Mikel Arteta Bakal Tendang 10 Pemain dari Arsenal, Siapa Saja?

Asad Arifin | 24 Mei 2022 12:59
Skuat Arsenal merayakan gol Alexandre Lacazette ke gawang Leicester City, Minggu (13/3/2022) (c) AP Photo

Bola.net - Arsenal telah menyelesaikan musim 2021/2022 dengan hasil yang tidak terlalu buruk. Kini, manajer Mikel Arteta mulai menyusun rencana musim 2022/2023 dengan menendang 10 pemain ke klub lain.

Arsenal gagal finis posisi keempat klasemen Premier League 2021/2022. The Gunners kalah bersaing dengan Tottenham. Mereka harus puas berada di posisi ke-5 dan bermain di Liga Europa pada musim depan.

Arteta punya sejumlah rencana untuk bisa meningkatkan skuad Arsenal. Pemain kunci seperti Bukayo Saka, Ben White, Emile Smith Rowe, Martin Odegaard, dan Aaron Ramsdale sudah pasti dipertahankan. Begitu juga dengan Takehiro Tomiyasu dan Thomas Partey.

Arteta juga membidik sejumlah pemain baru. Gabriel Jesus jadi target utama dan pembicaraan sudah dimulai. Selain itu, ada juga pemain yang bakal dilepas karena jasanya sudah tidak lagi dibutuhkan Arteta.

Sejauh ini, ada 10 pemain yang masuk daftar jual dan dua pemain masih dipertimbangkan. Siapa saja mereka? Simak selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 13 halaman

Lucas Torreira

Pemain Fiorentina, Lucas Torreira (c) AP Photo

Posisi: Gelandang
Usia: 26 tahun
Klub peminat: Fiorentina

Torreira bermain reguler di Fiorentina dan akan dibeli secara permanen. Tapi, La Viola masih berupaya mendapatkan harga yang tepat untuk jasa gelandang asal Uruguay tersebut.

Arsenal sudah memberi kode pengusiran pada Torreira. Nomor punggung 11 yang dipakai Torreira sudah diberikan pada Gabriel Martinelli. Torreira sendiri merasa tidak akan kembali ke Arsenal dan sudah nyaman di Fiorentina.

2 dari 13 halaman

Hector Bellerin

Pemain Arsenal, Hector Bellerin (kiri), berduel dengan striker Manchester City, Sergio Aguero, dalam laga lanjutan Premier League hari Sabtu (17/10/2020). (c) AP Photo

Posisi: Bek kanan
Usia: 27 tahun
Klub peminat: -

Bellerin dipinjamkan ke Real Betis pada musim 2021/2022. Dia tampil cukup bagus dan mampu memberikan gelar Copa del Rey. Tapi, Betis belum tentu membelinya secara permanen.

Arteta sudah punya Tomiyasu untuk posisi bek kanan. Bellerin sendiri tidak ingin kembali ke London Utara. "Saya selalu mengatakan jika saya tidak ingin berada di sini musim depan," katanya.

3 dari 13 halaman

Ainsley Maitland-Niles

Joe Gomez berduel melawan Ainsley Maitland-Niles di laga Community Shield Arsenal vs Liverpool, Sabtu (29/08/2020). (c) Pool AFP via AP Photo

Posisi: Gelandang
Usia: 24 tahun
Klub peminat: -

Maitland-Niles pindah ke AS Roma dengan status pinjaman pada Januari 2022 lalu. Walau punya kemampuan memainkan banyak peran, Arteta tidak begitu terkesan dan sejak lama ingin melepas Maitland-Niles.

Di Roma, Maitland-Niles tidak tampil cukup impresif. Dia bukan pilihan utama dan lebih sering jadi pengganti. Dia masih punya kontrak di Arsenal hingga Juni 2023.

4 dari 13 halaman

Pablo Mari

Aksi Pablo Mari (tengah) pada duel Arsenal vs Newcastle, Piala FA 2020/21. (c) AP Photo

Posisi: Bek Tengah
Usia: 28 tahun
Klub peminat: Udinese

Pablo Mari meninggalkan Arsenal pada Januari 2022 lalu. Dia kalah bersaing menyusul kedatangan Ben White. Mari kemudian berlabuh ke Udinese dan mendapatkan tempat di tim utama. Dia tampil cukup bagus.

Arteta merasa cukup dengan komposisi bek tengah yang dimiliki. Mari tidak masuk dalam rencananya. Udinese akan berupaya mendapat harga terbaik untuk bek asal Brasil.

5 dari 13 halaman

Eddie Nketiah

Selebrasi Eddie Nketiah usai mencetak gol dalam laga Arsenal vs Leeds United, Minggu (8/5/2022) (c) AP Photo

Posisi: Penyerang
Usia: 22 tahun
Klub peminat: Liverpool

Nketiah menjadi andalan Arteta pada fase akhir musim 2021/2022. Dia tampil cukup bagus. Tapi, kontraknya akan habis pada Juni 2022 dan mencapai kesepakatan baru dengan Arsenal.

Nketiah kini dilirik Liverpool. Dia jadi salah satu opsi bagi Jurgen Klopp sebagai pengganti Divock Origi yang akan pindah ke AC Milan.

6 dari 13 halaman

Alexandre Lacazette

Selebrasi Alexandre Lacazette setelah Arsenal mendapatkan gol keduanya dalam laga tunda pekan ke-20 Premier League kontra Wolverhampton, Jumat (25/2/2022). (c) AP Photo

Posisi: Penyerang
Usia: 30 tahun
Klub peminat: Juventus, Lyon

Lacazette adalah pemain senior dan secara teknis masih dibutuhkan Arsenal. Tapi, ada perbedaan mendasar antara kedua pihak sehingga belum mencapai kata sepakat soal kontrak baru.

Arsenal hanya menawarkan kontrak jangka pendek. Sementara, Lacazette ingin kontrak jangka panjang. Sang bomber kini terbuka untuk klub lain dan berharap bisa membela klub yang tampil di Liga Champions.

7 dari 13 halaman

Matteo Guendouzi

Aksi Matteo Guendouzi pada laga Arsenal vs Tottenham. (c) AP Photo

Posisi: Gelandang
Usia: 23 tahun
Klub peminat: Marseille

Performa Guendouzi begitu impresif di Marseille. Dia tidak pernah absen pada 38 laga Ligue 1. Tapi, kasus disiplin yang pernah dibuat Guendouzi masih membekas dan Arteta enggan menerimanya lagi.

Marseille ingin mendapatkan Guendouzi secara permanen dan sang pemain juga ingin pindah. "Marseille adalah klub yang saya inginkan untuk jadi proyek perkembangan saya ke masa depan," kata Guendouzi.

8 dari 13 halaman

Konstantinos Mavropanos

Konstaninos Mavropanos (c) AFC

Posisi: Bek Tengah
Usia: 24 tahun
Klub peminat: Stuttgart

Dua musim terakhir, Mavropanos bermain untuk Stuttgart dengan status pinjaman. Dia bermain cukup impresif di pentas Bundesliga. Tapi, Mikel Arteta tidak terkesan dengan aksi pemain asal Yunani tersebut.

Stuttgart punya peluang besar untuk bisa membeli Mavropanos secara permanen. Mereka sangat terkesan dengan aksinya hanya absen pada tiga laga Bundesliga musim 2021/2022.

9 dari 13 halaman

Bernd Leno

Aksi Bernd Leno dalam laga Arsenal vs Leeds United, Rabu (27/10/2021) (c) AP Photo

Posisi: Kiper
Usia: 30 tahun
Klub peminat: -

Melepas Leno sejatinya bukan opsi yang ingin diambil Arteta. Tapi, Arteta juga harus melihat dari sudut pandang Leno dalam mengambil keputusan. Leno tak ingin jadi kiper kedua.

Leno adalah kiper kedua sejak Aaron Ramsdale datang. Sejumlah klub asal Jerman diyakini tertarik pada jasa Leno. Tapi, belum ada tawaran yang serius untuk Leno.

10 dari 13 halaman

Nicolas Pepe

Penyerang Arsenal, Nicolas Pepe. (c) AP Photo

Posisi: Winger
Usia: 26 tahun
Klub peminat: -

Pepe tidak masuk rencana Arteta dan akan dijual. Skenarionya, melepas Pepe dan memakai mendapatkan dana untuk memberi kontrak baru pada Saka. Tapi, saat ini belum ada tawaran untuk Pepe.

Pepe dibeli dengan harga mahal pada 2019 lalu. Namun, performanya tidak cukup meyakinkan. Arsenal bakal kesulitan untuk bisa melepas pemain asal Pantai Gading itu.

11 dari 13 halaman

William Saliba

William Saliba saat beraksi di leg kedua semifinal Europa Conference League antara Marseille vs Feyenoord di Velodrome stadium, Kamis (05/05/2022). (c) AP Photo

Posisi: Bek tengah
Usia: 21 tahun
Peluang dipertahankan: 50 persen

Saliba tampil sangat impresif bersama Marseille dengan status pinjaman. Dia bermain secara reguler dan membawa timnya meraih posisi kedua klasemen akhir Ligue 1.

Saliba gagal memikat Arteta pada awal musim 2021/2022 lalu. Tapi, situasinya bisa berbeda musim depan. Jika Arteta tetap tidak tertarik pada Saliba, dia punya tawaran dari banyak klub lain seperti AC Milan.

12 dari 13 halaman

Reiss Nelson

Winger muda Arsenal, Reiss Nelson (tengah) merayakan gol bersama rekan-rekannya. (c) AP Photo

Posisi: Winger
Usia: 22 tahun
Peluang dipertahankan: 50 persen

Nelson dipinjamkan ke Feyenoord pada musim 2021/2022. Dia bermain cukup bagus dan turut membawa Feyenoord lolos ke final Conference League. Potensi untuk kembali ke Arsenal terbuka lebar.

Tapi, Arsenal akan lebih dulu memastikan bisa melepas Nicolas Pepe sebelum memberi tempat untuk Nelson. Jika Pepe gagal dijual, mungkin Nelson akan kembali dipinjamkan ke klub lain.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR