FOLLOW US:


Kok Boleh? Salah Masih Positif COVID-19 Tapi Sudah OTW Balik ke Inggris

20-11-2020 18:48

 | Dimas Ardi Prasetya

Kok Boleh? Salah Masih Positif COVID-19 Tapi Sudah OTW Balik ke Inggris
Mohamed Salah merayakan gol kemenangan Liverpool atas Leeds United, Sabtu (12/9/2020) © Pool Getty via AP Photo

Bola.net - Mohamed Salah dan juga Mohamed Elneny diterbangkan kembali ke Inggris dengan pesawat meski saat ini statusnya masih positif terinfeksi virus corona COVID-19.

Salah sebelumnya balik ke Mesir di jeda internasional kemarin. Ia harusnya bermain membela The Pharaohs melawan Togo di kualifikasi Piala Afrika.

Namun Salah kemudian dinyatakan positif terjangkit virus corona COVID-19 pada hari Jumat. Ia harus menjalani isolasi diri di sebuah hotel.

Tes kedua yang ia jalani juga menunjukkan ia masih positif. Salah kemudian menjalani tes lagi pada hari Rabu kemarin dan lagi-lagi hasilnya tetap belum berubah.

Salah pun kemudian dikabarkan harus menjalani masa karantina sampai hari Senin (23/11/2020) mendatang. Saat itu ia akan dites lagi.

Setelah Salah, PSSI-nya Mesir yakni EFA mengumumkan Mohamed Elneny juga dipastikan positif terinfeksi virus corona COVID-19. Mereka mengumumkannya pada hari Selasa.

1 dari 2

Salah dan Elneny Balik ke Inggris

Mohamed Salah dan Mohamed Elneny saat ini jelas masih berstatus positif mengidap virus corona COVID-19. Akan tetapi mereka berdua justru diperbolehkan balik ke Inggris.

Salah dan Elneny akan balik ke Inggris dengan menggunakan pesawat khusus. Pesawat itu memiliki fasilitas medis khusus untuk mengangkut pasien penderita corona COVID-19. Setelah tiba di Inggris, mereka akan tetapi menjalani isolasi selama sekitar 10 hari.

"Salah dan Mohamed Elneny, bintang-bintang tim nasional profesional di Inggris, akan melakukan perjalanan besok [Jumat, 20 November 2020] dari bandara Hurghada dengan pesawat pribadi yang dilengkapi dengan peralatan medis, berharap kasus mereka akan segera berubah negatif dan dapat kembali berpartisipasi dengan kedua timnya di pertandingan berikutnya."

"Federasi sepak bola Mesir terus melakukan kontak dan koordinasi dengan kedua klub sejak masing-masing dari mereka terinfeksi virus Corona, dan komunikasi dilakukan melalui Kapten Mohamed Fadl, seorang anggota komite lima tahun yang bertugas mengelola urusan Federasi di tingkat administrasi, dan Dr. Muhammad Abu Al-Ela, dokter tim nasional di tingkat medis, sementara kedua pemain menjalani tes swab baru untuk masing-masing." Demikian pernyataan dari pihak EFA.

2 dari 2

Alasan Kenapa Salah dan Elneny Balik ke Inggris

Alasan Kenapa Salah dan Elneny Balik ke Inggris
Mohamed Elneny © Pool AFP via AP Photo

Pihak EFA tak membeberkan mengapa Mohamed Salah dan Mohamed Elneny tak melanjutkan proses karantina di Mesir. Dr. Muhammad Abu Al-Ela kemudian memberikan sedikit jawaban mengapa keduanya balik ke Inggris.

Ia mengatakan keduanya diminta balik oleh klubnya masing-masing yakni Liverpool dan Arsenal.

“Untuk sekarang, jika tes swab pemain negatif dan sinar-X dada kembali bersih, mereka dapat kembali ke lapangan. Itu sebabnya Arsenal dan Liverpool meminta kembalinya pemain mereka," tuturnya.

Mohamed Salah sendiri dipastikan absen membela Liverpool melawan Leicester City. Sementara itu Mohamed Elneny absen saat Arsenal duel lawan Leeds United.

(EFA)