FOLLOW US:


David Moyes Kritik MU: Arah Klub tak Jelas, Beli Pemain untuk Marketing

29-07-2019 10:39

 | Asad Arifin

David Moyes Kritik MU: Arah Klub tak Jelas, Beli Pemain untuk Marketing
Skuat Manchester United Merayakan gol perdana Mason Greenwood ke gawang Leeds United, Rabu (17/7) © MUFC Official

Bola.net - David Moyes melayangkan kritik keras kepada mantan klub yang pernah dilatihnya, Manchester United. David Moyes menyebut arah klub tidak jelas dan pembelian pemain didasarkan pada kebutuhan marketing.

Dalam beberapa musim terakhir, kebijakan transfer yang dilakukan oleh United memang tidak bisa disebut sukses. Beberapa pemain dibeli dengan harga mahal tetapi tidak punya dampak masif di atas lapangan.

Mudah untuk mencari contohnya. Alexis Sanchez, yang dibeli dari Arsenal, gagal bersinar. Fred juga demikian. Paul Pogba, meskipun tampil bagus, tetapi kerap jadi duri dalam daging di skuad United.

Menurut David Moyes, United dalam beberapa musim telah ingkar dari kodratnya. Seperti apa kritik yang dilayangkan oleh Moyes? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 2

Kritik Pedas David Moyes

Pasca pensiunnya Alex Ferguson pada tahun 2013 lalu, hingga kini hanya ada tiga trofi juara pada ajang mayor yang mampu dibawa Manchester United ke Old Trafford. Jumlah minim ini tidak lepas dari klub yang hilang arah.

"Untuk sejenak sulit untuk bisa mengetahui ke mana arah United," ucap David Moyes kepada The Mirror.

"Apakah mereka hanya membeli pemain untuk urusan marketing saja, walaupun mereka sebenarnya pemain yang hebat, atau membeli pemain untuk kepentingan di lapangan. Saya tidak yakin terkait hal ini," imbuh pria asal Skotlandia.

David Moyes menjadi manajer bagi United tepat pasca Ferguson mundur. Mantan manajer Everton ini, tidak bertahan lama sebagai manajer United. Dia gagal mencapai ekspektasi yang ditetapkan oleh klub. Padahal, dia sempat disebut pengganti ideal bagi Fergie.

2 dari 2

Kodrat Manchester United

Menurut David Moyes, membeli pemain bintang memang penting bagi Manchester United. Tetapi, mereka harus punya dampak besar. Eric Cantona dan Robin van Persie adalah contoh transfer sukses menurut David Moyes.

"United memiliki sebuah nilai dan kelas. Nilai-nilai United tidak selalu membeli pemain mahal tetapi dengan cara membawa pemain muda dari akademi dan membeli pemain muda terbaik," kata David Moyes.

"Saya tidak pernah berpikir bahwa mereka akan menjadi klub yang berpatokan semua tentang membuang uang. Jika mereka ingin, mereka mampu," tegas David Moyes.

Pada bursa transfer musim panas 2019 ini, United telah membeli dua pemain. Aaron Wan-Bissaka dibeli dengan harga 50 juta pounds dan Daniel James dengan harga 15 juta pounds. Keduanya saat ini masih berusia 21 tahun.