Cuan Usai Jual Raphinha & Kalvin Phillips! Leeds Belanja Rp1,6 Triliun untuk 6 Pemain, Siapa Saja Mereka?

Dimas Ardi Prasetya | 10 Agustus 2022 06:45
Raphinha (c) FC Barcelona Official Twitter

Bola.net - Leeds United sukses mendatangkan enam pemain baru pada musim panas 2022 ini dan itu tak lepas dari kepergian Raphinha dan Kalvin Phillips.

Winger asal Brasil itu tampil menawan sejak dibeli Leeds dari Rennes pada tahun 2020 lalu. Raphinha kemudian sering dikabarkan masuk bidikan klub-klub besar Eropa.

Ia sempat dikaitkan dengan Liverpool, Manchester United, Chelsea, dan Arsenal. Tapi pada akhirnya Raphinha gabung Barcelona dengan mahar yang disebut mencapai 58 juta euro atau sekitar Rp880 miliar.

Raphinha bukan satu-satunya bintang yang pergi. Leeds United juga melepas Kalvin Phillips ke Manchester City sekitar 49 juta euro atau Rp743 miliar.

Hasil penjualan dua pemain itu kemudian dipakai untuk memboyong pemain baru. Leeds menghamburkan dana sekitar 105 juta euro atau sekitar Rp1,593 triliun untuk beli enam pemain anyar.

Siapa saja sih mereka? Simak informasinya di bawah ini Bolaneters

1 dari 6 halaman

Brenden Aaronson

Brenden Aaronson dibeli Leeds United dari RB Salzburg. Catatan Transfermarkt menunjukkan ia ditebus seharga 32.8 juta euro.

Brenden bermain di pos gelandang serang. Namun ia juga bisa main sebagai gelandang serang dan gelandang kiri.

Usianya masih 21 tahun. Perekrutan Brenden ini masuk akal karena ia berasal dari Amerika. Pelatih Leeds saat ini yakni Jesse Marsch juga berasal dari negeri Paman Sam.

Musim lalu bersama Salzburg, ia menyumbangkan 10 assist dari 41 laga di semua ajang kompetisi. Ia juga menambahkan enam gol.

2 dari 6 halaman

Luis Sinisterra

Karena kehilangan seorang winger, tentu saja secara alami Leeds United juga akan mencari winger baru sebagai gantinya. Mereka akhirnya memilih merekrut Luis Sinisterra dari Feyenoord.

Winger asal Kolombia ini direkrut dengan harga sekitar 25 juta euro. Pemain berusia 23 tahun ini bermain di pos sayap kiri.

Namun ia juga bisa main di sisi sayap kanan jika diperlukan. Musim lalu penampilannya di Feyenoord sangat bagus.

Ia berhasil mengoleksi 23 gol dari 49 laga di semua ajang kompetisi. Luis juga menambahkan 14 assist.

3 dari 6 halaman

Tyler Adams

Seperti yang disebut sebelumnya, Leeds United juga kehilangan Kalvin Phillips. Jadi wajar bila Leeds mencari gelandang bertahan baru. Mereka akhirnya mendatangkan Tyler Adams.

Ia direkrut dari RB Leipzig seharga 17 juta euro. Sama seperti Brenden Aaronson, Tyler juga berasal dari Amerika. Pemain berusia 23 tahun ini juga pemain serba bisa.

Ia tak cuma bisa bermain sebagai gelandang bertahan tapi juga bisa main sebagai gelandang kanan. Jika diperlukan ia bisa pula dimainkan sebagai bek kanan.

Tyler dikenal sebagai pemain yang agresif dalam urusan mengejar bola dan bertahan. Selain itu ia juga termasuk pemain yang enerjik dan lincah. Ia bahkan berani membandingkan dirinya mirip N'Golo Kante.

4 dari 6 halaman

Rasmus Kristensen

Musim panas 2022 ini, Leeds United juga mendatangkan satu pemain di lini pertahanan. Lebih spesifiknya adalah pemain di pos fullback kanan.

Leeds merekrut Rasmus Kristensen dari RB Salzburg. Pemain berusia 24 tahun ini diboyong dengan harga sekitar 13 juta euro.

Bek asal Denmark ini sendiri tak cuma bisa bermain sebagai fullback kanan. Ia bisa juga dimainkan di pos gelandang kanan.

Rasmus tipe bek yang agresif. Musim lalu bersama Salzburg, ia berhasil menyumbang 10 gol dari 45 laga plus delapan assist dan membantu timnya juara Bundesliga Austria.

5 dari 6 halaman

Marc Roca

Beli satu gelandang bertahan ternyata tak cukup bagi Jesse Marsch. Ia meminta Leeds United memboyong satu pemain lainnya di posisi itu pada musim panas 2022.

Leeds akhirnya memboyong Marc Roca. Ia direkrut dari Bayern Munchen dengan mahar 12 juta euro.

Pemain asal Spanyol ini tak cuma bisa main sebagai gelandang bertahan. Roca juga bisa beroperasi sebagai gelandang tengah.

Roca sendiri dikenal sebagai deep-lying playmaker. Ia bisa melindungi bola dengan apik, punya visi yang oke dan kemampuan mengumpan yang jempolan tentunya. Bahkan ada yang mengklaim permainnnya mirip Xabi Alonso.

6 dari 6 halaman

Darko Gyabi

Leeds United juga memutuskan untuk berinvestasi pada pemain remaja pada musim panas 2022 ini. Mereka pun memboyong Darko Gyabi.

Ia diboyong Leeds dari sesama klub Inggris, Manchester City, dengan bandrol sekitar 5,8 juta euro saja. Namun pemain berusia 18 tahun itu masih berstatus sebagai penggawa U-21 City saja.

Darko beroperasi sebagai gelandang tengah. Tapi pemain Inggris berdarah Ghana ini juga bisa bermain sebagai gelandang serang.

Darko disebut punya teknik apik untuk pemain seusianya. Ia juga dikabarnya bisa mengumpan sama apiknya dengan kedua kakinya. Kemampuannya diklaim komplet sebagai pemain nomor 8.

(Bola/Transfermarkt)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR