FOLLOW US:


Hasil Pertandingan Liverpool vs Man City: Skor 1-1 (1-3 p)

29-02-2016 02:25

 | Philippe Coutinho

Hasil Pertandingan Liverpool vs Man City: Skor 1-1 (1-3 p)
Yaya Toure cetak gol kemenangan City © MCFC

Bola.net - Taklukkan Liverpool, City Jawara Capital One Cup 2015-16

Manchester City berhasil mengalahkan Liverpool melalui babak adu penalti dengan skor 3-1 (1-1 waktu normal) di final Capital One Cup di Wembley, Minggu (28/02).

Pertandingan ini berlangsung seru dan ketat, khususnya di babak kedua. Di waktu normal kedua tim bermain imbang 1-1 melalui gol Fernandinho dan Philippe Coutinho. Di babak penalti City unggul 1-3 setelah tendangan tiga eksekutor Liverpool digagalkan Willy Caballero.

Kedua tim bermain dengan tempo cukup tinggi sejak wasit memulai pertandingan babak pertama. Keduanya juga tak sungkan untuk saling serang.

Namun Liverpool dulu yang mendapat peluang untuk mencetak gol di menit ke-5. Serangan klub Merseysidaitu bermuara di sisi kanan pertahan City dan diterima oleh Moreno. Pemain asal Spanyol itu langsung menembak dengan kaki kirinya, namun bola masih bisa diamankan Caballero.

Setelah itu, tak ada peluang yang benar-benar berarti dari kedua tim ini, khususnya dari Liverpool. Sebab pasukan asuhan Jurgen Klopp itu cukup dominan dalam penguasaan bola.

Akan tetapi, di menit ke-23 ada peluang emas yang justru didapat oleh Sergio Aguero. Di lini belakang ia bisa mengelabui Lucas dan Sakho dan melepas sepakan ke pojok kiri gawang Liverpool. Untung sepakan itu masih bisa ditepis dan bola membentur tiang gawang.

Kedua tim masih berusaha saling serang, namun hingga 45 menit pertama berakhir, tak ada gol yang tercipta. Skor masih tetap 0-0.

Usai turun minum, Liverpool kembali mencoba mendominasi jalannya pertandingan dan bermain lebih agresif. Di sisi lain Manuel Pellegrini sepertinya meminta para pemain City untuk bermain lebih sabar dan lebih memilih memakai strategi serangan balik.

Strategi itu rupanya berhasil. Hanya dalam tempo empat menit usai babak kedua dimulai, City bisa mencetak satu gol. The Citizen menyerang melalui Aguero. Pemain asal Argentina itu lantas memberikan umpan pada Fernando yang lari menusuk masuk ke sisi kiri kotak penalti Liverpool. Pemain asal Brasil itu melepas sepakan datar dari sudut cukup sempit, namun gagal dihalau Mignolet. Skor berubah 0-1 sekarang.

Liverpool mencoba meningkatkan intensitas serangannya usai tertinggal. Di lain sisi, City mulai nyaman bermain dengan menggunakan strategi counter attack-nya. Mereka pun beberapa kali mengancam gawang Mignolet dengan strategi tersebut.

Bahkan pada menit ke-59, Sterling mendapat peluang emas. Silva meneror pertahanan kiri Liverpool dan berhasil memasukkan bola ke dalam kotak penalti The Reds. Di sana sudah ada Sterling yang berdiri bebas. Namun sepakannya justru melebar ke sisi kiri gawang Mignolet. Setelah itu di menit ke-61 ada kejadian yang kontroversial di mana Moreno menjegal Aguero di dalam kotak terlarang. Namun wasit tak memberikan hadiah penalti.

Situasi itu akhirnya membuat Liverpool menurunkan tempo permainan. Mereka berusaha lebih sabar dalam membongkar pertahanan City. Meski demikian, The Reds tetap kesulitan membongkar pertahanan Kompany cs. Mereka malah nyaris kebobolan lagi di menit ke-80. Pergerakan Aguero gagal dihadang Lucas. Untungnya bola sodoran Kun tak bisa dimanfaatkan Sterling. Sepakannya melenceng tipis ke kiri gawang Mignolet.

Klopp akhirnya kembali mengubah taktiknya. Ia memasukkan Origi dan hasilnya langsung terlihat tak berapa lama setelah pemain Belgia itu masuk ke lapangan. Di menit ke-83 serangan bertubi-tubi The Reds membuat Lallana nyaris mencetak gol di sisi kanan City. Namun bola membentur tiang. Bola yang mengarah ke tengah kotak penalti disambar Coutinho dan gol! 1-1.

City berusaha bermain lebih agresif usai kebobolan. Dan di menit ke-87, mereka mendapat peluang emas melalui Fernando. Gelandang plontos ini menendang bola hanya beberapa meter dari depan gawang Liverpool. Untuk Mignolet dengan sigap menghadangnya dan bola muntah langsung disingkirkan oleh Lucas.
Pertandingan babak kedua akhirnya berakhir dengan skor imbang 1-1. Kedua tim ini pun harus melakoni babak extra time.

Di babak tambahan ini, kedua tim sama-sama kembali tak bisa mencetak gol. Pada akhirnya duel ini berlanjut ke babak adu penalti. Dan di sini tiga eksekutor Liverpool gagal menunaikan tugasnya berkat kesigapan Willy Caballero sementara di kubu City hanya satu eksekutornya yang gagal. The Citizen pun unggul 3-1 di babak ini.

Skuat City pun berhak mengangkat trofi juara Capital One Cup musim 2015-2016 ini.

Statistik Pertandingan:
Penguasaan bola: 61% - 39%
Shot (on goal): 16 (4) - 20 (7)
Pelanggaran: 18 - 15
Offside: 8 - 0
Kartu kuning: 5 - 5
Kartu merah: 0 - 0

Susunan Pemain:
Liverpool (4-2-3-1): Mignolet; Clyne, Lucas, Sakho (Kolo 25'), Moreno (Lallana 72'); Henderson (c), Can; Milner, Coutinho, Firmino (Origi 80'), Sturridge.

Manchester City (4-2-3-1): Caballero; Sagna (Zabaleta ET 91'), Kompany (c), Otamendi, Clichy; Toure, Fernando (Navas ET 91'); Fernandinho, Silva (ET Bony 109'), Sterling; Aguero.  (bola/dim)