FOLLOW US:


Man United vs Liverpool: Siapa Pemain yang Berpergian & Bermain Paling Sering di Jeda Internasional

18-10-2019 02:04

 | Dimas Ardi Prasetya

Man United vs Liverpool: Siapa Pemain yang Berpergian & Bermain Paling Sering di Jeda Internasional
Duel Man United vs Liverpool di Old Trafford, Minggu (24/0219). © AP

Bola.net - Manchester United akan menjamu Liverpool di Old Trafford pada akhir pekan ini di matchday sembilan Premier League, akan tetapi ada kekhawatiran sejumlah pemain kedua tim itu dalam kondisi kelelahan.

Sebelum laga ini dihelat, ada sejumlah pemain yang harus membela negaranya masing-masing pada jeda internasional kemarin. Ada yang harus menunaikan melakoni laga resmi dan ada juga yang ikut uji coba.

Mereka yang bermain di laga resmi adalah para pemain Eropa. Sebab ada dua laga Kualifikasi Euro 2020 yang harus dijalani negara-negera di Benua Biru itu.

Ada juga negara yang melakoni uji coba seperti Brasil dan Argentina. Skuat Samba bahkan harus menjalani uji coba di Singapura.

1 dari 3

Berpergian Paling Jauh

Jeda internasional ini sendiri tampaknya cukup merugikan Liverpool. Sebab menurut laporan dari Sky Sports, sejumlah pemain mereka harus terbang hingga 66,553 ribu mil jauhnya.

Jumlah itu tiga kali lipat dari jumlah yang harus ditempuh para pemain Man United. Para pemain Liverpool ini bisa saja mengalami jet lag.

Selain itu, kontingen pemain Liverpool secara kolektif bermain 1.121 menit untuk tim nasional mereka. Sementara itu skuat Setan Merah hanya bermain selama 913 menit.

Fabinho dan Roberto Firmino menghadapi rekan setimnya Sadio Mane ketika Brazil dan Senegal bermain imbang 1-1 di Singapura. Ini adalah destinasi yang yang paling jauh. Firmino sendiri mencetak gol di laga itu dan Mane memenangkan penalti yang menyamakan kedudukan.

Divock Origi juga menempuh jarak yang cukup untuk bertugas. Ia duduk di bangku cadangan saat kemenangan 9-0 Belgia atas San Marino di tanah kelahirannya, sebelum menghabiskan 90 menit di pinggir lapangan dalam kemenangan 2-0 di Kazakhstan.

2 dari 3

Main Paling Sering

Ada lima pemain Liverpool yang terlibat secara penuh dalam dua laga yang dijalani negaranya pada jeda internasional kemarin. Mereka adalah Jordan Henderson (Inggris), Georginio Wijnaldum, Virgil van Dijk (keduanya dari Belanda), Andy Robertson (Skotlandia) dan Dejan Lovren (Kroasia).

Untuk United, hanya Harry Maguire (Inggris) dan Daniel James (Wales) yang bermain setiap menitnya, dengan yang terakhir tampaknya menderita gegar otak dalam hasil imbang 1-1 dengan Slovakia.

Secara total, empat pemain tidak bermain sama sekali di jeda internasional kemarin. Mereka adalah Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez dan Origi untuk Liverpool, dan Tahith Chong untuk United.

Sementara itu striker Man United yakni Marcus Rashford juga ikut bermain saat Inggris bermain lawan Republik Ceko dan Bulgaria. Ia main sebagai pemain pengganti lawan Ceko dan sebagai starter namun tak bermain 90 menit di markas Bulgaria.

3 dari 3

Siapa yang Cedera

Daniel James diragukan bisa tampil karena cedera kepala yang dialaminya. Sejumlah bintang United lainnya dikesampingkan karena cedera, tetapi Anthony Martial, Aaron Wan-Bissaka, Luke Shaw, Jesse Lingard, Mason Greenwood dan Phil Jones semuanya diharap bisa fit.

Sementara Paul Pogba dipastikan absen. Demikian juga dengan David De Gea yang mengalami cedera di laga Spanyol vs Swedia.

Di sisi lain, Liverpool akan bisa memainkan Alisson Becker yang sudah pulih usai mengalami cedera betis. Joel Matip sudah berlatih lagi dan kemungkinan bakal fit untuk main di Old Trafford.

 (c) sky sports
(c) sky sports

 (c) Sky Sports
(c) Sky Sports

Jadi akankan Liverpool akan merasa lelah saat menghadapi Manchester United dengan penyerang utamanya yakni Firmino dan Mane secara kolektif mengumpulkan lebih dari 27.000 mil udara sendiri, sementara pemain inti lainnya seperti Henderson, Wijnaldum, Robertson dan Van Dijk tampil penuh dalam dua pertandingan di jeda internasional kemarin?

(Sky Sports)