FOLLOW US:


Premier League Bisa Jadi Ditunda Lebih Lama Lagi, Gary Neville Jelaskan Alasannya

26-03-2020 14:00

 | Richard Andreas

Premier League Bisa Jadi Ditunda Lebih Lama Lagi, Gary Neville Jelaskan Alasannya
Bola resmi pertandingan Premier League. © EPL

Bola.net - Mantan pemain Manchester United, Gary Neville, mengaku ragu bisa melihat Premier League kembali bergulir pada akhir April nanti atau sesuai kesepakatan awal. Dia merasa sepak bola masih bisa diundur lebih lama lagi.

Saat ini pandemi virus corona telah mendorong pemerintah untuk mengambil langkah-langkah preventif. Di UK, Premier League dan kompetisi lainnya dihentikan sementara sampai 30 April 2020, tapi bisa jadi diperpanjang apabila kondisi tidak memungkinkan.

Sesuai instruksi WHO, hampir semua negara memberlakukan physical distancing untuk menekan angka penyebaran virus. Di UK sendiri, Perdana Menteri Boris Johnson telah memberi kewenangan bagi polisi untuk memberikan denda pada mereka yang melanggar aturan.

Sepak bola Inggris diyakini bakal berhenti lebih lama lagi, 30 April masih terlalu dini. Juga ada gagasan menuntaskan sisa musim ini dengan pertandingan tanpa penonton.

Apa kata Neville tentang situasi tersebut? Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

Tidak Yakin

Neville tahu perlu menentukan tenggat untuk memulai kembali Premier League, tapi dia ragu waktu itu cukup. Menurutnya, sepak bola bisa lebih molor lagi, bahkan sampai tiga bulan ke depan jika pandemi belum berakhir.

"Saya kira, saat ini tidak ideal membayangkan bagaimana sepak bola dilanjutkan lagi pada tiga-empat bulan ke depan, mengingat fakta bahwa kita baru saja menerima keputusan karantina wilayah," ujar Neville kepada CNN.

"Sepak bola tidak bisa kembali sebab sumber daya yang dibutuhkan untuk menjalankan stadion, seperti polisi dan pelayanan ambulans, tidak akan tersedia sampai beberapa bulan ke depan."

"Mereka jelas bakal sibuk di setiap rumah sakit dan menjaga mereka yang terbaring lemah, yang paling membutuhkan," imbuhnya.

2 dari 2

Kesehatan yang Utama

Neville tahu bakal ada banyak masalah karena sepak bola yang dihentikan. Namun, baginya yang paling penting adalah menjaga keselamatan banyak orang. Dia tahu yang paling penting adalah kesehatan dan keselamatan.

"Kesehatan tetap yang utama, baik itu kesehatan fans, para pemain, staf, orang-orang yang memasuki stadion," sambung Neville.

"Hal yang paling penting adalah kita baru akan menghadapi krisis paling besar untuk negara ini [UK]," tandasnya.

Inggris memang termasuk salah satu negara yang terlambat merespons pandemi virus corona. Mereka bahkan butuh waktu lama untuk memutuskan menunda Premier League, ketika Serie A dan La Liga sudah dihentikan sementara.

Sumber: CNN