FOLLOW US:


Pernah Dilirik Arsenal, Mengapa Mikel Arteta Bertahan di Manchester City?

12-09-2019 04:26

 | Yaumil Azis

Pernah Dilirik Arsenal, Mengapa Mikel Arteta Bertahan di Manchester City?
Mikel Arteta. © AP

Bola.net - Karir Mikel Arteta di dunia kepelatihan bisa saja menjadi lebih baik andai dirinya menerima pinangan dari Arsenal tahun 2018 lalu. Lantas, mengapa dirinya masih tetap bertahan di Manchester City?

Pertanyaan besar itu sempat muncul di benak publik. Sebab Arteta adalah salah satu sosok yang pernah membela the Gunners cukup lama saat masih aktif sebagai pemain dulu.

Pria asal Spanyol tersebut diharapkan bisa menggantikan Arsene Wenger yang memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih Arsenal. Setelah 22 tahun lamanya, kursi kepelatihan Arsenal diisi oleh sosok baru.

Namun pada akhirnya, ia memutuskan untuk menolak tawaran dari Arsenal. Klub yang berbasis di kota London itu pun harus bergerak mencari pelatih baru dan berakhir pada nama mantan nahkoda PSG, Unai Emery.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Alasan Arteta Bertahan

Pertama, ada tawaran yang membuatnya berada tidak lagi berada di bawah pelatih utama Manchester City, Josep Guardiola. Kedua, tawaran tersebut datang dari Arsenal yang pernah cukup lama ia bela saat aktif bermain dulu.

Namun pada akhirnya, Arteta memutuskan untuk bertahan di Etihad Stadium. Pria berumur 37 tahun itu lalu menjelaskan beberapa alasan yang membuatnya tak bisa menerima pinangan Arsenal.

"Terkadang, saya sudah ingin pergi, namun saya menghentikan diri saya sendiri," tutur Arteta kepada SER Catalunya. "Yang waktu pertama itu berbeda, yang kedua semuanya karena saya," sambungnya.

"Pertama, saya tak ingin terburu-buru dan merasa bahwa saya belum benar-benar harus mengambil langkah tersebut," tambah pria yang juga pernah membela Everton itu.

2 dari 2

Pengalaman dan Loyalitas

Alasan pertama, kata Arteta, punya keterkaitan dengan masalah pengalaman. Ia menganggap hal tersebut memiliki peran vital untuk membangun permainan seperti yang diinginkan.

"Ini adalah kondisi yang penting, terutama dalam pengalaman pertama saya yang begitu vital dan pada akhirnya... saya belajar bahwa ini penting untuk mengembangkan apa yang anda inginkan, tak peduli seberapa jelasnya visi anda," lanjutnya.

Kemudian, alasan yang ketiga, adalah Arteta tak ingin melanggar apa yang telah ia katakan beberapa waktu lalu. Ia mengingat janji setianya kepada Manchester City dan enggan melakukan kebohongan.

"Ketiga adalah masalah loyalitas, saat anda berjanji kepada seseorang untuk tetap lanjut pada thaun depan, dengan waktu manuver yang kecil, tidaklah pantas untuk membuat keputusan seperti itu," tutup Arteta.

(Metro News)