FOLLOW US:


Ketika Manchester United 'Alergi' Melawan Big Six: 71 Shots Hanya 1 Gol Lewat Penalti

01-03-2021 11:09

 | Asad Arifin

Ketika Manchester United 'Alergi' Melawan Big Six: 71 Shots Hanya 1 Gol Lewat Penalti
Ole Gunnar Solskjaer memberikan instruksi kepada pemain Manchester United © AP Photo

Bola.net - Hasil imbang melawan Chelsea menjadi bukti bahwa Manchester United punya 'alergi' melawan big six. Bukan hanya tak pernah menang, United juga hanya mencetak satu gol dari tujuh laga.

United berjumpa Chelsea pada laga pekan ke-26 Premier League, Minggu (28/2/2021) malam WIB. Duel di Stamford Bridge berakhir dengan skor 0-0.

Hasil tersebut menjadi catatan buruk bagi United. Sebab, mereka kini tertinggal 12 poin dari Manchester City yang menguasai klasemen. Sedangkan, Chelsea terus melaju tanpa kekalahan di bawah kendali Thomas Tuchel.

1 dari 4

Alergi

Premier League mengenal istilah big six untuk menyebut enam tim yang secara tradisional berada di enam besar klasemen. Selain United, komposisi big six adalah Man City, Liverpool, Arsenal, Chelsea, dan Tottenham.

United punya peruntungan buruk saat berjumpa lawan-lawan di atas. Sebab, United belum pernah menang dari tujuh laga yang sudah dimainkan. Beberapa tim sudah dihadapi dua kali dan ada yang baru sekali.

United dua kali kalah dan lima kali imbang. Poin yang didapat hanya lima.

Bukan hanya kesulitan menang, United juga kesulitan mencetak gol. Satu-satunya gol United lawan big six tercipta dari titik putih, ketika United kalah dengan skor 1-6 dari Tottenham di Old Trafford.

Dikutip dari Squawka, gol penalti Bruno Fernandes menjadi satu-satunya gol United dari 71 shots yang dilepas melawan tim big six. Fenomenam menarik karena United hingga pekan ke-26 menjadi tim paling produktif di Premier League [53 gol].

2 dari 4

Performa Pertahanan

Performa Pertahanan
Chelsea vs Manchester United. © AP Photo

Lini depan United melempem saat berjumpa big six, lalu bagaimana dengan performa lini belakang?

Satu catatan merah didapat tim racikan Ole Gunnar Solskjaer saat berjumpa Tottenham di awal musim. Mereka kebobolan enam gol dan tampil sangat buruk. Namun, setelah itu, United mampu tampil lebih baik.

United mencatatkan lima kali cleansheet melawan big six, dua kali lawan Liverpool. Tentu saja ini capaian yang cukup bagus karena didapat United ketika The Reds masih berada di level terbaiknya.

United juga mencatat dua laga nirbobol saat berjumpa Chelsea, di Stamford Bridge dan Old Trafford.

3 dari 4

Apa Kata Solskjaer?

Khusus untuk laga melawan Chelsea di pekan ke-26 Premier League, Ole Gunnar Solskjaer punya alibi mengapa United gagal tampil impresif. Dia menilai lini depan United tidak cukup bagus pada umpan akhir untuk menciptakan situasi bahaya.

"Kami tidak memiliki tingkat operan yang tepat, tidak cukup kualitas pada bagian akhir dalam empat atau lima breakaway bagus yang kami lakukan di babak kedua," kata Solskjaer.

Sementara, soal capaian nirbobol yang kembali dicatat United saat berjumpa big six, Solskjaer cukup puas. Dia menilai pemain di lini belakang telah tampil bagus dan menunjukkan sikap yang tepat.

"Kami tidak memberikan apa pun, yang sangat memudahkan lawan [untuk mencetak gol]," kata manajer 48 tahun usai laga melawan Chelsea.

4 dari 4

Hasil Manchester United Lawan Big Six

  • 04/10/20 Manchester United 1 - 6 Tottenham
  • 24/10/20 Manchester United 0 - 0 Chelsea
  • 01/11/20 Manchester United 0 - 1 Arsenal
  • 13/12/20 Manchester United 0 - 0 Manchester City
  • 17/01/21 Liverpool 0 - 0 Manchester United
  • 31/01/21 Arsenal 0 - 0 Manchester United
  • 28/02/21 Chelsea 0 - 0 Manchester United

Sumber: Squawka, ManUtd.com