Ironi Nasib Erik ten Hag dan Ajax Amsterdam Usai Berpisah: Di Dasar dan di Puncak!

Asad Arifin | 15 Agustus 2022 10:59
Ekspresi Erik ten Hag pada laga MU vs Brighton di pekan ke-1 Premier League musim 2022/2023 (c) AP Photo

Bola.net - Erik ten Hag dan Ajax Amsterdam punya nasib yang berkebalikan pada awal musim 2022/2023. Jika Ten Hag berada di dasar klasemen, maka Ajax tetap perkasa dan memimpin klasemen Eredivisie dengan hasil sempurna.

Erik ten Hag pernah mengukir banyak cerita indah bersama Ajax Amsterdam. Pria berusia 52 tahun tersebut pernah bertugas sebagai pelatih Ajax pada periode Januari 2018 hingga Mei 2022 yang lalu.

Ten Hag memutuskan berpisah dengan Ajax begitu musim 2021/2022 usai. Ketika itu, Ten Hag mendapat tawaran dari Manchester United. Ten Hag menerima tawaran itu dan mencoba tantangan baru di Premier League.

Ditinggal Ten Hag, Ajax menunjuk Alfred Schreuder sebagai pelatih baru. Ajax bukan hanya ditinggal Ten Hag, akan tetapi juga sejumlah pemain bintang. Yuk simak nasib terbaru keduanya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 4 halaman

Ten Hag Terpuruk

Pelatih Manchester United, Erik ten Hag (c) AP Photo

Ada optimisme tinggi di kalangan fans United menyusul kedatangan Ten Hag. Apalagi, Ten Hag membawa banyak aspek baru dan menunjukkan kinerja bagus pada sesi pramusim. Namun, saat musim dimulai, hasil buruk yang didapat.

Ten Hag menandai debutnya sebagai manajer United dengan kekalahan 2-1 dari Brighton. Hasil ini terasa begitu menyakitkan bagi United dan Ten Hag. Sebab, kekalahan itu terjadi ketika laga digelar di Old Trafford.

Selanjutnya, situasi berjalan lebih buruk dari skenario awal. United kalah telak 4-0 saat berjumpa Brentford pada pekan ke-2 Premier League. Kali ini, United bukan hanya kalah, akan tetapi kalah telak.

Hasil tersebut membuat United berada di dasar klasemen Premier League. Setan Merah belum mendapat poin, kebobolan tujuh gol, dan hanya mencetak satu gol. Ten Hag memulai karier di United dengan sangat sulit.

2 dari 4 halaman

Ajax di Puncak

Ajax Amsterdam merayakan kemenangan atas Groningen pada pekan ke-2 Eredivisie 2022/2023 (c) Ajax official twitter

Ajax bukan hanya kehilangan Erik ten Hag. Mereka juga kehilangan Lisandro Martinez yang dibeli United. Lalu, ada Sebastien Haller (Dortmund), Ryan Gravenberch, Noussair Mazraoui (Bayern Munchen), dan Nicolas Tagliafico (Lyon).

Schreuder menandai debut di Ajax dengan hasil buruk, kalah 5-3 dari PSV pada laga Johan Cruyff Shield. Namun, selepas itu, Ajax kembali ke jalur yang besar ketika Eredivisie musim 2022/2023 dimulai.

Pada pekan pertama, Ajax menang dengan skor 3-2 melawan Fortuna Sittard. Lalu, akhir pekan lalu, Ajax menang besar dengan skor 6-1 melawan Groningen. Ajax kini berada di puncak klasemen Eredivisie, mencetak sembilan gol, dan kebobolan tiga gol.

3 dari 4 halaman

Pemain Baru

Lisandro Martinez, bek Manchester United (c) MUFC

Ajax memang kehilangan banyak pemain kunci. Namun, Ajax mampu mencari pemain yang tepat sebagai gantinya. Steven Bergwijn menjadi pembelian brilian. Eks Tottenham mencetak hattrick pada duel lawan Groningen.

Owen Wijndal yang dibeli dari AZ Alkmaar juga langsung menjadi pilihan utama di posisi bek kiri. Lalu, ada Lorenzo Lucca yang dibeli dari klub Serie B, Pissa, yang langsung nyetel dengan permainan Ajax.

Di sisi United, Martinez belum padu dengan Maguire atau Varane. Tyrell Malacia juga belum mendapat kepercayaan penuh untuk mengisi pos bek kiri. Sementara, Christian Eriksen belum mendapat dukungan yang tepat untuk bisa mencapai level terbaiknya.

Sumber: Bola

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR