FOLLOW US:


Karena Statistik Ini, De Gea jadi Kiper Terburuk Premier League

23-09-2019 10:01

 | Afdholud Dzikry

Karena Statistik Ini, De Gea jadi Kiper Terburuk Premier League
David de Gea saat lawan West Ham di Premier League 2019-2020. © AP Photo

Bola.net - Kiper Manchester United, David de Gea mendapatkan banyak kritikan terkait performanya di awal musim ini. Terbaru, kritikan datang setelah The Red Devils kalah dari West Ham di lanjutan Premier League akhir pekan lalu.

Tandang ke London Stadium, markas West Ham, Manchester United memiliki misi untuk melanjutkan tren kemenangan mereka setelah sebelumnya meraih dua kemenangan beruntun. Usai mengalahkan Leicester City dengan skor tipis 1-0, MU juga mampu menang dengan skor yang sama saat menjamu Astana di Liga Europa.

Namun harapan tinggal harapan. Alih-alih mencuri poin di London Stadium, tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer tersebut justru dibuat malu. Dua gol ke gawang David de Gea lewat aksi Andriy Yarmolenko dan freekick Aaron Cresswell.

Usai kekalahan itu, sorotan pun datang kepada David de Gea. Kiper asal Spanyol tersebut memiliki statistik yang membuatnya kini menjadi kiper terburuk Premier League delapan tahun terakhir.

1 dari 2

Statistik Buruk De Gea

Seperti dilansir Opta, gol yang diciptakan oleh Aaron Cresswell pada menit ke-84 adalah gol ke-12 yang bersarang ke gawang De Gea dari tendangan bebas langsung. Catatan itu adalah terburuk dibandingkan kiper lain di Premier League sejak musim 2011-2012.

"Sejak dimulainya musim 2011-2012, David de Gea telah kebobolan lebih banyak gol di Premier League dari tendangan bebas langsung daripada kiper lainnya (12)" tulis Opta Joe di akun Twitter mereka.

Kelemahan nyata dari kiper 28 tahun tersebut terjadi hanya kurang dari sepekan setelah ia menandatangani kontrak baru bersama Setan Merah. The Guardian mengklaim bahwa kiper Spanyol itu mendapatkan kontrak baru berdurasi empat tahun dan kesepakatan gaji senilai 350ribu poundsterling.

Beberapa fans Manchester United mungkin mencoba untuk memberikan pembelaan kepada kiper idola mereka ini dengan menyebut bahwa De Gea adalah kiper terlama di periode itu.

Namun, kiper seperti Hugo Lloris dan juga kiper Watford, Ben Foster juga masih aktif hingga sekarang, dan catatan kebobolan keduanya lewat tendangan bebas langsung masih lebih baik daripada De Gea.

Ketidakmampuan De Gea dalam menghentikan tembakan yang datang dari luar kotak penalti seharusnya membuat Ole Gunnar Solskjaer khawatir. Pasalnya, ini adalah area krusiasl yang harusnya bisa dikomando dan diantisipasi oleh seorang kiper dengan lebih baik.

2 dari 2

Manchester United yang Pasang Surut

Kekalahan dari West Ham tersebut semakin menegaskan bahwa Manchester United tak bisa konsisten dalam performa mereka. Setelah performa mereka sempat membaik setelah mengalahkan Leicester 14 September lalu, kini di London Stadium Setan Merah justru kembali kalah.

Dengan hasil tersebut, Manchester United kini hanya mampu meraih dua kemenangan dari enam laga awal Premier League. Sisanya, Jesse Lingard dkk meraih dua kali seri dan dua kali kalah serta tertahan di posisi delapan klasemen Premier League.

Di pertandingan selanjutnya, Manchester United akan kedatangan lawan tangguh Arsenal di lanjutan Premier League. Pertandingan seru ini akan digelar di Old Trafford pada 01 Oktober 2019 mendatang.