FOLLOW US:


Kalahkan Lionel Messi, Virgil van Dijk Kandidat Kuat Peraih Ballon d'Or

03-06-2019 23:00
Kalahkan Lionel Messi, Virgil van Dijk Kandidat Kuat Peraih Ballon d'Or
Virgil van Dijk usai membobol gawang Newcastle © AP Photo

Bola.net - Virgil van Dijk mungkin tengah menjalani musim terbaiknya di level personal dan di level tim. Dia membantu Liverpool menjuarai Liga Champions dan meraih posisi runner-up Premier League 2018/19.

Kehadiran Van Dijk sangat penting untuk Liverpool. Berkat dia, pertahanan The Reds meningkat jadi lebih kuat. Liverpool tak pernah kalah di liga musim ini, dan mencatatkan clean sheets terbanyak.

Kehebatan Van Dijk terletak pada konsistensinya. Dia terus tampil stabil sepanjang musim. Alhasil, Van Dijk mendapatkan penghargaan pemain terbaik Premier League musim ini, juga pemain terbaik di final Liga Champions.

Performa menonjol di Liverpool sepanjang musim itu membuatnya berada di barisan terdepan dalam persaingan merebut Ballon d'Or. Sudah lama bek tengah tidak meraih penghargaan tersebut, dan performa Van Dijk musim ini pantas mendapatkannya.

Mantan pelatih Manchester United,Jose Mourinho mengakui kekuatan Van Dijk. Lionel Messi tetap masuk hitungan, tetapi peran Van Dijk sangatlah krusial.

"Saya kira Van Dijk, mengapa bukan bek?" ujar Mourinho kepada RT Sport soal siapa yang bisa meraih Ballon d'Or.

"Dia tidak menjuarai Premier League meski menjadi pemain terbaik, atau setidaknya dinilai sebagai pemain terbaik. Namun, jika Belanda berhasil mengalahkan Portugal dan jadi juara [UEFA Nations League] - trofi kecil, tapi tetap trofi - itu bisa berpengaruh."

1 dari 1

Mungkin

Komentar Mourinho diamini oleh mantan pemain Liverpool, John Barnes. Menurutnya, pencapaian Van Dijk seharusnya dinilai lebih hebat dari Lionel Messi, mengingat dia terus tampil konsisten selama 10 bulan bersama Liverpool.

"Sangat mungkin [Van Dijk meraih Ballon d'Or]. Umumnya, ketika anda melihat pemenang Ballon d'Or, mereka entah gelandang serang atau penyerang tengah. Mereka adalah pencetak gol dan pemain yang mudah diingat," buka Barnes kepada talkSPORT.

"Namun, belum ada tipe pemain-pemain seperti itu yang benar-benar bersinar musim ini. Jadi, dari sudut pandang konsistensi dan kesuksesan, bagi saya, Van Dijk bakal jadi pemenang."