FOLLOW US:


Inovatif! Chelsea Bakal Undang Perwakilan Suporter ke Rapat Direksi Klub

05-05-2021 09:35

 | Ari Prayoga

Inovatif! Chelsea Bakal Undang Perwakilan Suporter ke Rapat Direksi Klub
Chelsea. © AP Photo

Bola.net - Raksasa Premier League, Chelsea mengumumkan rencana mereka untuk mengundang perwakilan suporter ke dalam rapat para direksi klub menyusul gelombang protes terkait European Super League beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Chelsea mendapat protes keras dari para pendukungnya usai mengumumkan keikutsertaan mereka di kompetisi tandingan bernama European Super League.

Setelah digempur protes sana-sini, Chelsea akhirnya memutuskan untuk membatalkan keikutsertaan mereka di European Super League. Hal yang sama dilakukan mayoritas klub peserta lainnya.

1 dari 2

Rencana Chelsea

Sebagai bentuk permintaan maaf dan komitmen mereka untuk menghargai keberadaan fans yang sangat penting, Chelsea pun berniat mengundang perwakilan suporter ke rapat direksi.

Berikut pernyataan yang dirilis Chelsea selengkapnya:

"Chelsea Football Club mengumumkan bahwa, mulai 1 Juli, akan ada suporter yang hadir di rapat dewan klub. Tiga penasehat suporter, yang dipilih melalui proses pemilihan dan seleksi, akan menghadiri rapat dewan untuk memastikan sentimen suporter umum dianggap sebagai bagian dari proses pengambilan keputusan klub,"

"Klub sekarang akan berkonsultasi dengan Forum Penggemar dan beberapa kelompok pendukung non-resmi untuk membahas proses yang diusulkan klub untuk memilih tiga penasihat pendukung. Kriteria nominasi serta seleksi akhir akan memastikan bahwa kehadiran suporter mewakili basis suporter kami secara umum dan inklusif dan beragam. Seleksi baru akan dilakukan sebelum dimulainya setiap musim,"

"Informasi lebih lanjut mengenai konsultasi ini akan dikomunikasikan langsung ke Forum Penggemar dan kelompok pendukung non-resmi lainnya dalam beberapa hari mendatang. Kandidat yang berhasil akan diminta untuk menandatangani perjanjian kerahasiaan, serupa dalam lingkup kewajiban kerahasiaan anggota dewan direksi Klub Sepak Bola Chelsea. Ini akan memungkinkan klub untuk berdiskusi dan mencari nasihat tentang berbagai hal,"

"Penasihat suporter tidak akan memiliki hak suara dan tidak akan berpartisipasi dalam pertemuan apa pun yang berkaitan dengan pemain, staf, akademi, dan hal-hal terkait. Penasihat pendukung akan menghadiri kira-kira empat pertemuan per tahun, dan lebih banyak lagi jika sesuai. Jika mereka berhasil menyelesaikan tahun ini, mereka berhak memilih badan amal yang terdaftar di Inggris untuk menerima sumbangan sebesar £2.500 dari klub."

2 dari 2

Respons Kelompok Suporter Chelsea

Kelompok Suporter Chelsea Suppoter's Trust (CST) pun memberikan sambutan hangat terhadap pengumuman keputusan The Blues untuk melibatkan mereka di rapat direksi klub.

Meski demikian, CST berharap kepada Chelsea untuk menjadikan undangan bagi suporter ini lebih dari sekadar keputusan simbolik saja.

Sumber: Chelsea FC