FOLLOW US:


Granit Xhaka Bikin Blunder, Mikel Arteta Bisa Maklum

07-03-2021 03:35

 | Ari Prayoga

Granit Xhaka Bikin Blunder, Mikel Arteta Bisa Maklum
Gelandang Arsenal, Granit Xhaka © Pool EPA via AP Photo

Bola.net - Manajer Arsenal, Mikel Arteta mencoba memaklumi blunder fatal yang dilakukan Granit Xhaka dalam laga kontra Burnley, Sabtu (6/3/2021).

Dalam laga ini, Arsenal sejatinya unggul lebih dulu lewat aksi Pierre-Emerick Aubameyang. Namun, tuan rumah mampu menyamakan skor lewat gol Chris Wood memanfaatkan kesalahan Xhaka.

Menerima bola pendek dari Leno, Xhaka yang membelakangi gawang bermaksud melepas umpan lambung kepada David Luiz yang berdiri di sisi kirinya.

Sayang, bola umpan Xhaka terlalu rendah sehingga mengenai Wood. Si kulit bundar pun kemudian melaju masuk menjadi gol. Skor 1-1 menjadi hasil akhir laga ini.

1 dari 2

Penilaian Arteta

Arsenal coba meniru skema membangun serangan dari belakang yang sukses membuahkan gol Auba. Namun, justru berujung blunder pada gol Wood. Arteta pun membela keputusan timnya melakukan skema ini.

"Begitulah adanya, cara kami bermain, cara saya ingin bermain, dan kami hanya perlu mengetahui risiko dan aturan yang kami miliki di area tertentu dan jenis bola yang harus kami mainkan," ujar Arteta kepada BT Sport.

"Itu bisa terjadi dalam sepakbola. Kami melakukannya dengan menggunakan Bernd dan mencoba menggunakan gelandang bertahan dalam situasi itu," imbuhnya.

"Kami mencetak gol dari Auba lewat serangan yang dibangun dari Bernd Leno. Kami kebobolan satu peluang dan itu berasal dari Bernd Leno yang memutuskan untuk menendang bola jauh dan kami tidak bisa mengontrol bola kedua dengan struktur terbuka," jelasnya.

2 dari 2

Pembelaan Arteta

Lebih lanjut, Arteta pun menegaskan bahwa ia masih memberikan dukungan bagi Xhaka terlepas dari blunder fatal yang ia lakukan di markas Burnley.

"Terlihat mudah dari luar tetapi tidak semudah itu di sini. Jika seseorang mencoba membuat kesalahan karena mereka ingin bermain, saya akan selalu mendukung mereka," tutur Arteta.

"Jika seseorang bersembunyi dan mereka tidak ingin bermain lalu membuat kesalahan, saya tidak akan melakukannya," tandasnya.

Sumber: BT Sport