FOLLOW US:


Di Mana Mereka Sekarang? Skuat Manchester City yang Pernah Dihajar 8-1 oleh Middlesbrough

13-05-2020 16:45

 | Dimas Ardi Prasetya

Di Mana Mereka Sekarang? Skuat Manchester City yang Pernah Dihajar 8-1 oleh Middlesbrough
Sven-Goran Eriksson © AFP

Bola.net - Pada tahun 2008 silam, Manchester City mengalami salah satu momen terburuk dalam sejarahnya di Premier League ketika mereka dipermak habis-habisan oleh Middlesbrough.

Duel tersebut tersaji tepat pada bulan Mei dan digelar di markas The Boro. Skuat City saat itu ditangani oleh Sven-Goran Eriksson.

Petaka dimulai pada menit ke-15. Bek tengah andalan mereka yakni Richard Dunne diusir keluar oleh wasit.

Dari situ, Middlesbrough menemukan celah yang lebar untuk membombardir pertahanan The Citizen. Striker The Boro yakni Afonso Alves tampil menawan.

Ia mengemas hattrick di laga itu. Sementara itu Stewart Downing ikut mencatatkan namanya dengan mencetak brace. Tiga gol lainnya disumbangkan oleh Adam Johnson, Fabio Rochemback, dan Jeremie Aliadiere.

Satu-satunya gol City dicetak oleh Elano. Ia masuk ke lapangan sebagai pemain pengganti kala itu.

Lalu apa yang kemudian terjadi pada para pemain Manchester City saat itu? Di manakah mereka sekarang?

1 dari 13

Andreas Isaksson

Kiper Swedia itu meninggalkan City hanya beberapa bulan setelah kekalahan telak itu. Ia kemudian bermain untuk PSV.

Isaksson juga sempat berkarir di Turki bersama klub Kasımpasa sebelum kembali ke Swedia dengan Djurgardens IF. Ia pensiun dari sepakbola pada tahun 2018 kemarin.

2 dari 13

Sun Jihai

Pemain asal China ini sebelumnya membela Manchester City selama sekitar enam musim. Ia kemudian angkat kaki dari klub tersebut hanya beberapa bulan setelah kekalahan dari Middlesbrough itu.

Jihai menghabiskan satu musim di Sheffield United di divisi Championship. Ia kemudian mudik ke China dan gabung bersama Chengdu Blades.

Jihai kemudian bermain untuk Guizhou Renhe dan Chongqing Lifan. Ia akhirnya pensiun dengan Beijing Renhe pada tahun 2016.

3 dari 13

Vedran Corluka

Bek asal Kroasia juga meninggalkan City beberapa bulan kemudian. Ia lantas bergabung dengan Tottenham dengan transfer sekitar delapan juta pounds.

Ia menghabiskan empat musim di Spurs. Setelah itu ia bergabung dengan Lokomotiv Moscow pada 2012.
Sekarang usianya sudah 34 tahun. Namun ia belum pensiun dan sekarang masih aktif bermain dengan klub Rusia tersebut.

4 dari 13

Richard Dunne

Dunne menghabiskan sembilan tahun bersama Manchester City. Di sana, bek yang terkenal keras dan langganan kartu merah itu membuat 352 penampilan untuk City.

Ia lalu mencari petualangan baru dengan pindah ke Aston Villa pada 2009. Setelah itu ia berangkat ke QPR pada 2013 dan pensiun dari sepak bola dua tahun kemudian.

5 dari 13

Javier Garrido

Pada tahun 2010, Garrido meninggalkan Manchester City. Ia kemudian bermain untuk Lazio, Norwich City, Las Palmas dan AEK Larnaca.

Sekarang ia berusia 35 tahun. Ia masih aktif bermain untuk tim Segunda Division B, Real Union.

6 dari 13

Michael Ball

Ball sempat menderita cedera lutut serius pada Januari 2009. Pihak Man City akhirnya melepasnya pada musim panas itu.

Ia kemudian waktunya selama beberapa tahun sebagai free agent. Namun Ball akhirnya bisa kembali ke lapangan hijau dengan Leicester City pada 2011.

Akan tetapi ia tak berjodoh dengan Leicester. Setelah cuma tampil tiga kali untuk klub, ia dilepas pada Januari 2012 dan ia kemudian langsung memutuskanu untuk pensiun.

7 dari 13

Stephen Ireland

Ireland meninggalkan City untuk gabung Aston Villa pada tahun 2010. Ia menghabiskan tiga musim di klub tersebut sebelum bergabung dengan Stoke City pada 2013.

Gelandang asal Irlandia ini bergabung dengan Bolton pada Oktober 2018. Akan tetapi ia meninggalkan klub hanya beberapa bulan kemudian tanpa sekali pun bermain bagi klub tersebut.

Sekarang ia sudah berusia 33 tahun. Ireland belum secara resmi pensiun, namun ia sampai saat ini tak gabung klub mana pun.

8 dari 13

Gelson Fernandes

Gelandang asal Swiss ini telah melanglang buana ke sembilan klub sejak meninggalkan City pada tahun 2009 silam. Di antaranya klub Sporting CP, FC Sion dan Rennes.

Ia bergabung dengan Eintracht Frankfurt pada tahun 2017 kemarin. Ia masih bermain di klub itu sampai saat ini.

9 dari 13

Martin Petrov

Pemain sayap asal Bulgaria itu meninggalkan City menuju Bolton pada tahun 2010. Ia menghabiskan tiga tahun di klub berjuluk The Trotters itu sebelum bergabung dengan Espanyol pada tahun 2013.

Tidak lama kemudian, ia kembali ke Bulgaria untuk bergabung dengan CSKA Sofia. Ia akhirnya pensiun dari sepak bola pada tahun 2014.

10 dari 13

Darius Vassell

Vassell membela Manchester City sejak tahun 2005. Ia hengkang dari The Citizen pada tahun 2009.
Ia sempat menghabiskan satu musim di Turki bersama Ankaragucu sebelum kembali ke Inggris bersama

Leicester pada tahun 2010. Ia kemudian pensiun dari sepak bola pada tahun 2012.

11 dari 13

Benjani Mwaruwari

Masa kebersamaan Benjani bersama City berakhir pada 2010. Total ia hanya mencatatkan 31 penampilan dan mencetak tujuh gol.

Ia sempat bermain untuk Blackburn dan Portsmouth. Setelah itu ia pensiun pada 2014 setelah membela klub Bidvest Wits.

12 dari 13

Manajer: Sven Goran Eriksson

Manajer asal Swedia ini dikontrak Manchester City selama tiga tahun pada musim panas 2007. Namun sekitar satu tahun kemudian, ia meninggalkan klub tersebut.

Ia sempat menukangi Timnas Meksiko, Pantai Gading, dan kembali ke Inggris untuk gabung Leicester City pada tahun 2010. Eriksson kemudian pindah ke China untuk membesut Guangzhou R&F pada tahun 2013.

Sven-Goran Eriksson kemudian menukangi dua tim China lainnya yakni Shanghai SIPG dan Shenzhen hingga tahun 2017. Ia sempat vakum dan kemudian menukangi Timnas Filipina pada tahun 2018. Tak sampai setahun, ia berhenti dan akhirnya mengakhiri karirnya sebagai pelatih. Namun ia masih aktif menjadi konsultan sepak bola.

13 dari 13

Cadangan (yang Bermain)

Elano
Ia sempat bermain untuk Galatasaray, Santos, Gremio, Flamengo dan Chennaiyin sebelum pensiun pada tahun 2016.

Dietmar Hamann
Pria asal Jerman ini gantung sepatu pada tahun 2011 setelah membela MK Dons di League One.

Felipe Caicedo
Ia meninggalkan Man City pada 2011. Sekarang ia masih bermain di Serie A bersama Lazio.

(Give Me Sport)