FOLLOW US:


Profil Leeds United dan Prediksi di Premier League 2020-21

07-09-2020 17:40

 | Serafin Unus Pasi

Profil Leeds United dan Prediksi di Premier League 2020-21
Fans Leeds United © Leedsunited.com

Bola.net - Penantian 16 tahun Leeds United untuk kembali ke kasta tertinggi sepakbola Inggris berakhir sudah. Setelah The Peacock di bawah asuhan Marcelo Bielsa berhasil menjuarai Championship 2019/20 sehingga mereka berhak kembali bermain di Premier League.

Pelatih asal Argentina itu sukses menyulap tim yang bermarkas di Stadion Elland Road, menjadi tim papan atas Divisi Championship dan siap bertarung bersama tim papan atas Premier League.

Suksesnya Leeds United promosi ke Premier League bukan lah sesuatu yang mengejutkan, Sebab, di musim 2018/2019 pasukan Bielsa memiliki kesempatan untuk promosi ke Premier League, namun semuanya buyar ketika langkah mereka di babak playoff harus dihentikan oleh Derby County.

Setelah kegagalannya, Pablo Hernandez dkk pun tak butuh waktu lama, dengan langsung membayar tuntas utangnya di musim 2019/2020 yang keluar sebagai kampiun Divisi Championship dan mengamankan satu tiket ke Premier League.

Selain peran sang manajer, pemain pun turut ambil peran besar dalam performa impresif yang ditunjukkan oleh The Whites musim lalu.

Nama-nama seperti Kalvin Phillips, Helder Costa, Luke Ayling, Pablo Hernandez, Liam Cooper, Ben White, Jack Harrison, Stuart Dallas, Mateusz Klich, hingga Patrick Bamford yang menjadi top scorer klub pun mempunyai peran yang besar dalam membantu Leeds United promosi ke Premier League.

1 dari 5

Pelatih: Marcelo Bielsa

Pelatih: Marcelo Bielsa
Marcelo Bielsa. © AP

Marcelo Bielsa menjadi idola baru bagi publik Elland Road, pasalnya, dalam waktu dua tahun pelatih berusia 65 tahun ini langsung berhasil membawa Leeds United kembali ke Premier League setelah penantian selama 16 tahun.

Berkat racikan taktik Bielsa, Pablo Hernandez dkk berhasil duduk nyaman di Divisi Championship dengan tampil konsisten di musim lalu. The Whites menjadi tim pertama yang mengamankan tiket promosi ke Premier League.

El Loco, julukannya, dikenal sebagai pelatih yang sangat memperhatikan detail-detail kecil dan fanatik sepak bola menyerang. Di bawah asuhan Bielsa, ada beberapa pemain yang berhasil mencapai puncak performanya seperti, Kalvin Phillips yang dipanggil timnas Inggris untuk UEFA Nations League 2020.

Selama berkarir di dunia kepelatihan, Bielsa pun sempat melatih beberapa klub ternama di Eropa, seperti Athletic Bilbao, Marseille, Lazio, dan Lille. Tak sampai disitu saja, ia pun pernah melatih tim nasional Chile dan Argentina.

2 dari 5

Pemain Kunci: Patrick Bamford

Pemain Kunci: Patrick Bamford
© AP Photo

Leeds United mempunyai banyak talenta berbakat di skuadnya, namun ada satu nama pemain yang akan mencuat perhatian dan menjadi pemain kunci bagi The Whites di musim depan.

Yap, dia adalah Patrick Bamford, yang bisa menjadi pembeda dan menjadi pemain yang berbahaya bagi tim lawan. Pasalnya, ia berhasil membukukan 16 gol dan 4 assist dari total 46 pertandingan yang telah ia mainkan di semua kompetisi, hal ini membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak bagi Leeds United musim lalu.

Dibawah asuhan Bielsa, ia berhasil mencapai titik performanya dan tampil impresif di lini depan Leeds United, bahkan pemain berusia 27 tahun tersebut tidak tergantikan sebagai penyerang utama.

Bamford tercatat pernah merumput dengan beberapa klub Premier League, seperti Chelsea, Norwich City, Burnley, dan Crystal Palace.

Melihat pengalamannya, maka tidak akan susah bagi dirinya untuk beradaptasi dengan gaya permainan klub di Premier League.

3 dari 5

Bursa Transfer

Bursa Transfer
Rodrigo Moreno © AP

Transfer In

  • Helder Costa (Wolves) £16m
  • Illan Meslier (Lorient) Undisclosed
  • Cody Drameh (Fulham) Undisclosed
  • Charlie Allen (Linfield) Undisclosed
  • Joe Gelhardt (Wigan) Undisclosed
  • Jack Harrison (Manchester City) Loan
  • Sam Greenwood (Arsenal) Undisclosed
  • Dani Van Den Heuvel (Ajax) Free
  • Rodrigo (Valencia) £26m
  • Robin Koch (Freiburg) Undisclosed

Transfer Out

  • Ryan Edmondson (Aberdeen) Loan
4 dari 5

Prediksi Klasemen

Prediksi Klasemen
Leeds United © lufc

Melihat perjuangan Leeds United setelah 16 tahun baru bisa menembus Premier League, tim ini membutuhkan setidaknya satu sampai dua musim untuk beradaptasi dengan gaya permainan yang cepat dari klub Premier League.

Mengingat perjuangannya yang tidak mudah. pemain dan pelatih pun pasti memiliki ambisi yang kuat agar musim selanjutnya tetap berada di kompetisi kasta tertinggi Inggris itu.

Maka, bukan sesuatu yang mustahil apabila Leeds United bisa bersaing di 10 besar klasemen Premier League musim depan.

5 dari 5

Jadwal 5 Laga Pertama Leeds United di Premier League 2020/2021

Jadwal 5 Laga Pertama Leeds United di Premier League 2020/2021
Fans Leeds United merayakan promosi tim kesayangan mereka ke Premier League 2020/21 mendatang. © AP Photo
  • 12/09/20 Liverpool vs Leeds United
  • 19/09/20 Leeds United vs Fulham
  • 27/09/20 Sheffield United vs Leeds United
  • 03/10/20 Leeds United vs Manchester City
  • 17/10/20 Leeds United vs Wolverhampton Wanderers

Sumber: soccerway, whoscored

(Bola.net/Hendra Wijaya)