FOLLOW US:


1 - 2

Kompetisi: Liga Premier EPL 2014-2015
Tanggal: 16 August 2014
Kick-off: 18:45
Venue: Old Trafford

Review: Debut Van Gaal Dinodai Si Angsa

16-08-2014 20:44

 | Louis van Gaal

Review: Debut Van Gaal Dinodai Si Angsa
Swansea rusak debut Louis van Gaal di Premier League © AFP
Bola.netBola.net - Louis van Gaal langsung merasakan kerasnya persaingan Premier League usai timnya, Manchester United secara mengejutkan tumbang di kandang sendiri kala melawan Swansea City, Sabtu (16/8).

Gylfi Sigurdsson menjadi mimpi buruk bagi United dengan mempersembahkan masing-masing sebuah assist bagi KI Sung-Yueng dan gol kemenangan di laga ini. Sementara gol hiburan tuan rumah dicetak oleh Wayne Rooney.

Di laga debutnya, Van Gaal membuat kejutan dengan memainkan dua pemain muda, yakni Tyler Blackett dan Jesse Lingard. Sayang Lingard sudah harus keluar di menit 24 karena cedera dan digantikan oleh Adnan Januzaj.

Meski berkali-berkali menerima ancaman dari tuan rumah, namun justru Swansea lah yang berhasil unggul terlebih dahulu di laga ini, tepatnya di menit 28 kala Ki Sung-Yueng melepaskan tendangan mendatar dari luar kotak penalti yang tak mampu dijangkau David De Gea.

Tersengat dengan gol tersebut, anak asuh Van Gaal langsung mencoba melancarkan serangan bertubi-tubi, namun hingga peluit tanda babak pertama berakhir belum ada gol yang tercipta.

Kembali dari kamar ganti, Van Gaal membuat perubahan dengan memasukkan Luis Nani untuk menggantikan Javier Hernandez, United pun makin dominan dalam penyerangan.

Setelah terus-menerus meneror pertahanan tim tamu, Setan Merah akhirnya berhasil menyamakan kedudukan di menit 53 lewat sang kapten, Wayne Rooney yang melepaskan tendangan salto di muka gawang Lukasz Fabianski.

Usai gol ini, United pun semain bernafsu membuat gol lagi guna mengamankan poin penuh. Rooney memiliki peluang emas kala tendangan bebasnya hanya membentur tiang gawang Swansea.

Old Trafford kembali terdiam di menit 72 kala gelandang Swansea, Gylfi Sigurdsson kembali membuat timnya unggul lewat golnya memanfaatkan assist Wayne Routledge. Skor sementara 2-1 untuk keunggulan tim tamu.

United nampak kesulitan membongkar pertahanan The Swans yang bermain sangat disiplin di bawah komando duet Ashley Williams dan Jordi Amat.

Hingga peluit panjang berbunyi, tak ada lagi gol yang tercipta. United pun harus menelan kekalahan pertama mereka di musim ini.

Susunan Pemain

Manchester United: De Gea; Jones, Smalling, Blackett; Lingard (Januzaj 24'), Fletcher, Herrera (Fellaini 67'), Young; Mata; Rooney (c), Hernandez (Nani 46').

Swansea: Fabianski; Rangel, Amat, Williams (c), Taylor (Tiendalli 53'); Ki, Shelvey; Dyer (Montero 67'), Sigurdsson, Routledge; Bony (Gomis 77').

Statistik Pertandingan

Penguasaan bola: 60% - 40%

Shot (on goal): 14 (5) - 5 (4)

Corner: 4 - 0

Pelanggaran: 14 - 20

Offside: 1 - 1

Kartu kuning: 2 - 4

Kartu merah: 0 - 0.