Menerka Alasan Arteta Ngotot Mainkan Aubameyang di Sisi Kiri, Justru Bagus untuk Bikin Gol?

Richard Andreas | 13 November 2020 11:40
Pierre-Emerick Aubameyang dan Mikel Arteta (c) Pool Reuters via AP Photo

Bola.net - Mikel Arteta mulai lebih sering dikritik karena ngotot menurunkan Pierre-Emerick Aubameyang sebagai winger kiri, bukan sebagai striker sentral. Namun, Arteta diyakini punya alasan kuat untuk keputusannya yang satu itu.

Betapa tidak, Arsenal jelas punya masalah mencetak gol dalam beberapa pertandingan terakhir. Mereka menguasai bola dan mendominasi, tapi tidak banyak peluang untuk mencetak gol.

Aubameyang bahkan baru mencetak 2 gol dari 8 penampilan di Premier League musim ini, torehan yang sangat minim untuk ukuran top scorer musim lalu. Wajar jika Arteta diminta mengembalikan Aubameyang ke posisi favoritnya.

Meski begitu, kali ini keputusan Arteta didukung oleh analis Premier League, Julien Laurens. Mengapa demikian? Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Persoalan peluang

Pertama-tama, Laurens menegaskan bahwa masalah Aubameyang bukan pada posisi di lapangan, tapi lebih pada masalah peluang untuk mencetak gol. Sehebat apa pun striker, jelas akan kerepotan jika tidak mendapatkan peluang.

"Saya kira ini hanyalah persoalan membuatnya [Aubameyang] lebih banyak terlibat di kotak penalti. Jika Anda tidak bisa menembak, Anda jelas tidak bisa mencetak gol, terlepas dari perkiraan gol Anda," buka Laurens kepada Express.

"Jika dia tidak berada di posisi untuk menembak, jika dia tidak bisa menerima bola di kotak penalti, jelas dia tidak bisa mencetak gol."

2 dari 3 halaman

Tugas si no.9

Kedua, Laurens menyoroti taktik Arteta sekarang. Menurutnya Aubameyang justru akan semakin kesulitan jika dimainkan jadi striker sentral, sebab sekarang Arteta punya tugas ekstra untuk Alexandre Lacazette di posisi itu.

"Saat ini dia tidak bisa bermain sebagai penyerang sentral karena jika demikian dia bakal diminta terus mengejar bola dan menekan lawan," lanjut Laurens.

"Itulah yang diminta Arteta pada penyerang no.9-nya, dan Lacazette pun harus melakukan itu. Sebab itu, saya kira Aubameyang tidak cocok melakukannya, dia tidak bisa bermain di posisi sentral."

3 dari 3 halaman

Alasan Arteta

Sebab itu, Laurens jutru mendukung keputusan Arteta memainkan Aubameyang sebagai winger kiri. Justru posisi itulah yang akan membantu Auba mencetak banyak gol.

"Arteta tidak bodoh. Dia tentu akan memainkan Aubameyang sebagai striker jika menurutnya itu penting untuk tim," sambung Laurens.

"Jelas ada alasan mengapa Aubameyang tidak bermain di posisi sentral," tandasnya.

Sumber: Express

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR