FOLLOW US:


Diunggulkan Sir Alex Ferguson, Inilah Sederet Alasan Cristiano Ronaldo Layak Raih Ballon d'Or 2021

15-10-2021 07:30

 | Ari Prayoga

Diunggulkan Sir Alex Ferguson, Inilah Sederet Alasan Cristiano Ronaldo Layak Raih Ballon d'Or 2021
Selebrasi Cristiano Ronaldo setelah membobol gawang Newcastle di lanjutan Premier League matchday 4, Sabtu (11/9/2021) malam WIB. © AP Photo

Bola.net - Persaingan merebut trofi Ballon d'Or diprediksi akan sangat sengit pada edisi 2021 ini. Bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo pun cukup layak dijadikan favorit juara.

French Football beberapa hari lalu merilis daftar 30 kandidat peraih Ballon d'Or 2021. Terdapat nama besar seperti Lionel Messi, Robert Lewandowski, hingga Karim Benzema.

Selain itu, dalam daftar ini juga ada gelandang Chelsea, Jorginho yang meraih sederet prestasi membanggakan bersama klubnya, Chelsea dan negaranya, Italia pada tahun ini.

1 dari 7

Dukungan Sir Alex Ferguson

Dukungan Sir Alex Ferguson
Cristiano Ronaldo dan Sir Alex Ferguson. © AFP/Nicolas Asfouri

Meski banyak pihak mengalamatkan dukungan mereka kepada Jorginho atau Messi, akan tetapi sikap berbeda ditunjukkan oleh manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson.

Baru-baru ini Ferguson menegaskan bahwa dirinya mengunggulkan mantan anak asuhnya, Cristiano Ronaldo untuk meraih trofi Ballon d'or 2021.

"Cristiano layak meraihnya. Tahun ini dia memecahkan rekor demi rekor," ujar Ferguson seperti dikutip Marca.

Lantas, apa sajakah bukti bahwa Ronaldo memang layak meraih trofi Ballon d'Or tahun ini? Berikut daftar selengkapnya.

2 dari 7

Top Skorer Euro 2020

Top Skorer Euro 2020
Cristiano Ronaldo usai mencetak gol ke gawang Prancis di Euro 2020 © AP Photo

Cristiano Ronaldo memang gagal mempertahankan gelar juara yang diraih bersama Portugal pada 2016 lalu. Namun, Ronaldo mendapat sedikit hiburan dari Euro 2020. Sebab, Ronaldo mendapat gelar top skor.

Ronaldo menjadi top skor dengan catatan lima gol. Jumlah gol yang didapat Ronaldo sejatinya sama dengan bomber Rep. Ceko, Patrik Schick. Namun, Ronaldo punya satu assist dan Schick tidak. Ronaldo juga punya menit bermain lebih sedikit.

3 dari 7

Top Skorer Euro Sepanjang Masa

Top Skorer Euro Sepanjang Masa
Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo © AP Photo

Berkat tambahan lima gol pada Euro 2020 kemarin, Ronaldo kini sudah mengoleksi 14 gol dalam lima gelaran Piala Eropa yang sudah ia ikuti.

Cristiano Ronaldo pun menjadi top skorer alias pencetak gol terbanyak di pentas Piala Eropa sepanjang masa.

4 dari 7

Top Skorer Level Internasional

Top Skorer Level Internasional
Cristiano Ronaldo mencetak gol ke-111 bersama timnas Portugal saat berjumpa Rep. Irlandia, Kamis (2/9/2021) dini hari WIB © Official Twitter Portugal

Tiga gol yang dicetak Ronaldo ke gawang Luksemburg Rabu (13/10/2021) dini hari WIB kemarin membuatnya kini telah mencetak 115 gol selama membela Portugal di level internasional.

Ronaldo pun semakin mempertajam rekornya sebagai pencetak gol terbanyak di sepak bola level internasional pria.

Tak hanya itu, Ronaldo juga memecahkan rekor Sergio Ramos dengan menjadi pemilik caps terbanyak di level internasional, yakni 182 laga.

5 dari 7

Mendekati 800 Gol

Mendekati 800 Gol
Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo © AP Photo

Pada 2021 ini Ronaldo sukses melewati catatan gol dari Pele dan Josef Bican untuk membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa.

Ronaldo saat ini tercatat sudah mencetak total 794 gol sepanjang karier profesionalnya. Artinya, pemain 36 tahun itu tinggal membutuhkan enam gol lagi untuk menyentuh angka 800 gol. Luar biasa.

6 dari 7

Satu-Satunya Top Skorer di 3 Liga Top

Satu-Satunya Top Skorer di 3 Liga Top
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo. © AP Photo

Rekor lain yang menjadi atas nama Ronaldo saat ini adalah ia merupakan satu-satunya pemain yang bisa meraih gelar top skorer di tiga liga top Eropa.

Setelah musim lalu meraih gelar Capocannoniere Serie A, Ronaldo pun melengkapi gelarnya setelah sebelumnya sukses menjadi pencetak gol terbanyak di Premier League dan La Liga.

7 dari 7

Klasemen Premier League

Klasemen Premier League
Aksi Cristiano Ronaldo di laga Manchester United vs Aston Villa, Premier League 2021/22 © AP Photo

Sumber: Marca, Bola