FOLLOW US:


2 - 0

Kompetisi: Liga Premier EPL 2014-2015
Tanggal: 26 December 2014
Kick-off: 19:45

Review: Chelsea Patahkan Palu West Ham

26-12-2014 21:47

 | Diego Costa

Review: Chelsea Patahkan Palu West Ham
Diego Costa © Bola.net
Bola.net - Pemimpin klasemen sementara Premier League 2014/15 Chelsea menjamu peringkat empat West Ham di laga pembuka Boxing Day. The Blues tampil perkasa dan mengalahkan The Hammers 2-0, Jumat (26/12). Jika bukan karena kecemerlangan Adrian del Castillo di bawah mistar, tim tamu pasti sudah terluka lebih parah.

Kapten John Terry membuka keunggulan Chelsea di babak pertama dan Diego Costa menggandakannya pada paruh kedua. Eden Hazard menyumbang satu assist, sedangkan Costa tampil istimewa dengan satu gol serta satu assist-nya.

Hasil ini membuat The Blues kini memiliki 45 poin dari 18 laga di posisi puncak, masih aman dari kejaran Manchester City. Sementara itu, West Ham terancam terlempar dari empat besar.

Jose Mourinho menerapkan skema 4-2-3-1 dengan Costa di lini terdepan yang didukung oleh Hazard, Oscar dan Willian serta Nemanja Matic dan Cesc Fabregas dari lini kedua. Sementara itu, Sam Allardyce menghadapinya dengan menempatkan Stewart Downing, Enner Valencia dan Andy Carroll sebagai trisula ofensif dalam formasi 4-3-3.

Chelsea mendominasi jalannya babak pertama dengan ball possession mencapai 72%. Namun, meski menyerang sangat gencar, Chelsea harus menunggu sampai menit 31 untuk mendapatkan gol pembuka. Adalah Terry yang memecahkan kebuntuan tuan rumah dengan sebuah sontekan jarak dekat memanfaatkan sundulan Costa dari corner Fabregas. Itu adalah gol kedua Terry di liga musim ini.

Sepanjang paruh pertama, West Ham hanya membukukan dua shots melalui Carroll dan Valencia, tapi semuanya melenceng dari sasaran. Chelsea sebaliknya. Mereka berulang kali mengancam gawang West Ham lewat upaya-upaya Gary Cahill, Matic, Fabregas dan Willian. Hanya finishing Terry yang luput dari penjagaan Adrian di bawah mistar dan skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Setelah restart, keadaan tak banyak berubah. Di menit-menit awal babak kedua, West Ham tetap tak sanggup melancarkan tekanan berarti ke lini belakang Chelsea. Allardyce pun menarik Carrol dan Noble di menit 59 untuk memberi tempat buat Diafra Sakho serta Alexandre Song. Hasilnya tak sesuai harapan Big Sam.

Tiga menit setelah pergantian ganda itu, West Ham kebobolan gol kedua. Meneruskan operan Hazard, Costa mengecoh barisan belakang West Ham sebelum melepas tembakan menyilang yang bersarang di gawang Adrian.

Chelsea lalu beberapa kali lagi mengancam gawang West Ham melalui Matic, Hazard dan Oscar, tapi Adrian masih terlalu tangguh. West Ham sendiri memiliki satu peluang emas lewat upaya pemain pengganti Morgan Amalfitano, tetapi hanya menerpa mistar. Skor 2-0 untuk keunggulan tuan rumah tak berubah sampai peluit panjang.

West Ham, yang tak terkalahkan dalam lima laga terakhirnya sebelum ini (M4 S1), tak berdaya di Stamford Bridge. Jika bukan berkat Adrian dengan tujuh penyelamatannya, The Hammers mungkin sudah kalah dengan skor yang jauh lebih telak. Sementara itu, Chelsea sukses membukukan lima kemenangan beruntun di semua ajang dan masih mantap menghuni tempat teratas.

Chelsea (4-2-3-1): Courtois; Azpilicueta, Terry, Cahill, Ivanovic; Matic, Fabregas; Hazard, Oscar (Mikel 83), Willian (Ramires 86); Costa (Drogba 83).

West Ham (4-3-3): Adrian; Cresswell (kuning 33), Reid (kuning 58), Collins (kuning 28), Jenkinson; Kouyate, Noble (Song 59), Nolan; Valencia, Carroll (Sakho 59), Downing (Amalfitano 74).

Statistik Chelsea - West Ham

Ball possession: 65% - 35%

Shots: 28 - 6

Shots on target: 9 - 0

Offsides: 1 - 2

Corners: 8 - 6

Throw ins: 30 - 10

Pelanggaran: 8 - 14

Kartu kuning: 0 - 3

Kartu merah 0 - 0.