Manchester United dan Striker Muda: Banyak Gak Jodohnya!

Asad Arifin | 2 Agustus 2022 15:08
Manchester United dan Striker Muda: Banyak Gak Jodohnya!
Skuat Manchester United memberikan selamat atas Tahith Chong usai mereka mencetak gol keempat melawan Melbourne Victory, Jumat (15/7/2022) (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United dikabarkan mengincar striker anyar untuk menghadapi musim 2022/2023. The Red Devils dirumorkan akan memboyong striker RB Salzburg, Benjamin Sesko.

Tidak jelasnya masa depan Cristiano Ronaldo di Old Trafford menjadi alasan MU mengincar striker baru. Sesko dinilai akan menjadi pengganti yang cukup baik seandainya Ronaldo hengkang.

Sesko yang masih berusia 19 tahun juga dinilai sebagai striker jangka panjang Manchester United. Walau masih belia, Sesko membuktikan kapasitasnya dengan mencetak 12 gol dan 8 assist dari 39 pertandingan bersama RB Salzburg.

Namun, usia membuat banyak pihak meragukan karier Sesko di Manchester United. Pasalnya striker usia muda masih minim pengalaman dan belum kuat secara mental untuk bertarung di Premier League.

Selain karena tekanan tinggi, Manchester United juga punya rekam jejak yang kurang baik dengan striker-striker muda. Siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.

1 dari 6 halaman

Anthony Martial

Anthony Martial

Ekspresi Anthony Martial usai membobol gawang Liverpool, Selasa (13/7/2022) (c) MUFC Official

Martial didatangkan Manchester United pada musim 2015/2016 dari AS Monaco. Saat itu Martial yang berusia 19 tahun ditebus dengan mahar 60 juta euro.

Martial sempat bermain cukup baik di musim pertamanya dengan mencetak 17 gol dan 10 assist dari 49 laga. Namun, musim-musim selanjutnya, Martial bermain buruk terutama kala MU di bawah asuhan Jose Mourinho.

Masa depan Martial di United bahkan sempat berada di ujung tanduk pada musim 2021/2022 lalu. Ia sempat dipinjam Sevilla selama setengah musim sebelum akhirnya kembali membela Manchester United musim ini.

2 dari 6 halaman

Javier Hernandez

Javier Hernandez

Javier Hernandez (c) AFP

Nama Javier Hernandez mungkin terdengar asing di telinga. Pemain timnas Meksiko ini memang lebih dikenal dengan nama panggung Chicharito.

Chicharito pernah membela Manchester United selama lima musim sejak tahun 2010. Chicharito didatangkan MU dengan mahar 7,5 juta euro dari klub Meksiko, Chivas. Ketika itu, usianya baru 22 tahun.

Chicharito sempat tampil baik di awal musimnya bersama Manchester United dengan torehan 20 gol dari 45 pertandingan. Namun lambat laun performanya menurun hingga sempat dipinjamkan ke Real Madrid pada musim 2014/2015.

Penampilan yang tak kunjung baik membuat Chicharito dijual MU ke Bayer Leverkusen pada musim 2015/2016 seharga 12 juta euro. Saat ini, Chicharito yang berusia 34 tahun, mencoba peruntungan di Amerika Serikat bersama LA Galaxy.

3 dari 6 halaman

Angelo Henrique

Satu lagi nama asing yang pernah membela Manchester United, Angelo Henrique. Henrique didatangkan MU dengan mahar 5,5 juta euro dari klub Chile, Universidad de Chile.

Saat itu, Henrique yang masih berusia 18 tahun menghabiskan sebagian besar kariernya di Manchester United sebagai pemain pinjaman. Saking sering dipinjamkan, Henrique bahkan hanya memainkan tujuh pertandingan saja selama tiga musim bersama MU.

Bermain jauh di bawah ekspektasi MU, striker asal Chile ini akhirnya dijual ke Dinamo Zagreb. Saat ini Henrique yang berusia 28 tahun bermain bagi klub Polandia, Miedz Legnica.

4 dari 6 halaman

Giuseppe Rossi

Giuseppe Rossi

Giuseppe Rossi berlatih bersama Manchester United (c) Situs resmi Manchester United

Masuk di skuat utama MU pada usia 19 tahun, Giuseppe Rossi bermain jauh dari harapan. Sama halnya seperti Henrique, Rossi menghabiskan hampir seluruh kariernya di MU sebagai pemain pinjaman.

Total Rossi telah melakoni dua musim bersama The Red Devils. Selama memperkuat Manchester United, Rossi hanya bermain sebanyak 14 pertandingan saja. Rossi sering mengalami cedera dalam kariernya.

Akhirnya pada musim 2007/2008, Manchester United memutuskan menjual Rossi ke Villarreal dengan harga 10 juta euro. Sempat bermain di beberapa klub La Liga dan Serie A, Rossi yang saat ini berusia 35 tahun berstatus bebas transfer setelah kontraknya tak diperpanjang klub Italia, SPAL.

5 dari 6 halaman

Wayne Rooney

Wayne Rooney

Wayne Rooney (c) AFP

Dari empat nama striker muda MU di atas, mungkin hanya Wayne Rooney yang tampil cemerlang bersama The Red Devils. Rooney sendiri menjadi legenda sekaligus top skor sepanjang masa Manchester United dengan 252 gol.

Rooney didatangkan Manchester United dengan mahar 37 juta euro dari Everton. Harga yang sangat tinggi saat itu untuk seorang striker berusia 19 tahun.

Namun, harga tinggi tersebut dibayar tuntas oleh Rooney sejak musim pertamanya di Old Trafford. Rooney mencetak 17 gol dan enam assist dari 43 pertandingan bersama MU. Sebuah statistik yang cukup baik untuk seorang striker 19 tahun di musim pertamanya.

Sumber: Transfermarkt

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

6 dari 6 halaman

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR