PSG, MU, dan Klub-klub yang Patut Dipuji atas Manuvernya di Musim Panas Ini

Yaumil Azis | 19 Juli 2021 15:25
Suasana latihan Manchester United (c) MUFC Official

Bola.net - Bursa transfer musim panas di beberapa negara Eropa tengah berlangsung. Namun sejauh ini, belum ada klub yang membuat publik terkejut dengan menggelontorkan uang berjumlah besar untuk seorang pemain.

Beberapa nama besar sudah menemukan pelabuhan baru. Meski begitu, jumlahnya tidak terlalu signifikan. Klub-klub tidak mau gegabah membeli pemain dengan harga selangit karena masih mengalami kesulitan keuangan.

Bursa transfer musim panas 2021 memunculkan beberapa nama bintang, seperti Cristiano Ronaldo, Erling Haaland, hingga Kylian Mbappe. Namun, rumor itu belum ada yang konkrit.

Lalu, siapakah klub yang punya pergerakan paling top di bursa transfer sejauh ini?

Berikut ini lima klub dengan aktivitas terbaik pada bursa transfer pemain musim panas 2021. Simak daftar lengkapnya, yang juga memunculkan nama Manchester United dan PSG, seperti dikutip ESPN, Minggu (18/7/2021).

1 dari 5 halaman

Paris Saint-Germain

Tambahan pemain kunci:

bek Achraf Hakimi (Inter Milan) seharga 66 juta dolar AS; gelandang bertahan Danilo Pereira (FC Porto) seharga 17,6 juta dolar; kiper Gianluigi Donnarumma (AC Milan), gelandang Georginio Wijnaldum (Liverpool), dan bek tengah Sergio Ramos (Real Madrid) secara gratisan

Pemain kunci yang pergi: tidak ada

PSG perlu bermanuver di jendela transfer musim panas ini. Aneh rasanya mengatakan klub terkaya Prancis itu tampaknya tidak memiliki banyak bakat menonjol seperti yang seharusnya dipunyai pada 2020/2021. Ya, Kylian Mbappe dan Neymar dijamin memberikan keuntungan, tetapi melawan tim terbaik dalam jadwal (khususnya, Manchester City di semifinal Liga Champions), itu adalah satu-satunya keuntungan yang mereka miliki.

Sejauh ini, PSG memang mentok. Status kontrak Mbappe akan terus mendominasi narasi keseluruhan. Kontraknya berakhir pada 2022, dan klub harus mencari tahu apakah akan mempertahankannya untuk 2021/2022 qtau menjualnya jika 100 persen diketahui ia tak akan memperpanjang kontrak.

Selain Mbappe, PSG telah melakukan peningkatan skuat secara besar-besaran. Wijnaldum dan Ramos adalah pengoleksi gelar Liga Champions yang masing-masing menyuguhkan tampilan terbaik pada musim 2019/2020 sebelum cedera dan keanehan umum musim lalu memengaruhi mereka. Sementara itu, mereka bahkan tidak membutuhkan penjaga gawang baru tetapi melihat peluang untuk membawa Donnarumma yang tinggi dan dinamis dari Milan tidak dilewatkan begitu saja.

Pembelian Hakimi juga dianggap keputusan tepat. Hakimi mungkin bukan superstar, tapi dia bisa dibilang salah satu bek sayap terbaik. Dia membukukan 12 gol dan 18 assist dalam dua musim terakhir dan punya pengalaman di Liga Champions.

2 dari 5 halaman

Manchester United

Tambahan pemain kunci: winger Jadon Sancho (Borussia Dortmund) seharga 73 juta pounds.

Pemain kunci yang hilang: tidak ada

Manchester United hampir pasti belum selesai bergerak. Bek Real Madrid Raphael Varane bisa segera bergabung. Tetapi satu kesepakatan besar yang mereka lakukan sejauh ini sangat spektakuler, yaitu memboyong Jadon Sancho.

Sancho mencetak rata-rata 12,3 gol dan 13,7 assist dalam tiga musim penuh Bundesliga (ia telah menghasilkan lima gol dan enam assist dalam 21 pertandingan Liga Champions, juga). Meskipun awal yang lambat pada 2020/2021, ia adalah salah satu alasan utama Dortmund kembali ke peringkat ketiga di Bundesliga.

Dia adalah finisher di atas rata-rata dan salah satu penyerang paling kreatif di Eropa, dan keserbagunaannya -- dia produktif di sayap kanan atau kiri -- akan menjadi kunci barisan lini depan MU yang kerap buntu.

Bagaimana Ole Gunnar Solskjaer menyeimbangkan menit antara Bruno Fernandes, Marcus Rashford, Mason Greenwood, Edinson Cavani, Daniel James dan Anthony Martial, akan menentukan seberapa baik United menantang Manchester City dan Chelsea untuk memuncaki Liga Inggris musim depan.

3 dari 5 halaman

Leicester City

Tambahan pemain kunci: striker Patson Daka (FC Salzburg) seharga 33 juta dolar, gelandang bertahan Boubakary Soumare (Lille) seharga 22 juta dolar.

Pemain kunci yang lepas: tidak ada

Tidak ada yang memainkan trik transfer seperti versi nyata dari Football Manager lebih baik daripada Leicester City, menjual sekitar satu bintang per tahun dan memakai pendapatan itu untuk membawa bintang muda masa depan. Terlepas dari kerugian finansial di Premier League ketika Anda bukan salah satu dari enam klub terkaya di negara itu, The Foxes berada dalam jarak yang sangat dekat dengan kualifikasi Liga Champions selama dua musim berturut-turut.

Soumare menciptakan 13 peluang, rata-rata hampir tujuh pemulihan bola per 90 menit dan memenangkan 59 persen dari duelnya, dan 61 persen dari duel udara untuk Lille musim lalu. Dia kini bergabung dengan Youri Tielemans dan Wilfred Ndidi yang sudah menjadi salah satu duet lini tengah gemilang di liga.

Sementara itu, dalam upaya untuk menggantikan Jamie Vardy yang sudah berusia 34 , mereka membawa salah satu pencetak gol paling menggoda dari liga-liga Eropa yang lebih rendah. Daka mencetak 61 gol di semua kompetisi dalam dua musim terakhir bersama Salzburg, dan dia masih beberapa tahun dari masa jayanya. Ini adalah jenis pergerakan yang diharapkan dari Leicester.

4 dari 5 halaman

RB Leipzig

Tambahan pemain kunci: striker Andre Silva (Eintracht Frankfurt) seharga 25,3 juta dolar, bek tengah Josko Gvardiol (Dinamo Zagreb) seharga 20,7 juta dolar, bek tengah Mohamed Simakan (Strasbourg) seharga 16,5 juta dolar, bek kanan Benjamin Henrichs (AS Monaco) seharga 16,5 juta dolar.

Pemain kunci yang pergi: bek tengah Dayot Upamecano (Bayern Munich) seharga 46,8 juta dolar, bek tengah Ibrahima Konate (Liverpool) seharga 44 juta dolar.

Seperti Leicester, sudah semakin terbiasa melihat bintang meninggalkan Red Bull Arena, hanya untuk digantikan oleh bintang masa depan lainnya. RB Leipzig begitu teliti dan berhasil mempertahankan rencana sehingga mungkin klub kehilangan dua bek bintang dan masih membanggakan bursa transfer yang hebat.

Bayern Munchen dan Liverpool melihat ke Leipzig untuk memperkukuh pertahanan masing-masing, dan yang pasti, Upamecano adalah bintang dan Konate bisa menjadi salah satu pemain bebas cedera untuk jangka panjang. Namun Leipzig dengan cepat bergerak untuk menggantikan mereka, mendatangkan Simakan dari Prancis dan secara resmi menambahkan Gvardiol, salah satu pemain penting Dinamo Zagreb selama perjalanan mereka ke perempat final Liga Europa.

Perekrutan Silva juga dianggap menguntungkan. Silva mencetak 40 gol dalam 57 penampilan liga untuk Eintracht, dan dia menawarkan kemampuan mencetak gol murni yang terkadang tidak dimiliki Leipzig, saat Timo Werner absen, musim lalu.

Mereka juga menambahkan pemain baru Ajax, Brian Brobbey (enam gol hanya dalam 332 menit di pertandingan Eredivisie dan Liga Europa musim lalu) dengan status bebas transfer dan pemain Amerika Caden Clark berusia 18 tahun yang mendebarkan hanya dengan 2 juta dolar (mereka kemudian dipinjamkan dia kembali ke New York Red Bulls selama sisa musim MLS).

5 dari 5 halaman

Barcelona

Tambahan pemain kunci: bek kanan Emerson Royal (Real Betis) seharga 9,9 juta dolar; striker Sergio Aguero (Manchester City), striker Memphis Depay (Lyon), dan bek tengah Eric Garcia (Manchester City) gratis, gelandang serang Yusuf Demir (Rapid Vienna) dengan status pinjaman.

Pemain kunci yang pergi: bek kiri Junior Firpo (Leeds United) seharga 16,5 juta dolar, winger Francisco Trincao (Wolverhampton Wanderers) secara pinjaman.

Sebenarnya, ada satu tambahan kunci yang secara teknis dibuat oleh Barca: Lionel Messi. Pengoleksi enam gelar Ballon d'Or itu secara teknis adalah berstatus bebas transfer setelah kontraknya di Barca berakhir musim panas ini, tetapi tampaknya ia telah meneken kontrak baru dengan diskon gaji yang signifikan.

Diskon gaji adalah kunci karena Barca tetap dalam kesulitan keuangan yang mengerikan, dan membawa Messi kembali tidak akan membantu mengatasi kesukitan itu.

Blaugrana akan terus mencari cara menjual beberapa pemain mahal dalam beberapa minggu ke depan. Namun, dengan hampir tidak ada anggaran transfer, mereka telah melakukan pekerjaan sebaik yang diharapkan dalam hal menambah bakat mentah.

Aguero dan Depay menawarkan ketajaman lebih di lini serang, sementara Royal adalah bek sayap fisik dengan banyak potensi pelanggaran taktis. Garcia menawarkan potensi peningkatan di lini belakang, dan Demir kemungkinan adalah pemain U-19 terbaik di Austria.

Sumber: ESPN

Disadur dari: Bola.com (Yus Mei Sawitri)

Diunggah pada: 19 Juli 2021

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR