FOLLOW US:


Publik Menilai: Vidic Jadi Bek Premier League Terbaik Sepanjang Masa, Van Dijk Nomor Dua

23-10-2019 07:56

 | Yaumil Azis

Publik Menilai: Vidic Jadi Bek Premier League Terbaik Sepanjang Masa, Van Dijk Nomor Dua
Nemanja Vidic © MUFC

Bola.net - Mayoritas publik sepakat bahwa mantan pemain Manchester United, Nemanja Vidic, adalah bek terbaik dalam sejarah Premier League. Ia bahkan mengungguli sosok andalan Liverpool di lini pertahanannya, Virgil van Dijk.

Saat ini, Van Dijk bisa dikatakan berada dalam masa kejayaannya. Kedatangannya dari Southampton tahun 2018 memberikan dampak yang sangat signifikan dalam perjalanan Liverpool mengarungi setiap musimnya.

Sebagai contoh, hanya dalam rentang waktu enam bulan saja, Van Dijk berhasil membawa Liverpool jadi finalis Liga Champions 2017/2018. Seolah belum cukup, ia lalu mengantar the Reds menjadi juara di ajang tersebut pada musim berikutnya.

Saat ini, ia sedang berusaha untuk membantu Liverpool meraih trofi Premier League pertama setelah 29 tahun lamanya. Skuat besutan Jurgen Klopp itu kini sedang menduduki puncak klasemen dengan keunggulan enam poin atas rivalnya, Manchester City.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya

1 dari 2

Vidic Ungguli Van Dijk

Torehan apik tersebut sudah cukup untuk membuat Van Dijk pantas disebut sebagai bek terbaik di Premier League. Namun nyatanya, mayoritas publik tidak menganggapnya lebih baik dari mantan bek Manchester United, Nemanja Vidic.

Sosok berkebangsaan Serbia tersebut sudah pensiun sejak tahun 2016 lalu. Sebagian besar karirnya ia habiskan bersama Manchester United. Ia pertama kali berlabuh di Old Trafford pada tahun 2006 dan hengkang ke Inter Milan pada tahun 2014.

Opini publik terlihat dari pemungutan suara yang dilakukan oleh salah satu media terkemuka, Sky Sports. Melalui media sosialnya, mereka menghadapkan Vidic dengan bek-bek hebat lain seperti Vincent Kompany, Jaap Stam, Tony Adams, hingga Virgil Van Dijk.

2 dari 2

Perjalanan Pemungutan Suara

Sky Sports membuat beberapa babak untuk menentukan bek terbaik di Premier League sepanjang masa, di mulai dari perempat final hingga final. Pertama, Vidic disandingkan dengan John Terry sementara Van Dijk menghadapi mantan bek Arsenal, Tony Adams.

Kemudian, pada babak semifinal, Van Dijk berhasil menyingkirkan Kompany dengan presentase suara yang sangat tipis, 49 persen berbanding 51 persen. Sedangkan Vidic mengungguli mantan rekan setimnya, Rio Ferdinand, cukup jauh.

Di final, Sky Sports menobatkan Nemanja Vidic sebagai pemenang setelah 55 persen dari 51 ribu suara memilihnya. Virgil van Dijk, yang masuk dalam nominasi peraih Ballon d'Or tahun 2019 ini, hanya mendapatkan 45 persen saja.

(Sport Bible)