FOLLOW US:


Review: Hattrick Lukaku Buyarkan Skenario United

19-05-2013 23:58

 | Romelu Lukaku

Review: Hattrick Lukaku Buyarkan Skenario United
Javier Hernandez gagal persembahkan kemenangan di laga terakhir United. © AFP
Bola.net - Menantang tuan rumah West Bromwich Albion, Manchester United harus rela berbagi angka di laga terakhirnya dengan skor 5-5 di The Hawthorns Minggu (19/5).

Laga hujan gol tersebut diawali dari gol pertama United yang dicetak oleh Shinji Kagawa di menit ke enam. Pada menit ke sembilan, gol bunuh diri Jonas Ollson membuat Setan Merah unggul dua gol.

Di menit ke 30 giliran Alexander Büttner mencatatkan namanya di papan skor dan membawa timnya unggul 3-0. West Brom memperkecil ketertinggalan pada menit ke 40 berkat gol yang diciptakan oleh James Morrison.

The Baggies bangkit melalui aksi hattrick pemain pengganti Romelu Lukaku di menit ke pada menit ke 50, 81, dan 86. Serta Youssouf Mulumbu di menit 82. Robin van Persie dan Javier Hernandez turut menyumbangkan gol masing-masing pada menit ke 53 dan 63.

Hasil ini tentunya membuyarkan skenario perpisahan indah bagi Sir Alex Ferguson di tugas terakhirnya memimpin United. Menargetkan menang di laga terakhir sekaligus laga ke 1500 Ferguson, Setan Merah hanya mampu bermain seri.

Memainkan mayoritas pemain lapis kedua, United mengawali laga dengan penuh percaya diri. Di menit-menit awal, Ferguson merasa akan memulai pesta kemenangan. Tak butuh waktu lama bagi United untuk mencetak gol, babak pertama baru berjalan enam menit tandukan midfielder asal Jepang, Kagawa, mampu mengoyak jala West Brom.

Tiga menit setelah gol pertama, United kembali menambah keunggulannya. Berniat memotong bola, Olsson justru mengubah arah bola menuju gawangnya sendiri. United terus menekan meski unggul dua gol. Hasilnya, mereka berhasil menjauh dari The Baggies setelah Büttner menjebol gawang Foster.

Acungan jempol patut diberikan kepada tuan rumah. Meski tertinggal tiga gol mereka masih memberikan perlawanan dan berhasil memperkecil kedudukan melalui aksi Morrison lima menit menjelang turun minum.

Memasuki babak ke dua, Steve Clarke mempertajam lini depan timnya dengan memasukkan Lukaku. Strategi tersebut berhasil. Lima menit setelah masuk ke lapangan, Lukaku sukses menjebol gawang United yang dijaga Lindegaard.

Permainan semakin menarik setelah The Baggies berhasil mencetak dua gol balasan. Tetapi sayang, harapan West Brom mengejar ketertinggalan harus kembali menjauh setelah Van Persie menambah gol bagi timnya tiga menit setelah gol Lukaku.

Hernandez semakin mengubur harapan tuan rumah ketika sontekannya kembali membuat United semakin perkasa dengan keunggulan 5-2 di menit ke 63.

Anak buah Ferguson semakin menikmati permainan dengan keunggulan tersebut. Tetapi tuan rumah tidak membiarkan mereka begitu saja. Semangat tinggi yang ditampilkan The Baggies kembali membuahkan hasil. Kali ini Lukaku kembali membobol gawang United. Satu menit kemudian tuan rumah semakin mendekati mimpi comeback setelah Mulumbu membuat kedudukan menjadi 4-5.

Dan yang ditakutkan para suporter United benar-benar terjadi. Lukaku menjadi momok sekaligus mimpi buruk bagi skenario perpisahan Ferguson. Lagi-lagi ia mencetak gol sekaligus mencatatkan hattrick dalam laga kali ini. Dengan torehan gol tersebut, West Brom berhasil selamat dari kekalahan dan memaksa tim tamu bermain imbang dengan skor 5-5. Dan hingga peluit panjang dibunyikan wasit, kedudukan sama kuat tidak berubah.

Starting Line-up Kedua Tim:

West Brom (4-2-3-1): Foster; Jones, McAuley, Olsson, Ridgewell (Lukaku 46'); Yacob, Mulumbu; Dorrans, Morrison (Fortune 79'), Brunt; Long (Rosenberg 79').

Manchester United (4-2-3-1): Lindegaard; Valencia, Jones, Evans (Ferdinand 83'), Buttner; Carrick, Cleverley (Giggs 60'), Anderson; Chicharito, Van Persie, Kagawa (Scholes 69').