FOLLOW US:


1 - 0

Kompetisi: Liga Premier EPL 2013-2014
Tanggal: 14 September 2013
Kick-off: 23:30
Venue: Goodison Park

Review: The Blues Alami Kekalahan Perdana

15-09-2013 01:40

 | Jose Mourinho

Review: The Blues Alami Kekalahan Perdana
Steven Naismith merayakan gol tunggal ke gawang Chelsea. © AFP
Bola.netBola.net - Chelsea akhirnya menelan kekalahan perdana mereka musim ini setelah ditaklukkan tuan rumah Everton di Goodison Park pada pertandingan Minggu dini hari (15/09).

The Blues tampil full team menyusul kembalinya David Luiz dan Juan Mata yang kurang fit di laga-laga awal. Sementara di lini depan, striker Kamerun Samuel Eto'o menjalani laga debutnya sebagai starter di Inggris.

Di sisi lain, The Toffees tak melakukan perubahan berarti di susunan pemain kecuali masuknya nama pemain pinjaman dari Manchester City, Gareth Barry sebagai starter.

Eto'o langsung memberikan ancaman ke gawang Everton di menit keempat, namun sundulannya menyambut crossing Ramires masih melambung di atas gawang.

Everton mendapat peluang serupa empat menit kemudian, namun crossing manis Steven Naismith gagal dioptimalkan lewat sundulan oleh Nikica Jelavic.

Peluang emas didapat Chelsea di pertengahan babak pertama saat blunder Tim Howard memudahkan Eto'o untuk menciptakan gol. Namun bola yang sudah hampir menjadi gol berhasil diselamatkan oleh Barry sebelum melewati garis gawang.

Setelah peluang tersebut, Chelsea berulang kali mengancam gawang Howard diantaranya melalui Ramires, Branislav Ivanovic, dan Andre Schurrle. Namun semuanya belum juga berhasil memecah kebuntuan.

Keasikan menyerang, di akhir babak pertama lini bertahan The Blues lengah dan berhasil dibobol oleh Naismith melalui sundulan jarak dekat memanfaatkan umpan manis Jelavic.

Sadar bahwa timnya tengah tertinggal, Jose Mourinho menginstruksikan anak asuhnya untuk langsung menekan sejak awal babak kedua. Serangkaian peluang pun didapat diantaranya melalui Schurrle, Hazard, dan Eto'o, tapi semuanya belum berhasil menyamakan kedudukan.

Mourinho berusaha meningkatkan daya dobrak dengan memasukkan Frank Lampard dan Oscar untuk menggantikan Schurrle dan Mata. Chelsea semakin mendominasi dan berhasil memaksa Everton bertahan, namun tak kunjung menyamakan kedudukan.

Ditarik keluarnya Ashley Cole untuk digantikan oleh Fernando Torres menunjukkan niat Chelsea untuk bermain menyerang habis-habisan. Akan tetapi keseimbangan permainan menjadi terganggu dan Everton secara perlahan berhasil keluar dari tekanan dan secara konsisten mampu menekan balik tim tamu.

Roberto Martinez berhasil bertahan dengan baik di sisa pertandingan dengan mengganti dua strikernya dengan gelandang. Kedudukan 1-0 bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Ini merupakan kekalahan pertama yang dialami Chelsea musim ini. Sebaliknya, hasil tersebut juga merupakan raihan tiga angka perdana bagi Everton setelah tiga pertandingan sebelumnya selalu bermain imbang.

Susunan pemain:

Everton: Howard, Coleman, Jagielka, Distin, Baines, Osman, Barry, Mirallas (Deulofeu 90), Naismith (Stones 89), Barkley, Jelavic (McCarthy 66).

Chelsea: Cech, Ivanovic, Luiz, Terry, Cole (Torres 69), Ramires, Mikel, Schurrle (Lampard 57), Hazard, Mata (Oscar 57), Eto'o.

Statistik Everton - Chelsea (via WhoScored)

Shots: 11 - 22

Shots on goal: 5 - 6

Penguasaan bola: 43% - 57%

Pelanggaran: 10 - 14

Corner: 5 - 7

Offside: 2 - 0

Kartu kuning: 0 - 4

Kartu merah: 0 - 0.