Kalah dari Brentford, Pep Guardiola: Tim Terbaik yang Menang

Serafin Unus Pasi | 13 November 2022 00:12
Kalah dari Brentford, Pep Guardiola: Tim Terbaik yang Menang
Pep Guardiola menghibur pemain Man City usai tersingkir dari semifinal FA Cup 2021/22 (c) AP Photo

Bola.net - Manchester City harus mengalami kekalahan keduanya musim ini setelah dikalahkan Brentford dalam matchday ke-16 Premier League musim ini. Menanggapi kekalahan itu, Pep Guardiola mengakui bahwa Brentford jadi tim terbaik dalam laga tersebut.

Bermain di Etihad Stadium, Manchester City harus mengakui kekalahannya dari Brentford dengan skor tipis 2-1. Kekalahan dari Brentford merupakan kali pertama Manchester City kehilangan poin di kandang pada Premier League musim ini.

Pep Guardiola mengaku bahwa anak asuhnya sudah berjuang sejak awal dengan tampil mendominasi. Namun, Brentford yang memainkan umpan panjang dengan baik berhasil mengurai agresivitas permainan tim Pep Guardiola.

“Tim terbaik menang (Brentford), Kami berjuang dari awal dan Kami tidak bisa menangani umpan panjang mereka. Pertandingan itu sangat sulit, sangat ketat” ujar Pep kepada Match of The Day.

1 dari 3 halaman

Brentford Bertahan dengan Baik

Brentford Bertahan dengan Baik

Aksi William Saliba saat mencetak gol pertama Arsenal ke gawang Brentford di GTech Community Stadium, Minggu (18/09/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Kemenangan tim asuhan Thomas Frank atas Manchester City tidak lepas dari tangguhnya lini pertahanan Brentford. Manchester City yang menguasai laga dengan catatan 75 persen penguasaan bola dibuat frustasi oleh ketangguhan bek-bek Brentford.

Dalam laga tersebut Brentford memiliki statistik bertahan yang menawan dengan 11 tekel, sembilan intersep, dan 46 sapuan. Pelatih Manchester City pun mengakui ketangguhan bek-bek Brentford yang bertahan lebih dalam.

“Biasanya Anda menekan bola untuk memenangkannya, tapi ini berbeda. Mereka (Brentford) bertahan begitu dalam dan sangat baik,” ucap Pep menanggapi kekalahan dari Brentford.

2 dari 3 halaman

Umpan Panjang Brentford Penyebab Kekalahan Manchester City

Umpan Panjang Brentford Penyebab Kekalahan Manchester City

Selebrasi Ivan Toney (kanan) setelah mencetak gol untuk Brentford (c) AP Photo

Tak hanya kuat dalam bertahan, Brentford juga cukup baik dalam memainkan skema serangan balik melalui umpan-umpan panjang. Brentford berhasil mencatatkan 28 umpan panjang sukses yang mana satu di antaranya berbuah gol.

Tentu saja kemenangan Brentford bukan tanpa strategi yang matang. Menurut Pep, Brentford sudah menyiapkan strategi yang bagus dengan umpan-umpan panjang untuk melumpuhkan permainan tim asuhnya.

“Mereka melakukannya dengan sangat baik dalam rencana mereka dan mereka lebih baik (dari Manchester City). Kami tidak memiliki dinamika hari ini karena Kami didikte oleh umpan-umpan panjang, itulah yang membuat Kami kalah,” sambung Pep.

3 dari 3 halaman

Pep Guardiola: Kami akan Kembali dan Bersiap untuk Paruh Kedua

Pep Guardiola: Kami akan Kembali dan Bersiap untuk Paruh Kedua

Manajer Manchester City musim 2021/2022, Pep Guardiola (c) AP Photo

Kekalahan dari Brentford di kandang tentu saja bukanlah penutup yang baik jelang Piala Dunia 2022. Kekalahan ini juga membuat posisi Manchester City untuk mengejar Arsenal di puncak klasemen sementara semakin sulit.

Meskipun kalah secara memalukan, Pep Guardiola tetap mengapresiasi apa yang dilakukan anak asuhnya musim ini. Pep juga akan mempersiapkan timnya dengan lebih baik untuk mengarungi paruh kedua Premier League.

“Kami telah melakukan hal yang luar biasa di Liga Champions dan juga Premier League. Kami akan kembali dan bersiap untuk paruh kedua musim ini,” ia menandaskan

Sumber: BBC dan Sofascore

Penulis: Ahmad Daerobby

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR