FOLLOW US:


Review: United Semakin Dekati Juara

30-03-2013 21:48

 | Robin van Persie

Review: United Semakin Dekati Juara
Bramble cetak gol ke gawang sendiri. © AFP

Bola.net - Manchester United bertandang ke Stadium of Light pada Sabtu, 30/03) untuk menantang Sunderland dalam lanjutan Premier League matchday ke 30.United memasuki laga ini dengan nyaman karena sudah unggul 15 poin dari pesaing terdekatnya Manchester City. United akhirnya bisa menang dengan skor tipis 1-0 berkat gol bunuh diri Titus Bramble.

Sir Alex Ferguson nampaknya memperhitungkan kebugaran para pemainnya dengan teliti. Pasalnya, United harus menghadapi Chelsea Senin depan dalam replay perempat final Piala FA. Fergie memutuskan untuk mengistirahatkan Rio Ferdinand, Jonny Evans, Tom Cleverley, Patrice Evra, Wayne Rooney dan Danny Welbeck dalam laga ini.

United tak membuang waktu dan langsung melancarkan tekanan kepada tuan rumah. Setan Merah praktis menguasai pertandingan sejak menit awal dan Sunderland lebih banyak mengancam lewat serangan balik.

Meski mendominasi ball possession sejak awal, United kesulitan menaklukkan pertahanan Sunderland. United baru bisa nyaman bermain setelah pertandingan berjalan seperempat jam.

United baru bisa memecah kebuntuan pada menit ke 27. Robin van Persie melepas tembakan yang kemudian berbelok arah setelah mengenai kaki Titus Bramble. Gol itu akhirnya dihitung sebagai gol bunuh diri Bramble, yang juga berarti bahwa Van Persie secara resmi belum bisa mengakhiri paceklik golnya di United.

United dipaksa melakukan pergantian pemain pada menit ke 33 setelah Rafael nampaknya mengalami cedera. Jonny Evans masuk untuk menggantikan full back asal Brasil itu. Hingga babak pertama berakhir, United masih unggul 1-0.

Pada babak kedua, Sunderland tampil lebih berani. Mereka mengambil inisiatif menyerang dan berkali-kali mampu merepotkan pertahanan United.

United terlihat tak terlalu nyaman, tetapi mereka bisa bertahan dengan baik. Van Persie punya kesempatan emas pada detik terakhir pertandingan ketika tinggal menaklukkan Simon Mignolet. Sayang bagi Van Persie, tendangannya bisa dimentahkan kiper asal Belgia itu.

Kemenangan ini membawa United untuk sementara unggul 18 poin dari City dan akan bersiap menghadapi Chelsea pada Senin mendatang. Sementara itu, Sunderland turun satu peringkat ke posisi 16 klasemen sementara Premier League dengan koleksi 31 poin.

Statistik Sunderland - Manchester United
Penguasaan bola: 39% - 61%
Shot (on goal): 9 (1) - 14 (8)
Corner: 3 - 6
Pelanggaran: 12 - 9
Offside: 1 - 3
Kartu kuning: 3 - 1
Kartu merah: 0 - 0

Susunan pemain Sunderland: Mignolet; Bardsley (Larsson, 79'), O'Shea, Bramble, Rose (Colback, 85'); Johnson (Wickham, 76'), N'Diaye, Gardner, McClean; Sessegnon; Graham.

Susunan pemain Manchester United: De Gea; Rafael (Evans, 33'), Smalling, Vidic, Buttner; Valencia, Carrick, Anderson (Cleverley, 84'), Young; Kagawa (Welbeck, 79'); Van Persie. (bola/hsw)