Mikel Arteta Putar YNWA di Sesi Latihan Sebelum Lawan Liverpool, Hasilnya: Arsenal Kena Hajar 0-4

Ari Prayoga | 3 Agustus 2022 10:55
Aksi Alexander-Arnold pada laga pekan ke-12 Premier League 2021/2022 melawan Arsenal di Anfield (c) AP Photo

Bola.net - Manajer Arsenal, Mikel Arteta melakukan cara unik dalam menyiapkan mental anak asuhnya jelang lawatan ke makas Liverpool, Anfield pada musim 2021/22 kemarin.

Cara unik tersebut adalah dengan memutar lagu anthem 'You'll Never Walk Alone' alias YNWA yang biasa dikumandangkan suporter Liverpool jelang kick-off dan sesaat sebelum peluit panjang berbunyi.

Hal ini terungkap dari cuplikan serial All or Nothing: Arsenal di Amazon Prime Video Sport. Serial ini baru akan resmi bisa ditonton di layanan streaming tersebut mulai Kamis (4/8/2022) besok.

1 dari 3 halaman

Anfield Beda dengan Stadion Lain

Suporter Liverpool di Anfield. (c) AFP

Arteta memiliki alasan khusus mengapa ia melakukan sesi latihan dengan cara unik ini. Dari pengalamannya saat masih bermain, Arteta menilai bahwa atmosfer Anfield berbeda dengan stadion lain.

“Yang paling penting dengan Anfield adalah secara emosional Anda berada dalam kondisi prima untuk bersaing di sana,” ujar Arteta kepada timnya.

“Anda harus tahu apa itu Anfield dan itu, percayalah, sangat berbeda dengan tempat mana pun yang pernah saya alami di Premier League.”

2 dari 3 halaman

Mikel Arteta Mengalami Pajara

Manajer Arsenal, Mikel Arteta (c) AP Photo

Lebih lanjut, Arteta mengungkapkan bahwa ia merasakan pengalaman energinya tiba-tiba hilang di Anfield. Dalam bahasa Spanyol, hal itu disebut pajara.

"Tiba-tiba saya hanya bisa melihat baju merah beterbangan. Pertandingan melewati saya. Saya tidak bisa bereaksi. Orang-orang berpikir apa yang dia lakukan? Saya tidak bisa melakukannya, secara emosional, fisik… Saya tidak bisa mengatasinya, semuanya berjalan terlalu cepat," kata Arteta.

“Saya hanya memiliki perasaan itu dalam karier saya sekali dan itu di Anfield.” ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Tak Berhasil

Momen ketika Diogo Jota membobol gawang Arsenal pada pekan ke-12 Premier League 2021/2022 (c) AP Photo

Sayang, cara Arteta gagal menuai sukses. Dalam lawatan ke Anfield pada 20 November 2021 lalu, Arsenal harus menyerah dari Liverpool dengan skor telak 0-4.

Kala itu, Arsenal tertinggal akibat gol Sadio Mane pada menit ke-39. Skor 1-0 untuk keunggulan Liverpool bertahan hingga turun minum.

Sayang, Arsenal tak bisa bangkit di babak kedua. Alih-alih menyamakan kedudukan, Arsenal justru kebobolan tiga kali di babak kedua, masing-masing dari gol Diogo Jota, Mohamed Salah, dan Takumi Minamino.

Sumber: Amazon Prime Video Sport

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR