Harga Haaland Lebih Murah dari Fred! Diam-diam, Man City Tertawakan Manchester United

Yaumil Azis | 12 Mei 2022 00:09
Striker Borussia Dortmund, Erling Haaland (c) AP Photo

Bola.net - Manchester City resmi mendatangkan Erling Haaland dari klub Jerman, Borussia Dortmund. Biaya untuk mendatangkan penyerang asal Norwegia itu terbilang cukup terjangkau, yakni sebesar 52 juta pounds.

Disebut terjangkau karena Haaland merupakan penyerang bertalenta dengan catatan 85 gol dari 88 penampilan di semua kompetisi selama dua setengah tahun. Ditambah lagi usianya masih muda, 21 tahun.

Melihat catatannya selama memperkuat Dortmund, Haaland seharusnya bisa dihargai lebih dari 100 juta pounds. Namun Dortmund tak bisa apa-apa, sebab angka 52 juta pounds sudah tercantum dalam klausul rilisnya.

Manchester City sepakat untuk mengaktifkan klausul rilis tersebut. Raksasa Inggris itu kemudian mengumumkan secara resmi kepindahan Haaland ke Etihad Stadium pada Selasa (10/5/2022) lalu.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Jadi Lelucon Internal Man City

Harga Haaland sungguh sangat terjangkau. Ia bahkan tidak semahal gelandang Manchester United, Fred, yang sering jadi bulan-bulanan fans setia klub. Pasalnya, performa Fred dianggap tidak memuaskan.

Haaland lebih murah 800 ribu pounds ketimbang gelandang berkebangsaan Brasil tersebut. Dan menurut laporan ESPN, selisih harga ini menjadi bahan lelucon tersendiri di dalam internal klub.

Manchester City diketahui pernah tertarik dengan Fred, yang kala itu masih memperkuat Shakhtar Donetsk. Mereka ingin menjadikan Fred sebagai rekrutan berikutnya dari Ukraina setelah Fernandinho.

Namun, the Citizens gagal mewujudkan kepindahan Fred ke Etihad Stadium. Alasannya, mereka tidak tertarik untuk menandingi nominal transfer yang tercantum di proposal sang rival sekota.

2 dari 2 halaman

Dibantu Transfer Jadon Sancho

Lebih menariknya lagi, ESPN menyebutkan kalau pembelian Jadon Sancho yang dilakukan pada tahun lalu membantu the Citizens merekrut Haaland. Perlu diketahui bahwa Sancho pernah menjadi bagian dari Manchester City.

Sancho meninggalkan Manchester City sebelum berhasil menembus skuat inti. Borussia Dortmund merekrutnya pada tahun 2017 seharga delapan juta pounds, ditambah klausul khusus yang disepakati kedua tim.

Klausul tersebut aktif ketika Dortmund memutuskan untuk menjual Sancho ke klub lain. Kepindahan pemain berumur 22 tahun itu ke Old Trafford membuat Manchester City bisa mengantongi dana segar sebesar 12 juta pounds.

Jadi, kalau dihitung-hitung, Manchester City hanya membayar Haaland sebesar 39 juta pounds saja. Sungguh transaksi ini sangat menguntungkan buat klub besutan Josep Guardiola tersebut.

(ESPN)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR