Lebih Tua dari Erik Ten Hag dan Pernah Latih Timnas Inggris, Apa Tugas Steve McClaren di MU?

Asad Arifin | 18 Mei 2022 13:33
Steve Mcclaren (c) AFP

Bola.net - Nama Steve McClaren disebut bakal jadi asisten Erik ten Hag di Manchester United. Menariknya, di masa lalu, dia pernah jadi pelatih kepala untuk Ten Hag dari sisi usia jauh lebih tua dari calon bosnya itu.

Erik ten Hag telah memulai tugasnya di United. Ten Hag telah bertemu dengan direksi United dan Ralf Rangnick yang akan memainkan peran sebagai konsultan. Rencana musim 2022/2023 mulai disusun oleh Ten Hag.

Sebelum berjibaku mendapatkan pemain baru, Ten Hag lebih dulu memastikan mendapat partner kerja yang tepat. Mitchell van der Gaag sudah menerima tawaran untuk menjadi asisten Ten Hag di United. Satu nama lain bakal menyusul.

Satu nama itu adalah Steve McLaren. Bagi publik sepak bola Inggris, McLaren bukan sosok yang asing. Dia punya reputasi yang bagus dan pernah melatih Timnas Inggris. Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Apa Tugas McLaren di MU?

Ten Hag dan McLaren pernah bekerjasama di Twente dan meraih gelar Eredivisie. McLaren sebagai pelatih kepala dan Ten Hag asisten. McLaren (61) lebih tua dari Ten Hag (52) dan pernah melatih Timnas Inggris.

McLaren punya rekam jejak mentereng untuk sekadar jadi asisten bagi Ten Hag. Lantas, mengapa dan apa pentingnya peran McLaren sebagai tangan kanan Ten Hag di United?

"McLaren bakal menjadi bahu untuk bersandar, orang yang dapat memberikan nasihat pada waktu yang tepat, mungkin juga mata dan telinga. Menilai McLaren dari jejaknya sebagai manajer beberapa tahun terakhir tak relevan," ucap eks pemain United, Rio Ferdinand.

"Apa yang Anda dapat dari McLaren adalah penggemar sepak bola, cinta sepak bola, sangat antusias, dan teliti. Dia sangat detail, bukan hanya aspek teknis tapi mental, dan dia tahu United butuh apa itu menang," tegas Ferdinand.

2 dari 3 halaman

Sudah Saling Kenal

McLaren dan Ten Hag sudah mengenal dengan baik. McLaren juga mengenal United dengan baik. McLaren pernah jadi bagian dari tim pelatih United era Sir Alex Ferguson. McLaren turut membantu United meraih trebel pada musim 1999/2000. Jadi, McLaren bisa membimbing Ten Hag di United.

"Saya pikir dia akan menjadi tambahan yang bagus. McLaren akan mengarahkan Ten Hag ke jalan yang benar di United," kata Ferdinand.

"Jadi, ketika Anda benar-benar datang ke United, butuh waktu untuk membiasakan diri. Jadi, penting untuk mendapatkan sedikit bantuan dengan cepat (dari orang yang memahami klub). Saya pikir ini adalah keputusan yang tepat," tutup eks bek Timnas Inggris tersebut.

Sumber: YouTube FIVE

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR