FOLLOW US:


Inggris Minim Kreasi Peluang, Southgate: Kami Masih Terlihat Bagus, Kok

23-06-2021 06:34

 | Yaumil Azis

Inggris Minim Kreasi Peluang, Southgate: Kami Masih Terlihat Bagus, Kok
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. © AP Photo

Bola.net - Inggris menutup perjalanannya di fase grup Euro 2020 dengan kemenangan krusial atas Republik Ceko pada Rabu (23/6/2021) dinihari. Sayang, penampilan Harry Maguire dkk gagal membuat publik terkesima.

Sebagai informasi, Inggris keluar sebagai pemenang dalam laga yang dilangsungkan di Wembley Stadium tersebut dengan skor tipis 1-0. Satu-satunya gol yang tercipta pada pertandingan kali ini dicetak Raheem Sterling pada menit ke-12.

Secara keseluruhan, kedua tim sama-sama kesulitan dalam membongkar pertahanan. Hanya ada 12 tembakan yang tercipta di pertandingan kali ini, dan hanya empat di antaranya yang menemui sasaran.

Tidak heran kalau banyak orang kecewa dengan penampilan the Three Lions. Beberapa pengguna media sosial Twitter bahkan melabeli penampilan Inggris 'membosankan'.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Masih Terlihat Bagus

Southgate sendiri mengakui kalau tim asuhannya masih punya banyak kekurangan. Namun, ia juga menggarisbawahi kalau the Three Lions juga tampil selayaknya tim yang bagus di beberapa kesempatan dalam pertandingan tersebut.

"Republik Ceko adalah tim yang bagus. Mereka menggunakan bola dengan baik dan sangat sulit untuk dibongkar. Masih ada banyak hal yang bisa ditampilkan dari kami, itu sudah pasti," kata Southgate usai pertandingan kepada ITV Sports.

"Kami belum mencetak gol dari bola mati yang saya tahu kalau orang-orang akan tertawa jika kami mencetak gol dari situ. Gol dari bola mati itu krusial di pertandingan besar dan kami harus bisa mencetak gol dari sana," lanjutnya.

"Kami tidak fasih dalam bermain, tetapi kami memiliki saat-saat di mana kami terlihat bagus."

2 dari 2

Banyak Hal Positif

Satu hal yang patut dipuji dari Southgate pada pertandingan kali ini adalah keberaniannya. Ia menampilkan sejumlah nama yang tidak mendapatkan kesempatan tampil di pertandingan sebelumnya dalam laga sekrusial ini.

Kehadiran Jack Grealish dan Bukayo Saka menjadi angin segar dalam penampilan Inggris. Southgate juga memberikan menit bermain kepada Harry Maguire meski duet Tyrone Mings dan John Stones sudah padu di dua laga sebelumnya.

"Ada banyak hal dari apa yang kami lakukan. Kami memberikan menit bermain kepada banyak pemain. 90 menit untuk Harry Maguire itu penting. Jordan Henderson tampil selama 45 menit adalah sebuah kemajuan," pungkasnya.

Menurut bagan fase gugur yang telah ditentukan, Inggris dengan status juara grupnya akan bertemu runner-up Grup F. Artinya, mereka bisa melawan salah satu dari Prancis, Jerman, atau Portugal.

(ITV - via BBC Sport)