FOLLOW US:


Pertandingan Sepak Bola Paling Lama dalam Sejarah: Sampai 3,5 Jam!

31-03-2020 10:00

 | Richard Andreas

Pertandingan Sepak Bola Paling Lama dalam Sejarah: Sampai 3,5 Jam!
Gambar ilustrasi sepak bola © AP Photo

Bola.net - Di dunia sepak bola sekarang ini, umumnya pertandingan profesional berjalan selama 90 menit. Pada beberapa kasus, seperti fase gugur dalam format turnamen, laga bisa dilanjutkan sampai 120 menit plus adu penalti, tapi tidak lebih dari itu.

Pasalnya, pemain setangguh apa pun pasti akan kelelahan setelah memainkan 90 menit penuh lalu dilanjutkan dengan dua kali 15 menit babak tambahan. Kaki-kaki mereka mulai terasa berat, sulit berlari.

Masalah soal kebugaran, risiko kelelahan, kaki kram, merupakan hal-hal yang wajar dibicarakan oleh pemain-pemain top sekarang. Sebab itu, sulit membayangkan bahwa ada masa di mana sepak bola bisa berjalan lebih lama dari 120 menit.

Goal internasional mengulas kisah lama tentang laga unik di Inggris yang dimainkan sampai tiga jam lebih. Ini adalah pertandingan sepak bola paling lama yang pernah tercatat dalam sejarah, seperti apa?

1 dari 3

Pertandingan Paling Lama

Pertandingan paling lama dalam sejarah sepak bola adalah duel antara dua klub Inggris, Stockport County kontra Doncaster Rovers di Edgeley Park, 30 Maret 1946.

Luar biasa, pertandingan ini berjalan sampai 3 jam 23 menit, rekor dunia yang bertahan sampai setengah abad. Laga ini merupakan duel ulang Divisi Tiga North Cup, setelah pertandingan pertama berakhir imbang 2-2, lalu tambahan 203 menit ternyata tidak bisa menemukan pemenang.

Kedua tim ini bermain imbang lagi setelah 90 menit kedua, lalu dilanjutkan ke babak tambahan. Namun, 30 menit esktra saja tidak cukup menemukan pemenang, keduanya gagal mencetak gol.

Saat itu belum ada aturan adu penalti untuk menentukan pemenang setelah laga bertahan imbang. Ada beberapa metode yang digunakan, termasuk koin tos dan pada kasus ini, aturan 'play to win'.

2 dari 3

Play to Win

Aturan 'play to win' ini biasa digunakan di sepak bola Ingris pada periode perang dunia, sekitar tahun 1940. Metode ini cukup mirip dengan prisnip 'golden goal' alias tim siapa pun yang mencetak gol berikutnya layak jadi pemenang.

Stockport sempat mencetak gol di menit ke-173, tapi pada akhirnya dianulir wasit. Jadi mereka terus bermain, kedua tim terus bermain sampai petang, sampai akhirnya terpaksa berhenti karena pencahayaan yang minim.

Tanpa pemenang, laga kembali diulang, kali ini Doncaster sebagai tuan rumah. Mereka bermain baik di sana dan memetik kemenangan 4-0, jadi pemenang setelah melewati 3 jam dan 23 menit pertandingan.

3 dari 3

Peraturan Dihapus

Saat aturan Play to Win itu diterapkan, pada banyak kasus, para penonton bisa meninggalkan pertandingan sementara, makan malam di rumah, atau sibuk dengan urusan lain, dan kembali sebelum pertandingan selesai.

Biar begitu, aturan itu segera dihapus karena para pemain benar-benar kelelahan dan para fans mulai kesal karena pertandingan berjalan terlalu lama. Beberapa bulan setelah duel tiga jam Stockport vs Doncaster itu, aturan Play to Win resmi dihapus.

Kemudian, tahun 1970, adu penalti mulai dikenal sebagai metode yang paling wajar untuk menentukan pemenang, yang akhirnya digunakan sampai sekarang.

Sumber: Goal