FOLLOW US:


Inilah 4 Tuntutan Fans MU dalam Protes Glazer Out

04-05-2021 10:00

 | Richard Andreas

Inilah 4 Tuntutan Fans MU dalam Protes Glazer Out
Situasi di luar Old Trafford. © AP Photo

Bola.net - Ribuan fans Manchester United melakukan demo besar-besaran dalam tuntutan mendesak Glazer meninggalkan klub. Akhir pekan lalu, sebagian fans MU bahkan sampai menduduki Old Trafford dan membuat pertandingan ditunda.

Protes fans MU ini sebenarnya disulut oleh kasus European Super League (ESL) lalu. Mereka sudah muak karena bertahun-tahun Glazer hanya mementingkan uang, bukan perkembangan klub.

Kasus ESL itu pula yang menyebabkan pengunduran diri Ed Woodward. Diduga, Ed Woodward kesal karena fans mulai mengusik kehidupan pribadinya.

Kini protes tersebut semakin panas, Glazer diminta menjual klub. Dalam kudeta Old Trafford pekan lalu, setidaknya ada 4 tuntutan fans MU. Apa saja?

1 dari 2

4 tuntutan fans MU

Kasus demo di Old Trafford kemarin benar-benar merusak nama besar MU. Seharusnya di hari itu ada laga Manchester United vs Liverpool, tapi pertandingan terpaksa ditunda.

Fans tidak puas hanya dengan permintaan maaf Glazer. Mereka melayangkan 4 tuntutan yang harus dipenuhi sebagai berikut:

  • Harus 'secara sukarela dan terbuka' mengikuti skema pengelolaan yang dipimpin fans sesuai dengan model pemerintah. Dengan ini, struktur kepemilikan akan lebih seimbang untuk mengutamakan fans.
  • Meminta klub segera menunjuk direktur independen untuk bertindak sebagai pengawas di antara dewan direksi dan Glazers sendiri.
  • Menginginkan skema saham yang dapat diakses oleh semua orang dan tidak ada perlawanan dari pemilik saat ini jika saham mereka berkurang jadi saham minoritas.
  • Menuntut komitmen untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan pemegang tiket musiman jika ingin membuat perubahan signifikan bagi masa depan klub.

2 dari 2

Gerakan MUST

Fans MU yang melakukan protes besar-besaran ini tergabung dalam Manchester United Supporters’ Trust (MUST). Mereka mewakili pandangan fans di seuruh dunia.

Meski saat ini situasinya lebih tenang, MUST Diduga akan beraksi lagi jika tidak ada respons apa pun dari Glazer.

Pasalnya, kecil kemungkinan empat tuntutan di atas dipenuhi MU. Glazer sudah bertahun-tahun terbukti bisa bertahan dari tekanan dan desakan fans.

Sempai saat ini pun belum ada tanda-tanda MU akan dijual dan belum ada petunjuk siapa yang sanggup membeli MU.

Sumber: Express