FOLLOW US:


Kalahkan Mourinho dengan 3-4-3, Frank Lampard Jiplak Sistem Antonio Conte?

23-12-2019 12:58

 | Asad Arifin

Kalahkan Mourinho dengan 3-4-3, Frank Lampard Jiplak Sistem Antonio Conte?
Ekspresi Frank Lampard pada laga melawan Tottenham. Chelsea menang dengan skor 0-2 atas klub asuhan Jose Mourinho, Minggu (22/12/2019). © AP Photo

Bola.net - Manajer Chelsea, Frank Lampard dengan tegas membantah klaim Jose Mourinho bahwa dia menduplikasi sistem milik Antonio Conte. Frank Lampard mampu mengalahkan Mourinho dengan racikan taktik yang dibuat sendiri.

Chelsea mengalahkan Tottenham pada laga pekan ke-18 Premier League, Minggu (22/12/2019) malam WIB. Pada laga di Tottenham Hotspur Stadium tersebut, The Blues menang dengan skor 0-2.

Dua gol Chelsea diborong pemain asal Brasil, Willian. Gol pertama dicetak pada menit 12 dari sepakan melengkung yang indah. Gol kedua terjadi dari eksekusi penalti pada menit ke-45.

Chelsea kini tercatat sebagai tim pertama yang mengalahkan Tottenham di kandangnya pada era Jose Mourinho. Chelsea pun kian kokoh berada di posisi keempat klasemen Premier League dengan 32 poin.

1 dari 2

Frank Lampard Bantah Tiru Sistem Conte

Pasca dikalahkan Chelsea, Jose Mourinho menyebut Frank Lampard telah meniru sistem yang diterapkan Antonio Conte saat melatih Chelsea. Namun, klaim manajer asal Portugal itu langsung dibantah Frank Lampard.

"Cara kami memainkannya dan pesan yang saya berikan berbeda," kata Lampard dikutip dari situs resmi Chelsea.

"Ini lebih ke dapatkah ini menjadi sistem yang membantu kami bertahan dan melawan Tottenham, dengan cara mereka bermain? Itu adalah pilihan saya untuk memainkannya, bukan karena para pemain memahaminya. Para pemain menerapkan rencana dengan sangat baik, seperti yang kita semua lihat," katanya.

Pada laga melawan Tottenham, Chelsea memang tampil beda. Frank Lampard turun dengan memakai formasi 3-4-3. Formasi ini jarang dipakai pada era Frank Lampard yang lebih identik dengan formasi 4-2-3-1 sejak masih di Derby County.

Formasi 3-4-3 memang tidak asing bagi sejumlah pemain Chelsea karena dua musim lalu dipraktikkan secara reguler oleh Antonio Conte.

2 dari 2

Manfaatkan Lebar Lapangan

Manfaatkan Lebar Lapangan
Pemain Chelsea Antonio Rudiger, Kurt Zouma dan Fikayo Tomori. © AP Photo

Dengan formasi 3-4-3, maka Frank Lampard punya pemain lebih di sisi lapangan. Baik ketika menyerang atau bertahan. Menurut Frank Lampard, cara ini paling efektif untuk meredam gaya bermain Tottenham yang sangat kompak ketika bertahan.

"Punya bek tengah tambahan memberi Anda elemen perlindungan terhadap hal itu [serangan Tottenham], khususnya dengan bek tengah atletis yang kami miliki. Mereka tidak pernah bisa melewatinya."

"Tetapi faktor terpenting dalam pemikiran saya adalah apa yang dapat diberikan pada serangan kami, dalam hal mengendalikan penguasaan bola. Tottenham bertahan cukup kompak, kami harus menggunakan lebar lapangan dan bek sayap membantu Anda melakukan itu," jelas Frank Lampard.

Sumber: Chelsea