FOLLOW US:


Merci Arsene: Momen Perpisahan 'Le Professeur' Arsene Wenger dengan Arsenal

07-05-2020 12:24

 | Gia Yuda Pradana

Merci Arsene: Momen Perpisahan 'Le Professeur' Arsene Wenger dengan Arsenal
Arsene Wenger © Bola.net

Bola.net - Tanggal 6 Mei 2018, Arsenal memainkan laga kandang terakhirnya dengan Arsene Wenger sebagai manajer mereka. Itu menjadi panggung perpisahan 'Le Professeur' dengan klub yang dilatihnya sejak 1996.

Dalam laga pekan ke-36 Premier League 2017/18 di Emirates Stadium itu, Wenger membawa Arsenal menang 5-0 atas Burnley. Pierre-Emerick Aubameyang mencetak dua gol, sementara tiga gol lainnya disumbangkan oleh Alexandre Lacazette, Sead Kolasinac, dan Alex Iwobi.

Sebelum pertandingan kandang terakhir itu, pertandingan kandang ke-606 Wenger dengan Arsenal, manajer asal Prancis tersebut mendapatkan standing ovation. Dia juga diberi hadiah perpisahan berupa replika mini trofi emas Premier League dari musim Invincibles Arsenal 2003/04.

1 dari 8

Merci Arsene

2 dari 8

One Last Time

3 dari 8

One Arsene Wenger

4 dari 8

Ditutup Gol Aubameyang

Gol kedua Aumabeyang kontra Burnley adalah gol kandang terakhir Arsenal era Wenger. Gol itu tercipta 21 tahun dan 192 hari setelah Lee Dixon mencetak gol kandang pertama Arsenal era Wenger di Highbury, ketika melawan Leeds pada Oktober 1996.

5 dari 8

Margin Tujuh Gol

Selama ditangani Wenger, kemenangan terbesar Arsenal adalah dengan margin tujuh gol. Mereka melakukannya tiga kali, yakni masing-masing dengan skor 7-0 melawan Everton (Mei 2005), Middlesbrough (Januari 2006), dan Slavia Praha (Oktober 2007).

6 dari 8

Paling Sering Dikalahkan: Everton

Di bawah kepelatihan Wenger, Arsenal mengalahkan Everton 23 kali di semua kompetisi. Jumlah kemenangan atas Everton itu lebih banyak dibandingkan melawan klub-klub lain.

7 dari 8

7 FA Cup dan 3 Premier League

Wenger menjuarai FA Cup tujuh kali bersama Arsenal, lebih banyak daripada manajer-manajer lain sepanjang sejarah kompetisi ini. Sementara itu, di Premier League, titel yang diraih Wenger (3) cuma kalah dari Sir Alex Ferguson (13).

8 dari 8

Akhir Sebuah Era

Laga kontra Burnley menjadi laga kandang terakhir Wenger bersama Arsenal.

Sesudah itu, Wenger membawa Arsenal memainkan dua laga terakhir di Premier League 2017/18. Dua laga terakhir itu sama-sama berupa laga tandang, melawan Leicester City dan Huddersfield pada 9 dan 13 Mei 2018.

Setelah laga kontra Huddersfield, resmi berakhirlah era Arsene Wenger di Arsenal.