Gak Pake Tanya, Begini Cara Jurgen Klopp Cadangkan Pemain Inti Liverpool

Richard Andreas | 11 Mei 2022 09:30
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. (c) AP Photo

Bola.net - Jurgen Klopp membuat sejumlah perubahan berani dalam starting XI Liverpool ketika menyambangi Aston Villa dalam duel lanjutan Premier League 2021/22, Rabu (11/5/2022).

Duel di Villa Park tadi dimenangi Liverpool dengan skor 2-1, tapi pertandingan tidak berjalan mudah. Bahkan, Villa unggul cepat dengan gol Douglas Luiz di menit ke-3.

Liverpool tampak kesulitan menemukan ritme, tapi untungnya ketangguhan mental dan pengalaman para pemain jadi pembeda. Klopp mengakui kemenangan ini luar biasa.

Kesulitan Liverpool di awal laga juga tidak lepas dari utak-atik line-up yang dilakukan Klopp. Apa maksudnya?

1 dari 3 halaman

Utak-atik Klopp

Klopp membuat sejumlah perubahan di starting line up Liverpool, ada beberapa pemain inti yang dicadangkan. Sebagai contoh, Mohamed Salah dan Thiago Alcantara memulai laga dari bangku cadangan.

Keputusan Klopp terbilang berani, terlebih Liverpool sedang bersaing ketat di puncak klasemen. Menariknya, ketika ditanya bagaimana proses keputusan mencadangkan pemain, Klopp menjawab:

"Kesan, hanya berdasarkan kesan. Saya sudah lama mengenal para pemain, jika saya bertanya kepada mereka, mereka semua akan menjawab: 'Saya siap bermain'. Jadi saya tidak bertanya," ujar Klopp.

"Saya harus membuat keputusan ini sendiri. Tentu, saya tidak punya banyak kesibukan selain menonton pertandingan dan mengamati pemain."

2 dari 3 halaman

Soal pengambilan keputusan

Perubahan-perubahan Klopp di laga ini cukup berani, khususnya di lini tengah. Untungnya, para pemain bisa mengatasi itu, menemukan ritme dan meraih kemenangan.

"Bagi para pemain yang turun ke lapangan tanpa ritme pertandingan, jelas segalanya tidak semudah yang terlihat, seperti Kostas dan Curtis," sambung Klopp.

"Saya sangat menyukai permainan mereka. Kami jelas ingin memenangi pertandingan, kami harus menang, dan saat itu saya berpikir untuk memainkan Thiago."

"Dan Thiago berperan penting dalam proses gol kami. Begitulah yang terjadi," tutupnya.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Inggris

Sumber: Liverpool

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR