FOLLOW US:


Manchester United Diklaim Dibantu Wasit dan VAR, Netizen: Bruno Fernandes Harusnya Kartu Merah

10-07-2020 11:27

 | Afdholud Dzikry

Manchester United Diklaim Dibantu Wasit dan VAR, Netizen: Bruno Fernandes Harusnya Kartu Merah
Selebrasi Bruno Fernandes usai bobol gawang Aston Villa lewat titik penalti, Jumat (10/7/2020) dini hari WIB. © AP Photo

Bola.net - Manchester United kembali melanjutkan tren kemenangan mereka. Melawat ke Villa Park, markas Aston Villa, Jumat (19/7/2020) dini hari, MU menang tiga gol tanpa balas.

Gol-gol dari penalti Bruno Fernandes, tembakan Mason Greenwood, dan gol Paul Pogba memastikan The Red Devils meraih kemenangan. Hasil ini membuat catatan tak pernah kalah Setan Merah di Premier League menjadi 10 laga.

Namun ada satu gol yang membuat banyak pihak mengklaim bahwa wasit Jon Moss telah melakukan kesalahan. Yakni saat memutuskan memberikan penalti untuk Manchester United setelah melihat Bruno Fernandes dijatuhkan Ezri Konsa. Keputusan ini didukung oleh VAR untuk melihat tayangan ulangnya.

Nah, banyak perbedaan pendapat muncul setelah keputusan Jon Moss itu. Ada yang menilai bahwa insiden itu tak seharusnya berhadiah penalti untuk Manchester United, sebaliknya justru wasit harusnya memberikan hukuman pada Bruno Fernandes.

Berikut beberapa reaksi dari pelatih Ole Gunnar Solskjaer dan juga pandit mengenai insiden di laga Aston Villa vs Manchester United ini.

1 dari 11

Reaksi Kedua Pelatih Soal Penalti Bruno Fernandes

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer mengungkapkan keyakinannya bahwa keputusan wasit sudah tepat dalam memberikan penalti. "Saya pikir itu penalti. Pemain Villa menjulurkan kakinya, Bruno melakukan aksi 'Zidane' yang fantastis, cara Maradona berbalik, dan dia mendarat di atasnya."

Sementara pelatih Villa, Dean Smith mengatakan sebaliknya. "Saya bisa mengerti Jon Moss melakukan kesalahan, tapi saya tak tahu apa yang dilihat oleh VAR. Mereka punya layar yang bisa dilihat, tapi mereka seperti tak terganggu akan hal itu."

"Fernandes mencoba untuk melakukan putar balik. Sentuhan pertamanya memang menyentuh bola, tapi yang kedua dia mendarat di tulang kering Ezri Konsa," tegasnya seperti dilansir dari BBC Sports.

Pendapat yang tak sepakat bahwa itu adalah penalti datang dari mantan pemain Dion Dublin. "Jelas, menurut pendapat saya itu bukan penalti."

"Setiap orang yang pernah bermain sepak bola tahu apa yang Fernandes coba lakukan. Dia memutar balik dan dia salah. Dia mendaratkan kaki di tulang kering Konsa. Itu mengubah permainan," lanjutnya.

"VAR ada di sana untuk memberitahu apakah wasit membuat kesalahan atau tidak. Dan VAR tak berpikir dia melakukannya. Itu mungkin sangat merugikan Villa," tandasnya.

Dan berikut reaksi-reaksi yang muncul setelah keputusan kontroversial wasit di laga Aston Villa vs Manchester United.

2 dari 11

1. Keputusan yang Sangat Mengejutkan. Harusnya Bruno Fernandes Dikartu Merah

3 dari 11

2. Salah Satu Keputusan Terburuk dari Wasit

4 dari 11

3. VARchester United

5 dari 11

4. Keputusan yang Tak Menguntungkan Aston Villa

6 dari 11

5. Korupsi VAR

7 dari 11

6. Ada 'Orang Dalam' di Ruangan VAR

8 dari 11

7. Tak Mengejutkan Sih Kalau Wasitnya Jon Moss

9 dari 11

8. Bias VAR

10 dari 11

9. Korupsi Masalah Besar di Sepak Bola

11 dari 11

10. Bruno Memang Pintar

Sumber: BBC, Twitter