan skor 0-0.

13 dari 13

Nemanja Matic

Pemain Manchester United ke-13 yang mendapat kartu merah pada laga kontra Manchester City adalah Nemanja Matic. Kartu merah ini didapatnya pada leg kedua Semifinal Piala Liga 2019/2020.

Matic harus meninggalkan lapangan pada menit ke-76 usai menerima kartu kuning keduanya pada laga yang dihelat di Eastlands, 29 Januari 2020 tersebut.

Kendati harus mendapat kartu merah, Matic tak meninggalkan laga tersebut sebagai pecundang. Ia sempat mencetak gol bagi United pada menit ke-35 dan menjadi gol kemenangan Setan Merah pada laga tersebut.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)