FOLLOW US:


Review: Everton Bunuh Asa Chelsea

11-02-2012 23:55

 | Steven Pienaar

Review: Everton Bunuh Asa Chelsea
Steven Pienaar buka kemenangan Everton AFP

Bola.net - Asa Chelsea untuk memburu gelar juara Liga Premier musim ini kian menguap setelah mereka ditebas tuan rumah Everton 2-0 di Goodison Park, Sabtu (11/2) malam.

The Toffees sudah membuktikan kebangkitan mereka dengan performa kuat di kandang ketika mengalahkan pimpinan klasemen, Manchester City di laga sebelumnya, dan kali ini mereka mengincar The Blues sebagai korban berikutnya.

Dan pemain yang pulang dari masa peminjaman di Tottenham, Steven Pienaar membuktikan kapasitasnya dengan membawa Everton unggul saat laga baru memasuki menit kelima.

Umpan Tim Cahill dibelokkan oleh Frank Lampard melewati Branislav Ivanovic dan Pienaar yang menerobos ke kotak penalti, mengontrol bola yang memantul itu dengan dadanya sebelum menyarangkannya ke sisi atas gawang Petr Cech.

Chelsea tampaknya makin gugup dengan gol tersebut dan beberapa kali mereka harus menahan gempuran para pemain Everton, termasuk ketika Landon Donovan melepaskan tembakan keras dari jarak jauh yang untungnya masih mengarah tepat kepada Cech.

Tim tamu akhirnya bisa keluar dari tekanan dan mendapatkan peluang matang lewat aksi Juan Mata yang melepas umpan mendatar pada Daniel Sturridge namun tendangannya masih gagal menemui sasaran, pun juga dengan tembakan Lampard yang - lagi-lagi menerima umpan Mata, masih melebar.

Fernando Torres yang sudah lama puasa gol, mengklaim layak mendapatkan hadiah penalti di akhir babak pertama ketika lajunya dihentikan John Heitinga, namun wasit tak menggubrisnya - memaksa Torres terus mengeluh pada wasit usai peluit panjang tanda babak pertama berakhir.

Pasukan Andre Villas-Boas kembali menekan di babak kedua, namun pertahanan Everton bermain disiplin dan tanpa kompromi, sehingga memaksa para pemain Chelsea kian frustrasi. Torres yang berusaha keras mengakhiri paceklik golnya mendapat peluang emas ketika ia menyambut umpan silang Jose Bosingwa namun tandukannya mengarah tepat ke pelukan kiper Tim Howard.

Bahkan tuan rumah berhasil menggandakan keunggulan mereka 18 menit sebelum bubaran setelah Phil Neville mencuri bola dari kaki Ashley Cole dan melepas umpan terobosan pada Donovan, yang diteruskan kembali ke kotak penalti kepada Denis Stracqualursi. Penyerang muda Argentina itu kemudian menaklukkan Cech dengan tendangan kerasnya, sekaligus memberikannya gol pertama di Liga Premier.

Chelsea menguasai bola di sisa waktu pertandingan namun mereka gagal menemukan sekedar gol hiburan dan harus pulang dengan tangan hampa.

Kekalahan ini memperpanjang rekor buruk Chelsea yang tak pernah menang di Goodison Park selama tiga tahun beruntun, juga membawa mereka kini tak pernah merebut kemenangan dalam empat pertandingan liga. Jangankan memburu gelar juara, ambisi mereka memburu posisi empat besar pun kini mulai diragukan. (bola/row)