FOLLOW US:


Review: Tiga Poin Persembahan Henry

11-02-2012 23:58

 | Thierry Henry

Review: Tiga Poin Persembahan Henry
Thierry Henry pastikan kemenangan Arsenal atas Sunderland AFP

Bola.net - Thierry Henry mencetak gol di menit akhir yang menuntaskan kebangkitan Arsenal dari ketinggalan dan mengunci kemenangan krusial 2-1 atas tuan rumah Sunderland, Sabtu (11/2).

The Black Cats menyambut laga ini dengan misi mempertahankan rekor lima laga beruntun mereka tanpa terkalahkan, serta sembilan kemenngan dari 13 laga sejak ditangani Martin O'Neill.

Sementara tim tamu bertandang ke Stadium of Light dengan bekal kemenangan 7-1 atas Blackburn, dan The Gunners menunjukkan kembali niatan mereka merebut tiga poin dengan mendominasi penguasaan bola sejak menit awal dan mengurung pertahanan tuan rumah.

Namun disiplin dan rapatnya pertahanan Sunderland membuat serangan Arsenal bisa diredam, satu-satunya peluang terbaik tim tamu didapat lewat aksi Theo Walcott yang melepas tembakan menyilang usai menerima umpan terobosan Robin Van Persie, namun arah bola masih menyamping di tiang jauh gawang Simon Mignolet.

Kubu tuan rumah mengklaim mereka layak mendapatkan hadiah penalti ketika Per Mertesacker diduga mengontrol bola dengan lengannya di akhir babak pertama, namun wasit tak menganggapnya sebagai handsball.

Hingga babak pertama usai kedua tim belum bisa memecah kebuntuan dan memasuki jeda turun minum dengan posisi imbang tanpa gol.

Arsenal kembali mengendalikan permainan di babak kedua, namun kembali serangan mereka tak banyak yang merepotkan gawang tuan rumah - bahkan Sunderland yang mendapatkan peluang emas tujuh menit laga berjalan lewat tendangan John O'Shea menerima bola dari tendangan bebas Craig Gardner, tetapi sayang bola masih melambung di atas mistar gawang Wojciech Szczesny.

Penguasaan bola dipegang penuh oleh Arsenal dan memaksa Sunderland hanya bertahan dan menyapu bola, namun tetap saja tuan rumah memiliki dua peluang lewat upaya Gardner yang semuanya bisa ditangkal Szczesny.

Manajer Arsenal, Arsene Wenger pun berusaha menyuntikkan tenaga ke dalam timnya dengan memasukkan Henry menggantikan Alex Oxlade-Chamberlain, namun empat menit kemudian mereka tertinggal lebih dulu melalui situasi yang tak menguntungkan.

Mertesacker yang menguasai bola di lini pertahanan sendiri terjungkal kesakitan karena mengalami cedera, namun wasit membiarkan bola dikuasai James McClean yang kemudian menaklukkan Szczesny dengan mudah.

Aaron Ramsey kemudian masuk menggantikan bek asal Jerman itu dan hanya butuh waktu tiga menit untuknya membuka asa Arsenal kembali setelah ia menyambut bola liar di depan kotak penalti, dan mengirim bola menaklukkan Mignolet dengan tembakan mendatarnya.

Berhasil menyamakan kedudukan membuat Arsenal kian bersemangat dan gelombang serangan mereka membuahkan hasil di menit akhir setelah tembakan voli Henry dari jarak dekat menyambut umpan silang Andrei Arshavin tak bisa dihalau Mignolet.

Gol tersebut merupakan persembahan terakhir Henry untuk Arsenal di Liga Premier karena masa peminjamannya akan segera berakhir pekan depan, sekaligus membawa The Gunners untuk sementara merangsek naik ke posisi keempat menggeser Chelsea. (bola/row)