FOLLOW US:


Guardiola Anggap Silva Sebagai Campuran Iniesta dan Xavi

18-05-2018 09:35

 | Josep Guardiola

Guardiola Anggap Silva Sebagai Campuran Iniesta dan Xavi
David Silva © The Associated Press

Bola.net - Sejak bergabung dengan Manchester City pada tahun 2010 lalu, David Silva menjelma menjadi salah satu pemain terbaik di dunia. Bagi sang pelatih, Josep Guardiola, pemain asal Spanyol tersebut merupakan perpaduan dari Andres Iniesta dan Xavi.

Setelah menunjukkan bakatnya bersama Valencia selama enam musim, Silva akhirnya memutuskan untuk menyeberang ke Premier League dan berlabuh di Etihad Stadium. Meskipun City cukup sering mengganti pelatihnya, namun Silva selalu masuk dalam starting line-up.

Meskipun telah menginjak umur kepala tiga, namun kualitas yang dimiliki Silva sama sekali tidak berkurang. Di bawah asuhan Guardiola musim ini, ia telah tampil dalam 40 pertandingan dan juga membuat 13 assist.

Kepiawaiannya mengolah bola membuat Guardiola teringat dengan dua punggawa Barcelona, Iniesta dan Xavi. Baginya, Silva merupakan campuran dari kedua sosok tersebut.

"Xavi adalah pemain dengan kontrol dan dinamika yang luar biasa, dia tidak bisa kehilangan bola. Dia bisa mengontrol ritme permainan, dan membaca permainan selagi berlari," ujar Guardiola kepada ESPN Brasil.

"Andres mirip, tapi selalu mengubah kecepatannya. Dan David Silta adalah campuran keduanya. David juga tahu kapan harus mengontrol dan kapan harus berlari," lanjutnya.

Seperti yang diketahui, Guardiola sempat menjadi pelatih Iniesta dan Xavi kala masih menjadi pelatih Barcelona dulu. Bersama keduanya, ia sukses merengkuh gelar juara Liga Champions sebanyak dua kali.