FOLLOW US:


Membedah Statistik Mohamed Salah di Liverpool: 3 Musim, 94 Gol, dan 4 Gelar Juara

29-07-2020 12:00

 | Asad Arifin

Membedah Statistik Mohamed Salah di Liverpool: 3 Musim, 94 Gol, dan 4 Gelar Juara
Penyerang Liverpool, Mohamed Salah © AP Photo

Bola.net - Mohamed Salah telah merampungkan musim ketiganya bersama Liverpool. Walau jumlah golnya menurun dibanding musim sebelum, Mohamed Salah mampu memberikan gelar juara Premier League pada musim 2019/2020.

Winger Timnas Mesir itu resmi berseragam Liverpool pada 22 Juni 2017. Mohamed Salah ditebus The Reds dari AS Roma dengan banderol yang mencapai 37,8 juta poundsterling [Rp 710 miliar].

Kehadiran Salah membawa dampak positif untuk Liverpool. Pada musim perdana berseragam Si Merah, pemain berusia 28 tahun tersebut berhasil mendulang 44 gol dari 52 penampilan di seluruh ajang.

Jumlah tersebut adalah yang terbanyak sepanjang karier Mohamed Salah di level klub. Sayangnya, performa gemilang Salah gagal membawa Liverpool merengkuh trofi juara pada musim 2017-2018.

The Reds hanya mampu finis di peringkat keempat klasemen Premier League, kandas pada babak ketiga Piala Liga Inggris, terhenti pada babak keempat Piala FA, dan kalah dari Real Madrid dalam laga final Liga Champions.

Namun, kerja keras Mohamed Salah terbayarkan dalam dua musim terakhir. Pada musim lalu, produktivitas gol Salah hanya menyentuh angka 27 dari 52 penampilan di seluruh ajang.

Meski begitu, Mohamed Salah berhasil membawa Liverpool merengkuh tiga gelar juara pada 2019, mulai dari trofi Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

1 dari 2

Membantu Liverpool Menyudahi Puasa Gelar di Liga

Memasuki musim ini, Salah masih memperlihatkan performa terbaiknya. Dia sukses mencetak 23 gol dan 13 assist dari 48 pertandingan di seluruh ajang.

Kontribusi Mohamed Salah di lini serang sukses mengantarkan Liverpool menjuarai Premier League 2019-2020. The Reds berhasil mendulang 99 poin dari 38 pertandingan di liga, unggul angka 18 atas Manchester City yang menghuni peringkat kedua.

Bagi Liverpool, itu adalah trofi perdana di Liga Inggris dalam 30 tahun terakhir. Skuat Si Merah terakhir kali menjadi juara di liga adalah pada musim 1989-1990 ketika masih bernama Football League First Division.

"Itu adalah hari yang baik untuk Liverpool [ketika Salah datang], dan hari yang sangat baik juga untuk Mo, karena sangat cocok dan itu sangat penting dalam hidupnya," puji manajer Liverpool, Jurgen Klopp.

"Anda tidak dapat mengubah dunia sendirian, tetapi bersama-sama, dengan orang-orang yang tepat di sekitar Anda, Anda memiliki kesempatan lebih baik untuk melakukannya," lanjut Klopp.

2 dari 2

Statistik Mohamed Salah di Liverpool

Statistik Mohamed Salah di Liverpool
Dejan Lovren dan Mohamed Salah mengangkat trofi juara Premier League 2019-20. © Pool AFP via AP Photo

Penampilan: 152 [108 laga di Premier League, 35 laga di Liga Champions, 4 laga di Piala FA, 2 laga di Piala Dunia Antarklub, 1 laga di Piala Super Eropa, 1 laga di Piala Liga Inggris, 1 laga di Community Shield]

Gol: 94 [73 gol di Premier League, 20 gol di Liga Champions, 1 gol di Piala FA]

Trofi juara: 1 Liga Champions, 1 Piala Super Eropa, 1 Piala Dunia Antarklub, 1 Premier League

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari Bola.com (Penulis: Rizki Hidayat, 29 Juli 2020)