FOLLOW US:


Manchester United vs Southampton: Setan Merah di Atas Angin

02-02-2021 09:28

 | Gia Yuda Pradana

Manchester United vs Southampton: Setan Merah di Atas Angin
Premier League, Manchester United vs Southampton © Pool via AP/Bola.net

Bola.net - Manchester United akan menghadapi Southampton pada laga ke-22 mereka di ajang Premier League 2020/2021. Laga ini akan dihelat di Old Trafford, Rabu (03/02) dini hari WIB.

Saat ini, United berada di peringkat dua klasemen sementara Premier League. Mereka mengoleksi 41 poin dari 21 laga. Sementara, Southampton berada di peringkat sebelas klasemen dengan raihan 29 angka dari 20 laga.

Bagi kedua tim tersebut, laga yang akan dihelat tengah pekan ini akan menjadi persuaan yang ke-129.

Laman Worldfootball mencatat pertemuan pertama kedua tim ini terjadi pada Babak 16 Besar Piala FA 1896/1897. Dalam laga yang dihelat pada 13 Februari 1897 ini, Southampton mampu menahan imbang Newon Heath -yang nantinya bersulih nama menjadi Manchester United- dengan skor 1-1. Kemudian, pada laga ulangan yang dihelat empat hari berselang, Newton Heath sukses melaju ke babak berikutnya usai mengalahkan The Saints, julukan Southampton, dengan skor 3-1.

Bagaimana catatan kedua tim dan rekor pertemuan mereka sejauh ini? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3

United Unggul Rekor Head to Head

United Unggul Rekor Head to Head
Manchester United vs Southampton © AP Photo

Sejauh ini, United dan Southampton sudah bertemu dalam 128 laga. Hasilnya, Setan Merah boleh jemawa. Secara head to head, mereka bisa dikatakan unggul mutlak ketimbang The Saints.

Dalam 128 pertemuan dengan Southampton, United sukses meraih 66 laga dan bermain imbang pada 35 laga. Sementara, Southampton hanya mampu meraih kemenangan dalam 27 pertemuan mereka dengan United.

Tak hanya urusan meraih kemenangan, soal mencetak gol pun United lebih superior ketimbang Southampton. Dalam 128 pertemuan, Setan Merah sudah 144 kali membobol gawang The Saints. Sementara, Southampton 'baru' 77 kali mencetak gol ke gawang United.

2 dari 3

Rak Trofi Setan Merah Lebih Penuh

Rak Trofi Setan Merah Lebih Penuh
Bendera Manchester United © AP Photo

Sama-sama memiliki sejarah panjang di sepak bola Inggris, untuk urusan prestasi, United bisa berbangga diri. Setan Merah memiliki raihan yang lebih apik ketimbang Southampton.

Sejauh ini, United sudah 20 kali memenangi Liga Inggris, 12 kali meraih trofi Piala FA, lima kali menjuarai Piala Liga dan 21 kali memenangi Community Shield. Di kancah internasional pun, United sudah sudah tiga kali mengoleksi Piala Champions, sekali menjuarai Piala Dunia Antarklub, sekali menjuarai Liga Europa, sekali menjuarai Piala Interkontinental, sekali Piala Winners, dan sekali menjuarai UEFA Supercup.

Sementara, sejauh ini, The Saints baru mengoleksi satu trofi Piala FA, satu trofi Football League, dan beberapa trofi minor lain.

3 dari 3

United Merajai Sepuluh Persuaan Terakhir

United Merajai Sepuluh Persuaan Terakhir
Cavani jadi pahlawan kemenangan MU atas Southampton © Pool Getty via AP Photo

Dominasi United atas Southampton tergambar dari hasil perjumpaan kedua klub ini pada sepuluh persuaan terakhir mereka. Setan Merah unggul mutlak dalam sepuluh laga kiwari kontra The Saints.

United memenangi lima dari sepuluh laga terakhir mereka. Sementara, lima laga sisanya berakhir imbang.

Perjumpaan terakhir kedua tim ini terjadi pada laga pekan ke-10 Premier League 2020/2021. Dalam laga yang dihelat di St Mary's Stadium, 29 November 2020 ini, United meraih kemenangan 3-2. Southampton unggul dulu melalui Jan Bednarek dan James Ward-Prowse. Kemudian, United mengejar dan berbalik unggul melalui Bruno Fernandes dan Edinson Cavani (dua gol).

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)