FOLLOW US:


Josep Guardiola, Pelatih yang Mengubah Wajah Sepak Bola

11-02-2020 10:20

 | Richard Andreas

Josep Guardiola, Pelatih yang Mengubah Wajah Sepak Bola
Manajer Manchester City, Josep Guardiola © AP Photo

Bola.net - Josep Guardiola diyakini telah membawa dampak yang luar biasa untuk dunia sepak bola. Bos Manchester City ini mengubah banyak hal ketika pertama kali bekerja sebagai pelatih Barcelona beberapa tahun lalu.

Kala itu, Guardiola datang dengan taktik tiki-taka. Sempat diragukan, pola permainan itu ternyata membantu Barca mencapai puncak kejayaan mereka, dengan Lionel Messi, Xavi, dan Andres Iniesta sebagai bintang utama.

Tiki-taka memang tidak lagi relevan di era sekarang, tapi gaya bermain itu telah mengubah banyak hal. Terbukti, sekarang tidak banyak tim-tim yang mengandalkan serangan langsung melalui umpan lambung.

Apakah Guardiola sudah mengubah sepak bola? Baca halaman berikutnya ya, Bolaneters!

1 dari 2

Dampak Guardiola

Guardiola adalah salah satu dari sedikit pelatih spesial yang membawa pengaruh sangat besar untuk sepak bola. Mantan pemain Real Madrid, Jorge Valdano, menjamin bahwa Pep telah mengubah banyak hal lebih dari yang dia sadari.

"Tidak ada yang membawa pengaruh pada dunia sepak bola lebih besar dari Guardiola," buka Valdano kepada Tiempo via Goal internasional

"Sekarang tim divisi tiga mana pun bermain terbuka, menyerang, meminta bola dari belakang, dan memenuhi lini tengah untuk menciptakan keunggulan jumlah pemain."

2 dari 2

Modifikasi Guardiola

Menurut Valdano, dunia sepak bola yang sekarang sudah jauh berbeda dari belasan tahun yang lalu. Saat itu tim-tim yang bermain pragmatis dan spekulatif lebih mudah memenangi pertandingan.

"Sangat menarik bahwa kita tidak lagi bergerak dalam dinamika era lama, ketika tim yang sangat bagus bisa dikalahkan oleh tim dengan gaya bermain spekulatif," sambung Valdano.

"Sekarang Anda tidak akan melihat banyak tim yang menunggu diserang dan membuang bola ke depan."

"Ada tuntutan dalam pola permainan Guardiola, yang dengan cara tertentu telah memodifikasi tuntutan orang-orang untuk permainan sepak bola yang mereka lihat," tandasnya.

Sumber: Goal