FOLLOW US:


Rio Ferdinand Didenda Karena Rasis di Twitter

17-08-2012 22:59

 | Rio Ferdinand

Rio Ferdinand Didenda Karena Rasis di Twitter
Ferdinand didenda FA. © AFP

Bola.net - Keluarga Ferdinand harus menghadapi dua kasus rasisme dalam waktu yang hampir bersamaan. Malah, bisa dikatakan bahwa dua kasus yang mendera kakak beradik Rio dan Anton Ferdinand masih berhubungan.

Anton Ferdinand mengadukan John Terry ke pihak berwenang karena merasa diperlakukan rasis. Dalam persidangan yang panjang, pengadilan memutuskan bahwa Terry tak bersalah dan bebas dari segala tuntutan.

Saat Terry disidang, beberapa penggawa Chelsea melakukan pembelaan. Salah satu yang memberikan kesaksian meringankan Terry adalah Ashley Cole. Rio Ferdinand mengomentari pembelaan Cole via Twitter.

Rio Ferdinand menyebut Cole sebagai 'Choc Ice'. Istilah itu berarti hitam di luar tapi putih di dalam. Cole tak mempermasalahkan hal itu, tetapi FA berpendapat lain.

FA melakukan penyelidikan dan Komisi Disiplin memutuskan bahwa bek Manchester United itu melakukan kesalahan. Pernyataan resmi FA berbunyi:

Komisi Disiplin memutuskan bahwa komentar Ferdinand dianggap tak pantas dan menodai citra sepakbola. Selain itu, komentar tersebut juga dianggap menyebutkan ras, warna kulit atau asal seseorang. Ferdinand didenda 45 ribu pound dan diberi peringatan keras. (gmf/hsw)