FOLLOW US:


Lini Tengah Liverpool yang Sekarang Tak Perlu Diutak-atik

11-10-2019 21:12

 | Dimas Ardi Prasetya

Lini Tengah Liverpool yang Sekarang Tak Perlu Diutak-atik
Selebrasi pemain Liverpool usai Trent Alexander-Arnold bobol gawang Chelsea. © AP Photo

Bola.net - Emile Heskey menyebut lini tengah Liverpool yang sekarang ini tak perlu diutak-atik meski tak bisa menyumbangkan banyak gol atau assist.

Liverpool dikenal sebagai tim yang memiliki lini serang yang menakutkan. Prestasi mereka tak lepas dari ketajaman Mohamed Salah, Sadio Mane dan Roberto Firmino.

Ketiga pemain itu sendiri bisa mencetak banyak gol berkat bantuan pemain lain. Khususnya dari duo bek sayapnya yakni Andrew Robertson dan Trent Alexander-Arnold.

Sementara itu pemain di lini tengah tak banyak memberikan kontribusi dalam menyerang. Mereka tak menghasilkan banyak gol atau pun assist.

Maka dari itu, tak sedikit fans yang kemudian berharap Jurgen Klopp mendatangkan gelandang baru yang kreatif, khususnya untuk mengisi posisi yang sebelumnya ditinggalkan oleh Philippe Coutinho. Gelandang itu diharap bisa meningkatkan asupan gol maupun assist dari lini tengah.

1 dari 2

Tak Perlu Diubah

Heskey paham bahwa ada fans yang menginginkan agar Jurgen Klopp mendatangkan gelandang baru yang kreatif. Ia juga paham bahwa gelandang baru itu disebut dibutuhkan agar mengurangi beban trio lini serang.

Akan tetapi menurut Heskey, Klopp tak perlu mengubah apa pun di lini tengahnya. Sebab mereka didesain untuk menjaga keseimbangan tim dan juga agar Robertson dan Trent bisa leluasa bergerak maju.

“Satu-satunya kekhawatiran Liverpool adalah lini tengah mereka tidak menyumbangkan cukup gol. Tim sangat bergantung pada tiga pemain di depan untuk mencetak dan memberikan assist untuk sebagian besar gol, yang mungkin ingin ditangani oleh Klopp," ujarnya pada Bwin.

“Ketika Anda melihat tiga pemain di lini tengah City, ada banyak gol dan assist di sana, yang sedikit membebaskan tiga penyerang di lini depan. Dengan mendatangkan pemain sejenis itu, Liverpool bisa mengambil risiko kehilangan keberanian yang saat ini mereka miliki di lini tengah," cetusnya.

"Tiga pemain di sana bekerja sangat keras untuk menutup ruang di seluruh lapangan dan memberikan [Trent] Alexander-Arnold dan [Andy] Robertson lisensi untuk menyerang," seru Heskey.

2 dari 2

Siap Main di Mana Saja

Klopp sendiri tak perlu repot untuk mencari gelandang anyar yang jago assist. Sebab ia sudah punya Trent.
Pemain berusia 20 tahun itu memang dimainkan di pos bek kanan. Akan tetapi ia siap main di posisi mana saja demi Liverpool.

"Jelas, yang pertama dan terutama, saya adalah seorang bek. Lalu, saya berusaha membantu tim menciptakan peluang," serunya belum lama ini.

"Sekarang manajer memutuskan saya sebagai bek kanan. Di situlah saya bermain. Saya tidak benar-benar memusingkan posisi di lapangan, saya hanya ingin bermain sepak bola," tegasnya.

"Jika manajer memutuskan menurunkan saya di lini tengah, atau sebagai bek tengah, atau striker, di sanalah saya akan bermain," serunya.

Liverpool saat ini unggul delapan poin dari Manchester City di puncak klasemen Premier League. Setelah jeda internasional nanti, pada pekan ke-12 EPL, mereka akan ditantang oleh Manchester United di Anfield.

(bwin)