Merapat ke Chelsea, Formasi Tua-Muda Ini Bisa Digunakan Frank Lampard

Yaumil Azis | 18 Juni 2019 07:43
Frank Lampard (R) besama pemain Derby, Richard Keogh. (c) AP Photo

Bola.net - Frank Lampard terus disebut sebagai kandidat terkuat pelatih Chelsea untuk musim 2019-2020 mendatang. Bagaimana formasi yang akan diterapkan oleh legenda klub tersebut jika benar-benar mendarat di Stamford Bridge nanti?

Seperti yang diketahui, Chelsea ditinggal oleh Maurizio Sarri yang memilih Juventus sebagai klub labuhan berikutnya. Diketahui bahwa pria asal Italia tersebut pergi karena ingin lebih dekat dengan keluarga besarnya.

Pilihan yang tersedia bagi Chelsea untuk menggantikan Sarri terbilang minim. Sosok terbaik yang mungkin bisa didapatkan The Blues adalah mantan pelatih Juventus, Massimiliano Allegri. Tetapi, baru-baru ini, pria berumur 51 tahun itu menyatakan ingin rehat selama satu musim.

Perhatian mengerucut ke Frank Lampard, yang saat ini sedang menukangi klub divisi Championship, Derby County. Beberapa laporan meyakini bahwa legenda klub tersebut punya peluang besar untuk pulang ke Stamford Bridge pada musim panas ini.

Tentunya Lampard akan dihadapkan dengan tantangan besar jika menerima pinangan Chelsea. Ia harus mampu mencapai target tinggi dengan materi seadanya karena klub sedang berhadapan dengan hukuman embargo transfer.

Jika benar datang, lalu bagaimanakah formasi serta materi pemain yang bisa digunakan olehnya di musim 2019-2020 mendatang. Dilansir dari talkSPORT, berikut di antaranya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 3 halaman

Formasi Pertama: Mainkan Anak Muda

Ada berkah yang terselubung di balik hukuman embargo transfer Chelsea. Itu artinya, sejumlah pemain dari tim muda serta mereka yang baru pulang dari masa pinjaman akan mendapatkan kesempatan lebih banyak.

Contohnya adalah Callum Hudson-Odoi. Pemain berusia 18 tahun itu sempat nyaris hengkang ke Bayern Munchen karena kesulitan bersaing dengan sosok seperti Eden Hazard dan juga Willian. Satu pos penyerang pun lowong dengan kepergian Hazard ke Real Madrid.

Selain itu, The Blues juga bisa bertumpu pada pemain yang baru saja tiba dari Borussia Dortmund, Christian Pulisic. Mereka beruntung telah mengikat pemain berusia 20 tahun itu sejak bulan Januari lalu dengan mahar sebesar 64 juta euro.

Di sisi pertahanan, Lampard juga bisa mengandalkan Kurt Zouma yang baru pulang dari masa 'sekolah'-nya di Everton. Pemain berusia 24 tahun tersebut bisa dipadankan dengan benteng muda lainnya, yakni Andreas Christensen.

Formasi PertamaFormasi Pertama

2 dari 3 halaman

Formasi Kedua: Gunakan Pengalaman

Jika memainkan pemain muda sedikit riskan, Lampard pun bisa bermain dengan aman. Caranya adalah dengan menurunkan sejumlah pemain berpengalaman yang sudah atau tinggal sedikit lagi mencapai puncak potensinya.

Dengan formasi 4-2-3-1 yang kerap dijadikan sebagai plan b di Derby, Lampard bisa menggunakan trio penyerang yang terdiri dari Olivier Giroud, Willian, dan Pedro. Sementara lini tengah bisa diisi oleh N'Golo Kante, Ross Barkley, dan juga Jorginho.

Pertahanannya pun terbilang cukup aman selama ada David Luiz dan Antonio Rudiger sebagai palang pintunya. Dan para penyerang sayap bakalan mendapatkan sokongan penuh dari Marcos Alonso serta Cesar Azpilicueta.

Formasi KeduaFormasi Kedua

3 dari 3 halaman

Formasi Ketiga: Campur Aduk

Opsi terbaik untuk Lampard adalah dengan mengkombinasikan talenta muda serta pengalaman dari pemain veteran. Ini bisa mengurangi resiko sambil memberikan kesempatan bagi para 'darah muda' untuk membuktikan kualitasnya.

Kembali dengan formasi 4-2-3-1, empat pos penyerang Chelsea bisa diisi oleh perpaduan Giroud, Hudson-Odoi, Pulisic, dan juga Willian. Sementara lini tengahnya akan dikawal oleh dua gelandang tangguh, Loftus-Cheek dan Kante.

Sektor pertahanan akan digawangi oleh sosok berpengalaman seperti Azpilicueta, David Luiz, dan juga Rudiger. Sementara untuk satu pos lainnya, Lampard bisa mengandalkan James Reece yang baru pulang dari Wigan Athletic.

Formasi KetigaFormasi Ketiga

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR